Apa tips kesehatan bagi mereka yang duduk bekerja berjam-jam?

Dilihat 1,72 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saat ini, hampir semua pekerjaan yang dilakukan di perkantoran dilakukan dengan komputer atau laptop. Begitupun bagi yang hobi berinternet, duduk selama berjam-jam pun tidak akan pernah mereka sadari. Ini berarti, banyak orang yang menghabiskan hari-harinya duduk seharian di depan meja kerja, sehingga tidak jarang mereka sering menghabiskan waktu hampir 8 jam untuk duduk bekerja sambil menatap layar komputer.

Mungkin hal tersebut terlihat santai dan tidak melelahkan. Padahal duduk seharian dalam waktu yang lama bisa berbahaya bagi kesehatan anda, mulai dari mata lelah, sakit kepala, obesitas, risiko terkena kanker dan penyakit jantung, hingga berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Selain itu, duduk terlalu lama juga bisa membuat tulang punggung cedera serta bisa membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

Tidak hanya itu, duduk seharian juga akan membuat anda merasa tidak nyaman dan jenuh. Bahkan menurut penelitian duduk selama berjam-jam memiliki efek yang sangat mematikan. Sederhananya, duduk berlebihan dapat membunuh. Wah, serem kan, duduk seharian bisa berisiko membunuhmu.

Namun, anda tidak perlu khawatir, karena ada tips menjaga kesehatan tubuh agar duduk seharian tidak berbahaya bagi kesehatan yang mudah untuk dilakukan. Disamping itu tips ini juga merupakan salah satu cara mengatasi mata lelah akibat terlalu banyak bekerja di depan komputer. Mau tahu? Nah, bagi anda yang setiap hari  memandangi komputer sambil duduk berjam-jam,  wajib membaca artikel ini sampai habis ya.


Tetap Bugar Meski Duduk Seharian

Berikut lima tips yang bisa anda ikuti untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai risiko penyakit agar duduk seharian tidak ''membunuhmu'' :

  • Cek lagi posisi layar monitor Anda
                               

Jika layar monitor tertanam langsung pada meja kerja anda, saatnya untuk meminta pihak manajemen kantor anda untuk merubah posisi layar monitor anda. Posisi pinggiran atas monitor harus sejajar dengan pandangan mata. Sehingga saat bekerja, misalnya mengetik, pandangan mata cukup ditundukkan 10 derajat saja. Hal ini juga merupakan salah satu cara mengatasi mata lelah. Jika layar monitor terlalu rendah atau terlalu tinggi, otomatis pengguna komputer akan beradaptasi dengan menggerakkan kepalanya. Maka, jika layar monitor anda terlalu rendah, kepala anda akan menunduk, sehingga menyebabkan nyeri pada leher dan punggung. Sementara itu, jika posisi layar monitor terlalu tinggi, bisa menyebabkan sindrom mata kering.


  • Jaga Postur tubuh ( Duduk yang tegak)

Banyak karyawan kantoran yang postur tubuhnya jadi bungkuk karena kebiasaan buruk saat duduk seharian di depan komputer. Kebanyakan orang-orang yang duduk di depan komputer, lehernya seperti di tarik ke dalam layar komputer, yakni mereka sering  menjulurkan lehernya ke arah depan.  Ketidakseimbangan ini akan memberikan ketegangan pada leher dan tulang belakang. Untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot leher, tariklah dagu hingga sejajar dengan dada anda. Ibaratkan kepala anda adalah bola bowling dan pegang dagu dengan satu tangan. Selain itu, pada saat duduk, tetap usahakan tubuh anda untuk tegak. Posisi siku tidak menggantung, melainkan sejajar menumpu pada meja. Untuk menjaga posisi punggung agar tidak membungkuk, bisa taruh bantal untuk mengganjal punggung anda. Jadi saat bersandar pun tetap nyaman. Kemudian, telapak kaki menempel di lantai dengan lutut menekuk 90 derajat. Duduk dengan angle 90 derajat akan membuat tubuh tetap tegak dan fit, juga mengurangi rasa stres karena pekerjaan


  • Bekerja Sambil Berdiri


Tempat kerja modern dibangun dengan konsep bekerja sambil duduk, tetapi sebenarnya kemampuan manusia untuk berdiri sudah berlangsung sejak jutaan tahun yang lalu. Tinggalkan bekerja dengan cara itu. Tips ketiga ini adalah agar kita yang sering duduk ini diharuskan untuk sesekali berdiri. Saat bekerja, misalnya saat mengetik, anda tidak lagi duduk melainkan sambil berdiri. Bahkan dianjurkan agar para pekerja yang sering duduk ini haruslah menggunakan meja berdiri (standing desk). Saat ini sudah cukup umum tren standing desk atau sit-stand workstation. Dengan meja itu, kita bisa menyesuaikan kondisi kerja dengan kebutuhan. Kalau sudah merasa capek duduk, bisa coba berdiri beberapa menit. Agar aliran darah lebih lancar dan pastinya juga agar tidak gampang pegal. Penggunaan meja berdiri ini juga berfungsi agar otot kita tidak tegang dan kita bisa bekerja dengan sehat. Hal ini juga dibenarkan oleh sebuah penelitian dari University of Minnesota dan Mayo Clinic. Menurut penelitian tersebut, mengganti 25 persen posisi kerja dari duduk dengan berdiri dapat meningkatkan kesehatan, menurunkan rasa lelah yang sering terjadi hingga menurunkan nafsu makan. Meja kerja yang dapat diatur ketinggiannya ini bisa digunakan saat duduk maupun berdiri dengan hanya menekan sebuah tombol.


  • Manfaatkan Sedikit Waktu untuk Bergerak atau Berjalan 



Rilekskan tubuh Anda dengan bergerak atau berjalan. Jalan di sini bukan berarti anda harus keluar kantor lho!. Anda bisa pasang alarm untuk mengingatkan agar anda bergerak dan jalan kaki sebentar setiap 1 jam sekali di sela kerja anda. Bisa dengan jalan kaki ke toilet, mampir ke pantry, jalan-jalan disekitar kantor, atau sekedar jalan di tempat. Agar kalori dalam tubuh bisa terbakar dan aliran darah mengalir lancar. Sehingga bekerja pun bisa menjadi lebih terasa nyaman. Namun sekarang ini banyak kantor-kantor di penjuru dunia makin bijaksana. Untuk menjaga karyawannya tetap sehat, beberapa kantor pun memilih menggunakan treadmill desk atau meja kerja yang bisa digunakan sekaligus untuk treadmill. Menggunakan meja kerja ber-treadmill bisa meningkatkan produktivitas kerja. Berdasarkan hasil studi National Institutes of Health, meja treadmill bisa membantu pekerja membakar 100 kalori lebih per jam. Intinya, hal yang terpenting adalah untuk mengganti posisi bekerja yang berbeda sepanjang hari. 


  • Gunakan Teknik Pomodoro


Bekerja secara terus menerus tanpa istirahat bisa membuat anda stress. Selain itu banyak dari karyawan yang menghabiskan waktu istirahatnya, bukan hanya untuk makan tetapi juga dengan bermain gadget, mengecek Facebook atau membaca berita di ponsel. Ini pun menjadi alasan seseorang menjadi kurang gerak. Namun sekarang ada sebuah teknik menarik yang berhubungan dengan hal ini. Namanya Teknik Pomodoro. Teknik ini merupakan teknik dimana kita bekerja selama 25 menit dengan konsentrasi penuh, kemudian diikuti dengan 5 menit istirahat. Dalam bahasa Italia Pomodoro berarti tomat. Hal ini mengacu pada timer dapur yang berbentuk tomat. Teknik ini banyak digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan mengurangi banyak gangguan disela-sela kerja. Dengan teknik Pomodoro, Anda bisa mengatur waktu kapan untuk bekerja dan melakukan aktivitas fisik. Jika anda tidak mempunyai timer dapur yang berbentuk tomat, ada banyak aplikasi online yang bisa di pakai. Tetapi Francesco Cirillo, pencipta teknik ini, merekomendasikan menggunakan benda yang benar-benar nyata (timer). Dalam bukunya, The Pomodoro Technique, Cirillo mengatakan bahwa "Tindakan menggunakan teknik Pomodoro adalah deklarasi tekad anda untuk mulai bekerja dimana kegiatan ada di tangan anda".

(Baca : Apa tips kesehatan sederhana yang orang tidak sadari?)


Itulah tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda lakukan meskipun  harus duduk berjam-jam lamanya saat anda bekerja di depan komputer. Dengan melakukan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar duduk seharian tidak berbahaya bagi kesehatan, berarti anda menghindarkan diri dari berbagai resiko nyeri, pegal dan penyakit lainnya. Intinya, selain menghabiskan waktu untuk bekerja, usahakanlah agar selalu meluangkan waktu untuk berolahraga dan menjaga pola hidup yang sehat. Jangan lupa untuk share artikel ini untuk teman anda yang juga sibuk bekerja dan mengharuskan duduk seharian, ya!

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang