Apakah sebenarnya ada peraturan mengenai "mengangkat kaki terlalu tinggi" pada olahraga sepak bola?

Dilihat 335 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1


Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Sepak bola adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan sebelas orang, termasuk 1 orang penjaga gawang (keeper) yang bertugas mengamankan gawang dari kemasukan bola, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan. Dalam pertandingan olahraga ini, masing-masing tim berjuang untuk memasukkan bola ke gawang tim lawan.

Dalam permainan sepak bola, pemain harus menaati peraturan permainan sepak bola. Umumnya peraturan permainan sepak bola sudah diketahui oleh semua orang baik pemain yang mengikuti pertandingan maupun penonton yang hanya melihat saja. Beberapa peraturan permainan sepak bola antara lain yaitu menggunakan bola kulit dengan keliling lingkaran bola 68–71 cm, lapangan yang digunakan dalam permainan ini memiliki lebar 64–75 m dan panjang 100–110 m dan gawang tempat mencetak gol terletak di bagian ujung lapangan dengan dibatasi jaring berukuran tinggi 2,44 m dan lebar 7,32 m.

Permainan sepak bola sangat membutuhkan keterampilan gerak kaki dan tungkai pemain. Namun lain untuk penjaga gawang. Penjaga gawang boleh menggunakan tangan selama berada di daerahnya (Kotak Penalti). Namun jika penjaga gawang membawa bola berjalan lebih dari empat langkah sambil memegang bola dengan tidak memantulkan bola ke tanah maka penjaga gawang tersebut dianggap melakukan pelanggaran dalam sepak bola. Nah selain hal tersebut di atas, hal-hal apa saja sebenarnya yang dapat dianggap sebagai pelanggaran dalam sepak bola tersebut? Bagi penggemar sepak bola, yuk ikuti uraiannya lebih jauh di bawah ini, dijamin informasi ini bermanfaat untuk anda.


Pelanggaran dalam Sepak Bola

    


Pelanggaran adalah sebuah kesalahan yang dibuat oleh seorang pemain termasuk kiper baik secara sengaja atau tidak sengaja. Yang memutuskan terjadi atau tidaknya sebuah pelanggaran adalah wasit beserta timnya (hakim garis dan sebagainya). Tentu saja pertimbangan wasit sesuai dengan pengalamannya memimpin sebuah pertandingan, aturan main sepakbola, panduan laga dalam sebuah liga, dan lain sebagainya. 

Sanksi dari pelanggaran ini bermacam-macam, mulai dari nasehat ringan, teguran, kartu kuning, kartu merah, penalti atau langsung dikeluarkan dari sebuah pertandingan, skorsing sekian musim dan lain sebagainya. Namun jika pelanggaran itu fatal biasanya selalu berakhir dengan tendangan bebas atau bahkan penalti. 

Berikut ini macam-macam pelanggaran dan kelakukan tidak sopan dalam permainan sepak bola, antara lain:

  • Melakukan tackling ke kaki salah satu pemain tim lawan yang mengakibatkan pemain tim lawan tersebut jatuh tersungkur atau cedera.
  • Mengangkat kaki terlalu tinggi saat merebut bola
  • Menerjang pemain tim lawan terutama dari arah belakang
  • Mendorong salah seorang pemain dari tim lawan apalagi sampai terjatuh
  • Memukul salah satu pemain tim lawan
  • Meludah ke muka wasit atau pemain tim lawan
  • Menarik baju atau memegang salah satu pemain tim lawan
  • Mengejek atau mencemooh salah satu pemain dari tim lawan.
  • Mengejek atau mencemooh wasit dan tim wasit
  • Pura-pura jatuh di kotak penalti dengan harapan mendapatkan kesempatan penalti
  • Menyentuh atau memegang bola dengan tangan oleh seorang pemain (handball)
  • Melakukan pola permainan yang membahayakan tim lawan . Seperti merebut dan menendang bola yang sudah dipegang oleh kiper tim lawan
  • Berdiri di posisi offside
  • Mengejek dan mengeluarkan kata-kata rasis 

(Baca : Apa perbedaan futsal dan sepak bola?)

Mengangkat kaki terlalu tinggi


Thomas Vermaelen (AS Roma) menerima kartu kuning kedua seusai mengangkat kaki terlalu tinggi di hadapan Andre SIlva (Porto) pada play-off Liga Champions, 2016

Kembali ke pertanyaan di atas, apakah ada aturan mengenai "mengangkat kaki terlalu tinggi dalam sepak bola"?. Merujuk pada poin dua di atas, mengangkat kaki terlalu tinggi merupakan suatu pelanggaran. Pemain dilarang mengangkat kaki terlalu tinggi atau setinggi kepala. Karena hal ini bisa membahayakan keselamatan pemain lainnya. Jika dilakukan, maka pemain lawan berhak mendapatkan tendangan bebas. 

Namun, hal tersebut akan dianggap sebagai pelanggaran atau tidak amat tergantung pada situasinya, pertama, saat melakukan tackling, tinggi kaki pemain harus berada di atas pinggangnya. Ilustrasinya adalah sebagai berikut:

P1 = Pemain 1

P2 = Pemain 2 

Jika P1 hendak menyudul bola dan P2 dengan tidak sengaja menendang hingga mengenai kepala P1, tetapi kepala P1 berada di bawah pinggang P2, maka itu bukan merupakan pelanggaran. Namun jika wasit berpikir bahwa P2 tidak sedang mengejar bola dan sengaja menendang P1, maka dia bisa diberi kartu kuning atau kartu merah, dan itu akan dianggap sebagai pelanggaran, tergantung pada situasinya. 

Sekarang, jika kaki pemain mengangkat kaki di atas pinggangnya dan itu terjadi ketika tidak ada pemain di sekitarnya maka tidak apa-apa. Atau jika itu terjadi di sekitar rekan satu timnya, itu juga tidak apa-apa.

Namun jika hal itu terjadi di sekitar pemain lawan, maka pertanyaannya adalah seberapa besar hal itu mempengaruhi lawan?

Jika bek (pemain belakang) mencoba bermain dengan menggunakan kaki ketika normalnya bisa menggunakan kepala atau dada, maka kemungkinan tindakannya dinilai berbahaya. Namun jika pemain lawan sebenarnya terkena kaki yang diangkat terlalu tinggi namun mereka bisa menghindar, maka pelanggaran dapat dipertimbangkan.

Dalam kasus lain, jika pemain belakang sengaja menggunakan bagian dasar sepatu maka akan langsung diberi kartu merah. Tidak ada situasi yang dibenarkan bermain bola dengan gerakan seperti itu. Meski tujuannya tidak melukai pemain, hal itu tetaplah berbahaya.

Singkatnya, tidak ada pilihan cepat dan tentunya sulit dalam situasi seperti itu untuk wasit mengambil keputusan. Semuanya tergantung kondisi permainan di lapangan. Wasit akan memutuskan berdasarkan fakta-fakta dan bukti saat kejadian, keputusan terbaik akan diambil sesuai dengan hukum/aturan yang berlaku.


Itulah pelanggaran yang terjadi dalam permainan sepak bola yang perlu Anda ketahui. Setelah menguasai peraturan sepak bola ini, Anda bisa mulai berlatih teknik dasar bermain sepak bola. Dengan mengetahui peraturan permainan sepak bola, maka diharapkan kita bisa menghindarkan diri dari hal-hal yang dilarang ketika bermain sepak bola. Selamat berlatih ! (Baca: Kenapa sepakbola wanita tidak sepopuler sepakbola pria?)

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang