Apa saja SMA yang terbaik di Indonesia?

Dilihat 1,02 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Masuk ke sekolah unggulan menjadi impian dan kebanggaan tersendiri bagi setiap siswa. Setelah lulus dari bangku SMP, tibalah saatnya untuk melanjutkan ke jenjang SMA. Setiap siswa pastilah berlomba untuk dapat masuk ke sekolah yang tidak hanya baik secara fisik namun diakui memiliki kualitas yang teruji. Untuk dapat masuk ke sekolah unggulan bukanlah hal yang mudah, banyak persyaratan yang harus terpenuhi, salah satunya nilai akhir. 


Beberapa SMA terbaik di Indonesia memiliki sistem belajar yang tidak main-main, mereka menyeleksi dengan sangat ketat setiap siswa yang masuk. Disiplin yang sangat tinggi dan bahkan ada yang menerapkan gaya semi militer di sekolah merupakan salah satu cara yang dipakai di sekolah tersebut agar dapat menelurkan lulusan yang berkualitas.


Khusus untuk di Jakarta, harus diakui persaingan antara sekolah-sekolah yang berkualitas tinggi cukup signifikan, baik sekolah swasta ataupun Negeri. Di sini, hampir semua sekolah yang berkualitas memiliki sarana dan prasarana yang setara satu sama lain, setiap sekolah berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, mereka berlomba untuk dapat menghasilkan lulusan yang berprestasi, dan mereka berlomba untuk “mempersenjatai” sekolah mereka dengan fasilitas yang memadai. 


Oleh karenanya, bukanlah perkara mudah untuk bergabung dengan salah satu SMA terbaik di Jakarta, butuh perjuangan, kerja keras dan kemauan belajar tinggi. Nah, apa saja sih SMA terbaik yang kita miliki? Mau tahu SMA unggulan yang favorit di kalangan para pelajar? Berikut ulasannya…




Ciri-ciri Sekolah Unggulan


Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai sekolah terbaik yang kita miliki, ada baiknya kita perlu mengetahui kriteria yang harus dipenuhi oleh suatu sekolah agar dapat dikategorikan sebagai sekolah unggulan. 


Ada banyak faktor yang menentukan kualitas sebuah sekolah. Tidak hanya segudang prestasi yang diraih tentunya, namun fasilitas, sarana dan prasarana yang menunjang juga merupakan salah satu syarat yang harus terpenuhi. Semua faktor tersebut bersinergi menjadi satu untuk mencetak kualitas lulusan yang handal, yang menentukan nasib Bangsa Indonesia di masa depan


Berikut ini adalah beberapa kriteria sekolah unggulan:


  • Penanaman Nilai-nilai Agama - Banyak yang tidak menyadari bahwa mendahulukan nilai akhlak dan agama adalah hal utama diatas semuanya. Sekolah yang unggul adalah sekolah yang mengutamakan nilai akhlak dalam budaya dan perilaku sehari-hari. Agama menjadi dasar pondasi yang kuat dalam setiap detak kehidupan sekolah. 


  • Memiliki sumber daya yang cukup untuk menunjang kebutuhan belajar siswa serta menyalurkan minat dan bakatnya, baik dalam kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler. Sumber daya tersebut berupa sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap, seperti : gedung sekolah yang baik, tersedianya buku dan media pembelajaran yang memadai, ruang praktik dan belajar yang nyaman, kurikulum yang inovatif, serta tidak tertinggal dengan kemajuan informasi teknologi yang ada. 


  • Memiliki guru dan tenaga kependidikan yang berkualitas, baik dari segi penguasaan materi pelajaran, metode mengajar, maupun komitmen dalam melaksanakan tugas. Oleh karenanya, sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang menjadikan kesejahteraan gurunya menjadi faktor utama. Bukan hanya berorientasi pada siswa, namun sekolah juga juga memiliki agenda rutin dalam mengembangkan dan memperhatikan kesejahteraan guru-gurunya. 


  • Melakukan seleksi yang cukup ketat terhadap pendaftar. Siswa terbaik diseleksi secara ketat dengan menggunakan kriteria tertentu, seperti: nilai angka rapor, tes prestasi akademik, psikotest dan tes fisik (Jika diperlukan). Namun, ada juga beberapa sekolah unggulan yang tidak menerapkan seleksi terhadap siswa yang masuk, mereka memiliki suatu metode untuk memproses siswa menjadi lulusan yang berkualitas dengan menggunakan segala potensi dan kemampuan yang dimiliki siswa saat awal masuk sekolah yang bersangkutan. 


  • Lingkungan belajar yang kondusif, bersih, sehat dan mendukung, baik lingkungan fisik maupun psikologis. Dimulai dari lingkungan yang nyaman, maka akan menghasilkan proses belajar mengajar yang berkualitas dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan 


  • Memiliki Hubungan Baik Antara Orang Tua Murid, Guru, Pihak Pengelola dan Masyarakat. Semua pihak harus saling bersinergi, karena bagaimanapun tidak akan ada sebuah program yang bisa berhasil jika tidak ada kerjasama dan dukungan dari pihak yang berkepentingan, baik itu orang tua murid, pihak sekolah bahkan masyarakat sekitar. 


  • Memiliki sistem pembelajaran yang representatif, kurikulum yang terpercaya dan waktu belajar yang lebih lama dibandingkan sekolah lain.  



SMA Terbaik di Indonesia



Sebenarnya sangat banyak sekolah unggulan yang kita miliki, namun memang harus diakui hanya ada beberapa sekolah saja yang telah dikenal berhasil mencetak siswa-siswi yang berprestasi, baik skala nasional maupun internasional. 


Di bawah ini adalah beberapa SMA terbaik di Indonesia yang tersebar di beberapa wilayah:



  • SMA Taruna Nusantara Magelang  - SMA Taruna Nusantara adalalah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini terkenal dengan disiplinnya yang tinggi mempraktekkan kedisiplinan layaknya militer, memiliki reputasi kuat di bidang akademik, kesehatan jasmani, kemandirian dan kepemimpinan.  
  • SMAN 8 Jakarta - Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Jakarta merupakan salah satu dari SMA Negeri di DKI Jakarta yang dikenal memiliki predikat Sekolah Bertaraf Internasional. Sekolah ini menerapkan sistem pembelajaran yang aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan. 
  • SMAN 3 Bandung 
  • MAN Insan Cendekia Tangerang - MAN Insan Cendekia atau yang dikenal dengan sebutan MAN IC atau INCEN adalah sebuah Madrasah Aliyah Negeri setingkat Sekolah Menengah Atas berasrama yang tersebar di seluruh Indonesia dan dibina oleh kementerian agama. Sekolah-sekolah tersebut di antaranya: MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, MAN IC Jambi, MAN IC Aceh Timur, MAN IC OKI Sumsel, MAN IC Siak Riau, MAN IC Bangka Tengah Babel, MAN IC Paser Kaltim, dan MAN IC Pekalongan Jateng. Sekolah ini menerapkan prinsip keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa. MAN Insan Cendekia menyeleksi secara ketat calon siswanya dengan mengadakan tes seleksi yang dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia. 
  • SMAN 3 Semarang  
  • SMAN 1 Teladan Yogyakarta 
  • SMAN 5 Surabaya
  • SMAN 4 Denpasar - SMA Negeri 4 Denpasar cukup dikenal di Propinsi Bali bahkan sampai ke luar daerah, sekolah ini memiliki nilai prestasi akademik siswa yang konsisten dari tahun ke tahun. Selain itu sekolah ini juga dikenal karena memiliki arsitektur gedung yang bagus dan bernuansa Budaya lokal
  • SMAN Plus Riau - Sekolah Plus Riau ini baru dibentuk pada tahun 1998/1999 dan berhasil menjadi salah satu SMA terbaik di Indonesia. Hingga sekarang sekolah ini selalu menjadi acuan SMA lainnya di Riau. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa siswa daerah tidak kalah dengan siswa yang ada di kota-kota besar.  
  • SMAK 1 BPK Penabur Jakarta - Sekolah unggulan tidaklah selalu sekolah negeri milik pemerintah, sekolah swasta pun banyak yang layak jadi sekolah unggulan, salah satunya SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta. Sekolah ini berhasil menunjukkan bahwa sekolah swasta tak kalah bersaing dari SMA Negeri, bahkan sudah banyak prestasi internasional dari murid-murid Penabur. SMAK 1 BPK Penabur terkenal kuat khususnya di bidang Sains, dengan prestasi yang menonjol di Olimpiade Sains Nasional dan Internasional
  • SMA N 1 Samarinda 

Itulah beberapa sekolah terbaik yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Selain itu di Jakarta khususnya, terdapat sekolah-sekolah unggulan yang menjadi incaran para siswa. Menjadi ibukota negara, membuat Jakarta mempunyai segudang fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar. 




Berikut adalah daftar beberapa SMA terbaik di Jakarta:


  • SMA Negeri 8 Jakarta
  • SMA Negeri 28 Jakarta 
  • SMA Negeri 81 Jakarta 
  • SMA Negeri 68 Jakarta 
  • SMA Negeri 34 Jakarta 
  • SMA Negeri 61 Jakarta 
  • SMA Negeri 70 Jakarta 
  • SMA Negeri 47 Jakarta 
  • SMA Negeri 39 Jakarta 
  • SMA Negeri 26 Jakarta 
  • SMAK 1 BPK Penabur Jakarta 
  • SMA Labschool Kebayoran Jakarta 
  • SMA Islam Al Azhar Pusat Jakarta 
  • SMA Santa Ursula Jakarta 

Itulah beberapa sekolah unggulan yang ada di Jakarta, tentunya masih banyak lagi sekolah terbaik lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. 


Satu hal yang pasti, sebaik apapun kualitas sekolah yang tersedia, namun jika tidak disertai kesadaran berjuang dan kemauan belajar yang tinggi dari dalam diri sendiri, maka semua itu akan sia-sia. Kita harus dapat menilai kekurangan dan kelebihan diri kita. Sekolah hanyalah wadah, sekolah hanya menyediakan sarana dan prasarana, namun keberhasilan ada di tangan kita sendiri, mau atau tidak meraihnya. Selamat Berjuang!


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang