Apa saran terbaik untuk rencana diet bagi penderita diabetes?

Dilihat 1,04 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya sudah mengidap diabetes tipe 1 selama 10 tahun. Betul, memang susah untuk menjaga gula darah anda.


Periksa A1C setiap 3 bulan sekali. Apapun jenis diet anda, anda tetap harus menjaga angka A1C anda melalui diet khusus. Ikuti:

  • 2 roti cane+3 telur utuh+segelas susu
  • 3 roti cane+semangkuk sayuran+segelas buttermilk
  • Semangkuk salad berisi: 2 wortel, buncis, kecambah, 3-4 butir kacang almond
  • Setelah berolahraga: Putih telur+semangkuk nasi merah+kacang-kacangan

Meskipun menurut anda diet semacam ini susah, anda harus melakukannya supaya tidak berurusan dengan kadar gula terlalu tinggi atau rendah. Atau, ikuti saja diet dasar dan banyak minum air putih.


Mengatasi kadar gula tinggi:

  • saat anda merasa gula darah anda tinggi, periksa saja (jagalah di tingkatan 90-140 mg/dl).
  • Berurusan dengan stres - beristirahatlah selama beberapa menit, atau bekerjalah dan banyak minum air putih.
  • Masukkan satu jari ke mulut anda untuk muntah (ini bukan ide terbaik tetapi berhasil bagi saya saat saya mengidam sesuatu yang manis atau ingin makan yang banyak, tetapi bukan berarti anda perlu makan sesuatu yang manis).
  • Lakukan jogging atau jalan cepat selama 30 menit
  • Sekali lagi, periksa kadar gula darah anda.

Mengatasi kadar gula rendah - saat didiagnosis saya mendapat masalah besar, karena saya mengalami masa 'bulan madu' dimana anda membutuhkan sedikit insulin, sehingga orang pada umumnya justru merasa disembuhkan dengan diabetes tipe 1:

  • Kapanpun anda merasa gemetaran, berkeringat, sulit fokus pada pekerjaan, periksa gula darah anda.
  • Makanlah karbohidrat yang lamban dicerna, atau pisang.
  • Tunggu selama 5 menit, dan jika anda masih merasa pening, makanlah sesuatu lagi.
  • 10 gram gula tidak masalah untuk dimakan jika tidak ada pilihan lain, namun saya tidak menyarankannya kecuali benar-benar darurat.

Makanan berkarbohidrat yang lama dicerna: gandum, ubi, beras merah, buncis hitam, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan

Sumber protein: putih telur, dada ayam, tofu

Sumber lemak: kacang almond, kacang mede, kacang mentega, dan kacang tanah


Selain itu, juga ada makanan seperti wortel, tomat, dan bawang yang bisa ditambahkan ke dalam diet anda.


Beberapa poin kunci:

  • Makanlah dengan perlahan, Kunyah setidaknya 32 kali
  • Bangun lebih awal
  • Jangan meminum air hingga 1 jam setelah makan (hal ini ajaib saat dipraktekkan karena membantu pencernaan)
  • Minum dengan perlahan/ menyesap, jangan diteguk, tak peduli seberapa haus anda, minumlah sedikit demi sedikit
  • Hal pertama yang dilakukan setelah bangun tidur adalah minum air sebanyak 500 ml (air hangat)
  • Berolahragalah setidaknya 30 menit setiap hari
  • JANGAN konsumsi alkohol dan merokok

Saya rasa ini akan membantu pengidap diabetes tipe 1.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang