Apa sindrom atau penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami memar? Yang mana di antaranya yang memiliki prognosa paling ringan?

Dilihat 226 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Mungkin penyebab paling umum memar adalah penuaan usia. Kapiler kulit menjadi lebih rapuh sesuai dengan bertambahnya usia kita. Aspirin, obat medis antikoagulan dan agen anti-platelet mengurangi kemampuan darahmu untuk menggumpal. Sebagai hasilnya, pendarahan dari kerusakan kapiler mungkin akan memakan waktu lebih lama dari biasanya untuk berhenti — yang membiarkan cukup darah untuk kebocoran dan menyebabkan memar. Suplemen diet tertentu, seperti minyak ikan dan ginkgo, juga bisa meningkatkan resiko memar karena efek penipisan darah. 

Topikal dan sistemik kortikosteroid — yang bisa digunakan untuk merawat berbagai kondisi, termasuk alergi, asma dan eksema — menyebabkan kulitmu menipis, membuatnya menjadi lebih mudah menjadi memar. Tingkat rendah abnormalitas fungsi platelet — komponen darah yang membantunya menggumpal setelah luka — atau masalah dengan protein yang membantu penggumpalan darah. Memar idiopatik - memar denga tanpa penyebab yang diketahui - mungkin memiliki prognosis terbaik. Dan juga menghentikan obat medis yang menyebabkan memar.

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang