Hal apa saja yang yang harus ditulis dalam surat pengunduran diri?

Dilihat 481 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Mengundurkan diri dari pekerjaan bisa saja menjadi situasi yang sangat emosional, tetapi salah langkah dalam mengambil keputusan itu bisa juga menyebabkan kesulitan yang tidak terduga bahkan bisa menimbulkan penilaian yang buruk bagi perusahaan mendatang yang akan kita lamar. Di sisi lain, pengunduran diri yang sudah terencana dengan baik, bisa membuat anda sukses, oleh karena itu kita harus tahu cara membuat surat pengunduran diri yang baik.

Pada dasarnya menulis surat pengunduran diri atau surat resign sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan. Isi dari surat pengunduran diri harus memakai tata krama yang sopan agar tidak menimbulkan kesalah-pahaman. Banyak sekali contoh surat resign yang dapat kita temukan di internet, namun kita tidak tahu apakah contoh surat resign tersebut benar-benar merupakan contoh surat resign yang benar-benar bagus atau tidak.

Nah, berdasarkan hal tersebut di dalam artikel ini akan dibahas mengenai hal-hal yang penting dan yang harus anda ketahui dalam menulis surat pengunduran diri atau surat resign yang baik. Bagi anda yang sekarang ingin mengundurkan diri dari tempat anda bekerja, penasaran kan? Bagaimana sih tips menulis surat pengunduran diri yang baik? Kalau begitu terus gulir ke bawah ya! 


               surat pengunduran diri

Surat Resign yang Baik

Di bawah ini adalah lima hal dasar yang harus dituangkan dalam membuat surat pengunduran diri yang baik : 

  • Pernyataan yang menunjukkan bahwa anda memang benar-benar mengundurkan diri

Hal ini adalah tujuan utama dari surat pengunduran diri, jadi nyatakanlah dengan cara yang sopan dan tanpa basa-basi. Jangan menulis, " Saya berhenti" (ini tidak sopan), jangan menulis, "Saya berpikir untuk mengundurkan diri" (ini adalah basa-basi). Akan tetapi tulislah "Saya mengajukan surat pengunduran diri saya" (cara ini sopan dan tidak ada basa-basi)

  • Tanggal terakhir Anda bekerja
        tanggal terakhir bekerja

Sangatlah penting untuk memberitahukan kapan hari/tanggal terakhir anda bekerja di perusahaan tersebut. Setidaknya 2 minggu pemberitahuan. Jika jabatan anda di perusahaan sudah tinggi, hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah memberikan waktu pemberitahuan kepada perusahaan lebih dari dua minggu (sekitar satu bulan pemberitahuan). Intinya, berapapun lamanya waktu pemberitahuan yang anda berikan, cantumkanlah tanggal terakhir anda bekerja di perusahaan. Jangan tulis "Hari Ini adalah hari terakhir saya" (ini terlalu singkat dan tidak memenuhi syarat pemberitahuan). Jangan tulis, "Hari terakhir saya bekerja beberapa minggu lagi" (Ini tidak spesifik). Akan tetapi tulislah "Hari terakhir saya adalah tanggal 7 April" (ini lebih jelas dan spesifik menunjukkan tanggal hari terakhir)


  • Menyampaikan rasa terima kasih

    mengucapkan terima kasih kepada atasan

Walaupun sebenarnya anda merasa tertekan, tidak bahagia bekerja disana, tapi usahakan semaksimal mungkin untuk meninggalkan kesan yang positif. Jangan menulis, "Saya benci pekerjaan ini, karena perusahaan tidak menghargai saya dan gaji saya tidak sesuai. Inilah alasan mengapa saya mengundurkan diri". Akan tetapi tulislah "Saya berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan orang-orang yang hebat dan berpengalaman dalam perusahaan ini".


  • Menyampaikan apa yang telah berhasil anda capai                     Menyampaikan apa yang telah berhasil anda capai di surat resign merupakan hal yang penting, karena mungkin saja atasan anda akan membuka/memerlukan file anda untuk ditunjukkan ke calon pengganti anda. Jangan tulis, "Seandainya saya dapat menyelesaikan proyek ZZ". Akan tetapi tulislah, "Bekerja dalam proyek XYZ dengan Tim A adalah prestasi yang memuaskan dan bermanfaat. Saya menghargai pengalaman ini”.
  • Menyampaikan tugas yang belum selesai (tetapi bukan sesuatu yang negatif)
Disini kesempatan anda untuk menyampaikan bagaimana anda menangani suatu proyek yang belum selesai atau kapan dan kepada siapa anda berencana untuk serah terima pekerjaan yang belum selesai tersebut. Jangan tulis, "Karena saya sekarang telah mengundurkan diri, ini saatnya saya memberitahu bahwa atasan saya adalah seorang Manager yang tidak dapat menangani hal-hal kecil secara mendetail” (ini adalah suatu hal negatif untuk menunjukkan pekerjaan yang masih tertunda). Tetapi tulislah, "Saya tidak keberatan untuk memberitahu pengganti saya jika ada hal-hal yang perlu dilakukan dalam menyelesaikan proyek XYZ" (hal ini sangat penting untuk dinyatakan jika ada proyek yang masih berjalan dan yang belum selesai, pada saat hari terakhir anda bekerja). Atau tulislah "Pada hari terakhir saya bekerja, pekerjaan yang masih dalam proses, akan saya serahkan pada atasan saya untuk ditangani" (hal ini penting dinyatakan jika anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan).  

Tips Tambahan

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menulis surat pengunduran diri yang baik : 

  • Tinggalkan kesan yang positif - Surat pengunduran diri harus dimulai dan diakhiri dengan penyampaian yang positif. Kata-kata yang termasuk dalam penyampaian yang positif yaitu "menghargai", "kesempatan" dan "terima kasih".  
  • Terus Menjalin Hubungan Baik – Terus menjalin hubungan baik, sampaikan pesan seperlunya, jangan sampaikan banyak keluhan. 
  • Bersikaplah sopan. Jangan gunakan surat pengunduran diri sebagai media untuk menyampaikan hal-hal yang buruk tentang perusahaan, rekan sekerja ataupun atasan anda.
  • Sampaikan secara singkat - Dengan menulis seperlunya, anda akan terhindar dari menyatakan sesuatu yang mungkin saja dapat membuat anda menyesal nantinya.
  • Bacalah dan periksa kembali - Pastikan surat pengunduran diri anda dibaca dan diperiksa kembali isinya sebelum anda menyerahkannya. Anda bisa meminta bantuan teman untuk mengoreksi dan memastikan kembali bahwa surat tersebut dibuat secara professional dan singkat.  


Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat surat pengunduran diri yang baik, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Intinya adalah buatlah surat pengunduran diri anda sebaik mungkin agar yang membaca tidak tersinggung, dan juga pastikan anda meninggalkan pekerjaan dengan baik-baik, agar perjalanan karier anda selalu lancar. Anda harus tetap menunjukkan rasa hormat dan santun meskipun sebentar lagi anda tidak bekerja di perusahaan tersebut. Good Luck!  (Baca: Dapatkah surat pengunduran diri saya ditolak?)

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang