Apa software yang paling bagus untuk membuat animasi fraktal?

Dilihat 3,18 rb • Ditanyakan lebih dari 3 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sebenarnya itu tergantung kepada - ekspektasi dan keahlian anda serta apakah itu dalam 2D atau 3D.


2D Fractal

Untuk 2D cukup banyak pilihan software yang bisa digunakan, salah satunya yang paling dikenal adalah UltraFractal. Juga ada berbagai macam package seperti Oxidizer, Fractal Architect 4 atau Chaotica.


3D Fractal

Untuk 3D, 2 package yang paling banyak digunakan adalah Mandelbulb dan Mandelbulber. 3D Fractal terbilang mahal untuk komputasinya dan jika software itu tidak mengijinkan paralelisasi, maka software akan berjalan lambat dan membutuhkan perangkat kerja yang lebih kuat. Program-program ini memiliki ratusan formula yang siap digunakan, contoh-contoh sekaligus preset, dan meskipun tidak super intuitif, kurva belajarnya tidaklah terlalu terjal. Mandelbulber v1.21 mendukung OpenCL, dan meskipun ia memiliki formula yang lebih sedikit, namun keunggulannya terletak pada kemampuannya untuk multithreading dan GPU rendering. Itu akan memberikan anda 10x hingga 1000x kecepatan. Sangat bagus untuk animasi-animasi. Kedua program yang disebut di atas memiliki antarmuka animasi. Keduanya juga sama-sama memiliki anti-aliasing yang kurang layak. Untuk mendapatkan gambar yang halus anda harus render x3 atau x4 resolusinya dan menurunkan skalanya - hal ini menghabiskan sumberdaya, jadi sangat disarankan, untuk melakukan render animasi kualitas HD dengan durasi beberapa menit saja anda membutuhkan sebuah render farm (kecuali untuk opsi OpenCL yang disebutkan di atas, yang mampu melakukan render 30 detik semalaman di perangkat kerja yang bagus).

Satu program yang aneh dan tidak biasa adalah XenoDream. Intinya program ini menciptakan fraktal tipe IFS dengan menggunakan objek 3D dan memiliki dukungan penuh 3D point cloud.


Cara Jedi

Pada akhirnya, jika anda adalah seorang yang lebih berani atau suka dengan hal-hal berbau pemrograman, ada banyak pilihan software yang dijalankan dengan GPU menggunakan OpenGL. Pilihan-pilihan software ini diuntungkan dengan akselerasi GPU, begitu juga halnya dengan perintah pembesaran yang lebih cepat, tapi kelemahannya yakni terbatasnya zoom yang tajam, karena normalnya software-software ini bekerja berdasarkan bilangan float presisi tunggal. Jika diterjemahkan dalam bahasa manusia - anda tidak dapat melakukan zoom ke fraktal-fraktal tanpa batas, tapi dengan jangkauan yang cukup jauh. Program-program ini membutuhkan sedikit keahlian dalam pengkodean atau pemrograman, terlebih di GLSL. Tapi meskipun anda bukanlah seorang programer, ada contoh-contoh yang bisa dibuka dan dimodifikasi untuk mendapatkan hasil yang bagus secara visual. Program-program ini berbasis pada Fragmentarium dari Syntopia. Ada sejumlah program yang berevolusi dari kodenya, seperti : Synthclipse (antarmuka animasinya lebih bagus serta mendukung timeline grafis dan keyframe) dan FragTool untuk Touch Designer. Yang terakhir itu mengharuskan anda untuk mengetahui Touch lebih dulu. Program-program ini akan sangat memberi anda kebebasan dan hasil karya yang paling indah secara aestetik, namun pada tahap tertentu anda akan masuk ke lubang kelinci pemrograman (seperti yang terjadi pada saya).

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang