Apa pendapat orang Indonesia tentang pasangan lesbian?

Dilihat 4,07 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Manusia sebagai makhluk sempurna di permukaan bumi ini tidak henti-hentinya menciptakan sesuatu yang baru termasuk budaya dan perilaku mereka yang terus menunjukkan perubahan. Bahkan terkadang budaya yang diciptakan oleh mereka sendiri bisa dibilang sangat berbeda dan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Terkadang budaya dan perkembangan komunitas dengan perilaku yang berbeda bisa diterima oleh masyarakat di sekitarnya namun ada juga beberapa negara yang sangat mengecam perilaku yang tidak sesuai dengan adat dan norma yang berlaku. 


Salah satu perilaku yang sedang menjadi pembicaraan seluruh masyarakat dunia adalah maraknya kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transgender atau sering disingkat dengan LGBT. Mereka disebutkan dalam satu komunitas padahal terdapat perbedaan lesbian, gay, biseksual, dan transgender. Adanya komunitas LGBT di Indonesia sendiri memang sedang menjadi perbincangan hangat apalagi terkait kasus beberapa artis Indonesia yang diduga berhubungan dengan LGBT. 

Ini membuka mata kita bahwa komunitas LGBT memang ada di Indonesia.

 

Komunitas LGBT di Indonesia



Sejarah Komunitas LGBT di Dunia


Istilah LGBT bukan hanya terjadi di Indonesia saja, trend komunitas ini ternyata berasal dari Eropa. Istilah ini diterapkan pada mayoritas komunitas dan media yang berhubungan dengan identitas seksual dan gender di Amerika Serikat juga beberapa negara berbahasa Inggris lainnya. Sampai akhirnya ideologi dan budaya LGBT menyebar ke seluruh pelosok dunia termaksud Indonesia, bahkan diantara mereka berani mengaku secara terang-terangan dan ingin diakui seperti warga negara yang lainnya. 


Sama halnya dengan anggapan masyarakat Indonesia, di negara lain juga memandang negatif mayoritas komunitas ini karena dianggap menyimpang. Namun sikap warga Indonesia tentunya lebih aktif mengutuk komunitas ini karena dianggap tidak sesuai dengan agama, norma, dan adat masyarakat Indonesia. Berbeda dengan respon dari negara lain yang lebih menganggap acuh dan menilai itu adalah salah satu hak yang dimiliki setiap orang. Memang tidak ada hukuman yang akan diterima oleh mayoritas ini dari pemerintah, tetapi pemerintah Indonesia juga belum mempunyai landasan hukum untuk mengakui kaum mayoritas ini. 


Hukuman yang akan lebih dirasakan oleh komunitas LGBT jika mereka hidup di Indonesia adalah akan dikucilkan oleh masyarakat, bukan hanya dirinya namun juga akan berdampak pada harga diri keluarganya. Untuk itu mayoritas komunitas LGBT di Indonesia lebih banyak menutupi jadi dirinya sebagai penganut LGBT daripada harus menanggung malu. 


Pasangan lesbian



Pasangan Lesbian Selebriti Dunia yang Berhasil Menikah


Salah satu komunitas LGBT yang sedang menjadi perbincangan hangat di dunia adalah adanya komunitas pasangan lesbian, yaitu pasangan yang memiliki jenis kelamin perempuan. Pasangan lesbian di luar negeri lebih berani untuk tidak menyembunyikan hubungan mereka di depan banyak orang dan bahkan berani membawa hubungan mereka dalam sebuah pernikahan. Biasanya mereka melakukan pernikahan di beberapa negara yang bisa menikahkan mereka secara legal seperti negara Belanda, Spanyol, Amerika Serikat, dan negara lainnya. 


Berikut adalah beberapa pasangan lesbian dikalangan selebriti dunia yang berhasil menikah: 


1. Ellen DeGeneres - Portia De Rossi

Siapa sangka presenter terkenal di Amerika Serikat ini memiliki ketertarikan pada sesama jenis. Dia memutuskan untuk melangsungkan pernikahan dengan seorang artis bernama Portia De Rossi, mereka tidak menyangka bisa mempersatukan cinta mereka dalam sebuah pernikahan yang berlangsung di kediaman mereka ditahun 2008. Mereka juga sangat mendukung adanya penghapusan DOMA (Defense of Marriage Act) yang selama ini menghambat bersatunya hubungan mereka dalam pernikahan secara resmi. 


Ellen DeGeneres - Portia De Rossi

2. Melissa Etheridge - Linda Wallem

Setelah penghapusan DOMA di Amerika Serikat dan adanya hukum tentang kesetaraan pernikahan pasangan homoseksual di Amerika Serikat juga sangat disyukuri oleh pasangan Melissa Etheridge dan Linda Wallem. Mereka baru bisa mempersatukan cinta mereka dalam pernikahan yang legal setelah tiga tahun menjalin hubungan sebagai pasangan selebriti lesbian. Pada 26 Juni 2015 pemerintah Amerika Serikat memberikan jaminan atas pernikahan homoseksual di negara Paman Sam tersebut.


Melissa Etheridge - Linda Wallem

3. Cynthia Nixon - Christine Marinoni

Pasangan selebriti yang merupakan lesbian ini sangat bangga akan statusnya sebagai wanita lesbian di Amerika Serikat. Mereka secara terang-terangan menjalin hubungan bersama dan menikah pada Mei 2012. Bahkan keduanya menjalani kehidupan seperti pasangan suami istri pada umumnya dan mengasuh seorang anak bersama-sama. Padahal sebelumnya Cynthia Nixon pernah menikah dengan seorang pria yang merupakan mantan kekasihnya Danny Moxes dan melahirkan dua anak dari pernikahan tersebut. Entah apa yang membuatnya memilih menjadi seorang wanita lesbian hingga sekarang. 


Cynthia Nixon - Christine Marinoni

Biasanya pasangan lesbian tidak akan enggan menunjukkan rasa cintanya pada pasangannya. Tentunya itu terjadi dibeberapa negara yang memaklumi mayoritas ini terbentuk. Mereka biasanya menunjukkan keromantisan satu sama lainnya dengan menyebut nama kesayangan pada pasangannya. Beberapa di antara mereka mengaku lebih nyaman menyebut nama pasangannya sebagai nama panggilan kesayangan sehari-hari. 


Hubungan homoseksual lesbian akan berbeda dengan hubungan pada pasangan gay. Penelitian menunjukkan bahwa seksualitas pada perempuan itu lebih cair dan memungkinkan perubahan kehidupan wanita daripada pada pria. Hal ini sepenuhnya mungkin terjadi pada kasus tertentu berdasarkan beberapa kondisi, seseorang yang diidentifikasikan sebagai seorang lesbian bisa saja terlibat dengan seorang pria dalam waktu yang bersamaan. 



Itulah penggambaran mengenai pasangan lesbian dan respon umum yang akan ditunjukkan masyarakat Indonesia pada mayoritas LGBT. Sebuah hubungan homoseksual di Indonesia mungkin saja terjadi namun mempunyai hak dalam penyetaraan kedudukan mereka dalam hukum adalah sebuah hal yang mustahil.

Oleh karena itu, banyak orang yang berkata, rasanya menjadi seorang lesbi di Indonesia adalah hal yang sulit. Hal ini dikarenakan sangat bertentangan dengan ajaran agama, norma, dan kodrat kita sebagai manusia yang diciptakan berpasang-pasangan dengan lawan jenis. Selain itu banyak penelitian menyebutkan hubungan homoseksual dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan dan juga lingkungan sekitarnya. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang