Apa topik yang bagus untuk memberikan pidato singkat?

Dilihat 342 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pidato merupakan salah satu media komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan gagasan-gagasan secara lisan dengan menggunakan bentuk komunikasi non-verbal seperti ekspresi wajah, gesture, dan kontak pandang. Dengan kata lain pidato adalah kegiatan yang dilakukan di muka umum dengan berorasi untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran tentang suatu hal atau peristiwa penting. Sedangkan pengertian topik merupakan pokok atau inti utama dari seluruh isi yang akan disampaikan dan merupakan landasan untuk menentukan tema. 

Pidato yang baik adalah pidato yang mampu memberikan suatu kesan yang positif bagi orang-orang yang mendengarkan pidato tersebut. Biasanya kemampuan seseorang dalam berpidato atau berbicara di muka umum dapat membantu jenjang karier yang baik. Untuk membuat pidato harus menentukan topik terlebih dahulu  agar pidato tidak keluar dari terlalu jauh dari tema atau topik yang telah ditentukan.

Apa topik yang bagus untuk memberikan pidato singkat? Tentunya harus mengetahui tujuan dari pidato tersebut agar topik yang dibuat tepat sasaran.


topik pidato yang menarik


Membuat Topik dan Kerangka Pidato  

Berpidato merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menyampaikan pesa-pesan atau penjelasan pada penonton, agar pidato yang disampaikan terarah dan tepat pada sasarannya. Pertama yang dilakukan adalah menentukan topik terlebih dahulu, baru selanjutnya membuat kerangka pidatodan cara berpidato yang benar.

Menentukan Topik.

Syarat sebuah topik yang bagus untuk konsep pidato antara lain:

  • Topik yang dipilih harus menarik perhatian. Di mana topik tersebut dapat menggambarkan suatu penjelasan atau penjabaran dengan tegas dan jelas serta menarik untuk disimak.
  • Dapat bermanfaat bagi penonton. Topik yang dipilih dapat memberikan manfaat bagi pendengarnya sehingga menerima penjelasan dengan baik.
  • Topik yang dipilih harus mempunyai sumber acuan yang jelas sehingga tidak terjadi kesalah pahaman, tidak terjadi salah menerapkan teori yang sudah dipetenkan. Sumber acuan bisa dari buku, pengalaman pribadi, dan sember- sumber lain yang dapat dipercaya. 
topik pidato yang bagus


Pembatasan untuk menentukan sebuah topik memang harus dilakukan agar topik yang dibuat tidak meluas atau keluar dari keridor yang telah ditentukan. 

Pembatasannya-pembatasan topik antara lain: 

  1. Pidato dilakukan secara variabel, akan lebih mudah memahami permasalahan, hal ini seolah-olah sudah mendapat jawaban dengan melihat topik yang akan disampaikan.
  2. Data yang kita peroleh untuk menyampaikan pidato harus benar dan sesuai dengan topik yang ada.
  3. Lokasi pengumpulan data harus diperhatikan sehingga dalam penyampainnya sesuai dengan topik.
  4. Waktu pengumpulan data, data yang diperoleh harus lengkap dan benar sehingga tidak keluar menyimpang dari topi. Kamu dapat memilih berbicara mengenai kaitannya dengan kondisi saat ini. 
cara membuat kerangka pidato

Kerangka Pidato

Kerangka pidato  adalah poin-poin yang hendak di sampaikan sehingga pidato bisa lebih terarah isinya.

Urutan dari kerangka pidato yang digunakan untuk berpidato antara lain:

  1. Pembukaan (berisi tentang kata sapaan kepada undangan yang hadir pada acara tersebut).
  2. Pendahuluan (biasanya berisi tentang rasa syukur diberinya kesempatan untuk berpidato dan tema yang akan disampaikan pada pidato tersebut).
  3. Isi   (pokok permasalahan yang akan disampaikan sesuai dengan topik yang ada).
  4. Kesimpulan (berisi tentang kesimpulan akhir dari inti pembicaraan).
  5. Harapan-harapan yang akan disampaikan setelah memberikan penjelasan tentang isi dari pidato tersebut. Contoh: "Semoga bapak-bapak dan ibu-ibu dapat mengambil hikmahnya dari pidato yang telah saya sampaikan."
  6. Penutup  (berisi tentang pesan-pesan permintaan maaf apabila dalam penyampaian ada kesalahan dan juga ucapan terima kasih pada semua undangan yang hadir). Contoh: "Maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati saudara-saudara sekalian. Terima kasih atas kehadiran saudara-saudara sekalian."

Urutan dari kerangka pidato tersebut harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam berpidato.


cara pidato yang baik


Cara Berpidato 

Melakukan pidato didepan umum memang tidak gampang, kadang terjadi demam panggung atau gugup sehingga kata yang terucap salah dalam berbicara. Tak jarang keringat dingin mengalir sampai tangan menjadi basah dan gemetaran ini terjadi pada orang yang pertama kali naik panggung dan dilihat oleh banyak orang. Tapi seiring waktu dengan banyak berlatih dan memahami teknik-teknik berpidato yang benar hal ini tidak akan terjadi dan terulang lagi.


persiapan yang harus dilakukan sebelum pidato


Cara berpidato yang benar dengan melakukan persiapan-persiapan antara lain:

  1. Buatlah konsep terlebih dahulu sesuai dengan topik (hindari pengulangan materi).
  2. Kembangkan materi pidato dengan menambah sedikit homor agar audiens tidak jenuh.
  3. Berlatih di depan kaca, jika kamu menguasai keseluruhan isi pidato cobalah berbicara didepan kaca agar ekspresi wajah terlihat dan intonasi serta artikulasi kata yang keluar dari bibir jelas.
  4. Cari referensi sebanyak mungkin cara pidato yang benar bisa dari buku, bertanya pada ahlinya atau dari media elektronik.
  5. Kontrol emosi jangan sampai terlalu menggebu-gebu agar denyut jantung teratur, sehingga tidak terlihat lelah atau terlalu capai.

dari penjelasan di atas saya yakin anda dapat melakukan pidato dengan baik dan dapat membuat topik yang bagus untuk memberikan pidato singkat. Jika sering melakukan pidato di depan umum, maka dengan sendirinya akan terbiasa dan walaupun tanpa persiapan akan lancar dengan sendirinya. Jadi selain mempersiapkan konten yang bagus, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk membuat dan membawakan pidato singkat tersebut dengan percaya diri. Semoga ini bermanfaat! 

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang