Apa software antivirus terbaik untuk Windows?

Dilihat 1,67 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sebagai pengguna komputer kita wajib untuk mempunyai aplikasi keamanan andalan dari virus-virus yang bisa merusak data. 


Sebuah Antivirus untuk PC itu sangat penting, antivirus berguna untuk menjaga data kita agar tetap aman dari gencaran virus yang kadang mampir melalui pertukaran data ataupun internet. Banyak sekali kasus-kasus virus yang berakibat fatal pada data para pengguna PC, apalagi jika data itu merupakan data yang sangat penting.


Untuk itu, kamu perlu teliti dalam memilih antivirus terbaik untuk PC mu demi menjaga kemanan data-data yang kamu miliki. 


Selain itu, kamu juga perlu mengetahui beberapa anti virus dan cara kerjanya, karena terkadang ada beberapa anti virus yang tidak selalu melindungi data komputermu setiap saat. 


Ada beberapa antivirus terbaik 2016 yang bisa kamu pilih. Bahkan dengan kemajuan terknologi di tahun 2016 ini, antivirus telah berkembang sangat canggih dengan berbagai fasilitas sesuai dengan kebutuhanmu. 


Simak terus penjelasan berikut!



Antivirus Terbaik Untuk Windows



1. Antivirus Avira


Avira masih merupakan salah satu antivirus terbaik 2016 yang bis akita dapatkan secara gratis. 


Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Antivirus Avira:


  • Kelebihan: Tingkat pendeteksian malware yang tinggi (dapat menemukan hampir semua jenis virus seperti Kaspersky, Bitdefender, ESET, Symantec, kadang bahkan lebih baik) dan ringan, hanya membutuhkan spesifikasi yang rendah untuk menjalankannya
  • Kekurangan: Banyak iklan pada versi gratisnya, selain itu kamu juga harus memperhatikan pembaruan software kerena tidak akan terpasang secara otomatis.

MSE Antivirus


2. Microsost Security Essential 


Bagi orang-orang yang cukup mengerti komputer, tidak pernah terkena malware/virus, dan tidak ingin memperlambat performa komputernya, maka saran saya gunakanlah Microsoft Security Essentials (MSE).


MSE dapat digunakan bersama dengan solusi scanner yang bagus, seperti misalnya versi gratis dari Hitman Pro yang dapat menjalankan pengecekan setiap kali sistem dinyalakan untuk mengimbangi tingkat pendeteksian yang rendah dari MSE. 


Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Antivirus MSE:


  • Kelebihan: aplikasi sangat ringan, spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankannya sangat rendah (bahkan lebih rendah dari Avira). Karena antivirus ini dikeluarkan oleh Microsoft, MSE bekerja sangat baik untuk menghilangkan malware pada sistem operasi Windows (hasil pengujian di lab membuktikan bahwa MSE bekerja lebih baik dibanding hampir semua antivirus lainnya). Selain itu jarang ada peringatan malware yang keliru apabila dibandingkan dengan software Avira, serta mudah untuk digunakan.
  • Kekurangan: tingkat pendeteksian malware sangat rendah (tidak bisa menemukan banyak virus)



3. Antivirus Avast 


Avast merupakan salah satu antivirus terbaik 2016 yang dikembangkan oleh Alwilm Software dari Republik Ceko. Avast Antivirus juga mengeluarkan aplikasi untuk android. Bahkan, Avast Antivirus adalah salah satu antivirus terbaik untuk android.


Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Antivirus Avast:


  • Kelebihan: Saat proses instalasi Avast tidak memakan waktu yang lama, Antivirus Avast juga terkenal ringan sehingga tidak akan memberatkan kerja komputermu, cara kerja Antivirus Avast dinilai sangat teliti dalam men-scan virus yang terdeteksi.
  • Kekurangan: Kurang teliti dalam memindai jenis data yang masuk dari flashdisk atau USB, Avast Antivirus juga lambat dalam mendeteksi ancaman virus lokal dari Indonesia, dan false alarm pada antivirus Avast cukup sering terjadi.

Panda Antivirus



4. Panda Free Antivirus 


Panda Antivirus juga merupakan antivirus teringan yang bisa digunakan di kompurtermu tanpa memakan banyak spesifikasi data. Walaupun aplikasinya ringan, antivirus ini tetap powerfull dan masuk ke dalam jajaran antivirus terbaik 2016


Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Panda Antivirus:


  • Kelebihan: Panda Antivirus tersedia dalam versi gratis, untuk pembaruan antivirus terjadi secara otomatis, mudah di-install dan dijalankan, dan tidak akan banyak menggunakan resource komputermu.
  • Kekurangan: Tidak ada firewall untuk versi gratisnya, tidak bisa melindungi pada jaringan WiFi, dan tidak ada perlindungan (vaccination) flashdisk.

-


Ada juga antivirus terbaik lainnya seperti Hitman Pro, namun aplikasi ini tidak selalu berjalan ketika kamu menggunakan komputer. Jadi aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk menggantikan aplikasi antivirus real-time seperti Avira atau MSE. 


Hitman Pro menggunakan beberapa aplikasi antivirus (Dr Web and Emsisoft Anti-Malware, G-Data AntiVirus, BitDefender, dan IKARUS), karena itulah tingkat pendeteksian dari Hitman Pro sangat tinggi. 


Aplikasi ini merupakan pelengkap yang bagus bagi aplikasi antivirus real-time seperti Avira, MSE, atau bahkan Kaspersky.


Untuk orang-orang yang tidak tahu banyak mengenai komputer, saran saya belilah produk antivirus yang lengkap seperti Kaspersky. Saya melihat ulasan para ahli terkait hasil pengetesan di lab dan Kaspersky adalah satu-satunya produk yang selalu masuk dalam daftar lima tertinggi. 


Kaspersky tidak menawarkan versi gratisnya, tapi kamu bisa mendapatkan percobaan gratis selama 6 bulan melalui promosi keamanan Facebook. 


Kamu bisa mendapatkan antivirus yang kamu inginkan dari website resmi masing-masing atau mendownload antivirus terbaik dari torrent.

Tips: Uninstall JAVA jika kamu tidak membutuhkannya. Salah satu aplikasi untuk uninstall software yang bagus adalah Revo Uninstaller. Non aktifkan java script pada browsermu atau gunakan addon seperti "NoScript". 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang