Apa tanda-tanda awal kehamilan?

Dilihat 511 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Setiap perempuan dan setiap kehamilan itu berbeda, namun banyak tanda-tanda umum awal kehamilan yang dapat dikenali. Kebanyakan perempuan tidak mengetahui gejala-gejalanya hingga 2 minggu atau lebih setelah berhubungan (setelah mereka berhenti menstruasi), beberapa perempuan mengalami lebih awal gejalanya yakni 6-10 hari setelah berhubungan. Hal ini sangat masuk akal karena hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) dihasilkan oleh sel yang membentuk placenta dan kadarnya dapat dideteksi dengan tes darah sekitar 7-12 hari setelah berhubungan dan tes urine sekitar 12-14 hari setelah berhubungan. Umumnya, kadar hCG berlipat ganda setiap 72 jam di awal kehamilan. Beberapa hari setelah berhubungan, sel telur yang dibuahi menempel pada dinding uterus dan hal ini dapat menyebabkan pendarahan. Perempuan dapat mengalami kram dan bercak-bercak di awal 6-12 hari setelah sel telur dibuahi. Biasanya kram dan pendarahannya tidak terlalu sakit.

Tanda-tanda lain awal kehamilan adalah keluarnya cairan putih dari vagina. Hal ini bisa muncul sangat dini setelah berhubungan juga dan disebabkan oleh meningkatnya pertumbuhan lapisan sel-sel vagina. Kelelahan juga dilaporkan menjadi tanda awal kehamilan. Tanda-tanda awal lainnya diakibatkan perubahan hormonal dan termasuk dada yang membengkak atau perubahan kelembutan, frekuensi kencing (tapi hal ini biasanya dimulai 6-8 minggu setelah berhubungan), konstipasi (akibat kadar progesteron yang tinggi), perubahan mood mendadak, mabuk/muntah, sakit punggung, dan sakit kepala. Suhu tubuh biasanya meningkat 1-2 hari setelah ovulasi dan terus meningkat hingga datang menstruasi. Suhu tubuh bisa tetap meningkat setelah berhubungan dan beberapa perempuan dapat mendeteksi peningkatan suhu tubuh yang halus ini.

Pengalaman pribadi saya dengan 3 kehamilan, gejala pertama adalah perubahaan mood mendadak/emosi yang labil (maaf Marc Bodnick!) sekitar seminggu setelah berhubungan. Pada kehamilan kedua saya mampu mengenali gejala ini dan saya punya dugaan kuat bahwa saya hamil seminggu sebelum saya berhenti menstruasi. Saya juga mengalami mabuk dan muntah sekitar 11-12 hari setelah berhubungan (beberapa hari sebelum saya tahu berhenti menstruasi). Saya yakin perempuan dapat mengalami gejala kehamilan segera setelah berhubungan berdasarkan waktu perubahan-perubahan hormonal yang terdokumentasi selama masa awal kehamilan dan pengalaman saya pribadi.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang