Apakah jenis tas yang bagus untuk bepergian/traveling selama 2 minggu?

Dilihat 503 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Saya yakin berlibur dan jalan-jalan merupakan aktivitas yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Momen itulah semua penat dan lelah akan dilepas. Namun, pernahkah Anda merasa kebingungan memilih tas untuk jalan-jalan ketika melakukan perjalanan panjang? Saya yakin hampir setiap wanita pernah mengalaminya. Mengapa wanita? Karena biasanya para wanita ingin sekali mengemas dan membawa semua barang yang ada di lemari, tidak pakai pilih-pilih ;)

Sementara laki-laki biasanya jauh lebih praktis. Harus diakui, kegiatan mengemas pakaian dan keperluan yang akan dibawa ketika berpergian menjadi satu hal yang susah-susah gampang dilakukan. Karena jujujr saja saya pribadi juga termasuk orang yang kurang menyukai kegiatan tersebut, dan termasuk orang yang baru akan packing ketika waktu bepergian sudah dekat.


Pemilihan jenis tas ketika melakukan perjalanan sebenarnya akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan tersebut, karena jika jenis tas yang kita kenakan nyaman, akan turut mendukung semua aktivitas yang kita lakukan. Khusus anda kaum wanita, alangkah baiknya jika pemilihan tas untuk dibawa disesuaikan dengan jenis perjalanan yang akan dilakukan dan barang yang akan dibawa dalam perjalanan tersebut, jangan sampai Anda saltas alias salah membawa tas ketika bepergian. Nah, jika memang tujuannya adalah travelling maka sebaiknya Anda berkenalan dengan beberapa jenis tas, agar tidak salah pilih. Apa sajakah itu? Lalu adakah “rumus” packing yang efisien agar kegiatan yang satu ini tidak menghabiskan banyak waktu? Nah, bagi Anda yang penasaran, simak uraian berikut sampai tuntas ya...





Jenis-jenis Tas Untuk Travelling


Biasanya para wanita akan merasa bingung tas model apa yang harus dibawa ketika pergi travelling. Dari mulai tas punggung, tas jinjing, atau tas koper terkadang membuat dilema;). Pada dasarnya tas travelling wanita sama saja dengan pria, namun karena bawaan wanita biasanya lebih banyak dan ‘detail’, maka pemilihan tas yang tepat menjadi titik awal yang harus dilakukan agar tidak salah ketika bepergian. 

Jika Anda akan pergi dengan memakan waktu yang agak lama, misalnya lebih dari seminggu, maka Anda dapat memilih tas berukuran agak besar, seperti koper atau tas punggung. Namun perlu diingat, jika Anda ingin menggunakan tas punggung, pilihlah tas punggung yang berukuran tidak terlalu kecil, sehingga dapat menampung semua barang bawaan Anda. Nah, ada baiknya kita lihat yuk beberapa jenis tas untuk jalan-jalan yang dapat Anda kenakan ketika travelling di bawah ini : 


  • Carrier - Tas ini lebih populer disebut dengan tas ransel . Jenis tas ini cocok untuk perjalanan yang panjang karena mudah dibawa dan mampu memuat banyak barang. Usahakan memilih tas carrier yang sesuai dengan proporsi tubuh Anda dan sesuai dengan kapasitas barang yang akan dibawa. Pilihlah tali bahu yang lebar, empuk dan nyaman. Akan lebih baik jika ada bantalan punggung yang memilik rongga udara di antara tas dan punggung Anda untuk memberikan ruang sirkulasi udara.


  • Daypack - Daypack adalah sejenis tas ransel dengan kapasitas yang lebih kecil. Tas ini digunakan untuk perjalanan yang relative singkat. Daypack biasanya digunakan sebagai tas pendamping carrier untuk membawa makanan, botol minum, dokumen perjalanan, atau bahkan perlengkapan gadget

  • Koper - Koper rasanya adalah barang wajib yang harus dibawa saat traveling. Mengapa? Karena koper memiliki ukuran yang beragam, mudah dibawa kemana-mana dan pastinya tidak membebani punggung. Dalam koper juga terdapat ruang yang leluasa untuk menyimpan berbagai barang kebutuhan. Namun ketika medan yang dilalui sulit- contohnya pegunungan – disarankan jangan membawa koper ya.


  • Duffle Bag - Duffle Bag berfungsi hampir sama seperti ransel. Tas ini cocok untuk dibawa travelling dengan perpindahan yang cepat. Namun Duffel Bag hanya mempunya satu tali bahu, maka pemumpukan beban hanya ada disatu pundak saja, tidak seperti ransel yang beban ditopang di kedua pundak. Sehingga harus diakui, ketika digunakan untuk berpergian jarak jauh tidaklah senyaman ransel.


  • Tas Selempang - Selain membawa koper maupun ransel, sebaiknya Anda juga perlu membawa tas selempang, ukurannya kecil dan bisa dilipa, sehingga Anda tidak akan repot membawanya. Tas ini biasanya dibawa sebagai pendamping tas utama dan cukup untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan misalnya kamera, dokumen perjalanan, kacamata, maupun dompet.


Itulah beberapa jenis tas untuk jalan-jalan yang dapat Anda bawa ketika berlibur. Namun perlu diingat, tempat liburan Anda juga harus dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih tas. Sebagai contoh, tas yang dikenakan ketika traveling wisata alam seperti pegunungan dan pantai tentunya akan berbeda dengan jenis tas yang akan Anda bawa ketika travelling menyusuri jalan perkotaan. Dan biasanya tas travelling wanita akan lebih mudah dikenali dan agak sedikit ‘berbeda’dari pria. Mengapa? Karena biasanya tas travel yang dipakai wanita memiliki corak dan warna yang lebih cerah, berwarna-warni dan model yang menawan. Jadi, dengan banyaknya pilihan tas travel sekarang, pilihlah tas yang benar-benar mewakili diri Anda dan yang terpenting membuat Anda nyaman ketika membawanya.





Tips Packing yang Cepat dan Efisien


Jika Anda adalah orang yang sering menunda packing karena malas mengatur semua barang yang ingin Anda bawa dan baru akan packing ketika waktu bepergian sudah dekat, maka simaklah beberapa tips berkemas di bawah ini agar kegiatan packing Anda di waktu berikutnya dapat lebih menyenangkan.


  • Bawalah pakaian-pakaian berwarna senada - Salah satu cara ampuh untuk mengurangi beban bawaan adalah dengan membawa lebih sedikit pakaian. Pilihlah baju berwarna senada yang dapat dipadupadankan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu bawa juga pakaian yang bisa digunakan untuk acara resmi maupun kasual. Misalnya celana jeans warna hitam atau dress selutut, yang bisa dipakai untuk jalan-jalan tapi juga pantas untuk dipakai makan malam di acara resmi.
  • Lipat dan gulung pakaian - Dengan menggulung pakaian, Anda akan mendapatkan banyak ruang ekstra di dalam tas! T-shirt dan pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut sebaiknya digulung rapat, sementara kemeja dan pakaian yang mudah kusut sebaiknya dilipat dan ditempatkan di bagian atas tumpukan baju. Melipat dan menggulung pakaian dapat membuat ukuran pakaian Anda menjadi lebih kecil dan lebih mudah untuk ditata.
  • Pahami kebutuhan diri Anda sendiri  - Sebaiknya Anda memahami detail kegiatan Anda, seperti berapa lama Anda akan berpergian, bagaimana cuaca disana, apa saja aktivitas yang akan dilakukan, dan sebagainya. Dengan memahami kebutuhan diri Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan barang apa saja yang akan dibawa dan pakaian yang akan dikenakan.
  • Kenakan pakaian-pakaian paling berat, seperti jaket, jeans dan sepatu ketika di perjalanan.
  • Gunakan Vacuum bag  - Dengan menggunakan vacuum bag, pakaian yang telah Anda gulung atau lipat dimasukkan ke dalam kantong plastik khusus lalu kemudian dihisap habis udaranya. Hasilnya adalah kantung tersebut akan mengempis cukup drastis, sehingga ruang yang terpakai dalam tas akan berkurang jauh. 
  • Cobalah untuk mencari ukuran yang kecil atas barang-barang bawaan Anda. Misalnya, untuk perlengkapan mandi, bawalah sabun cair, shampoo, pasta gigi, handuk ukuran kecil.
  • Jika membawa sepatu di dalam tas, manfaatkan ruang sepatu untuk meletakkan barang-barang, seperti sarung tangan, kaos kaki, dasi atau pakaian dalam yang sudah digulung rapi. Atau Anda bisa juga bisa meletakkan aksesoris untuk mengisi ruang kosong tersebut.
  • Jangan membawa semua gadget yang Anda miliki -seperti kamera, tablet, laptop-. Sebaiknya pilih salah satu gadget yang telah dilengkapi dengan aplikasi multi-fungsi.
  • Manfaatkan ruang kosong di dalam koper, misalnya di sela-sela tumpukan pakaian untuk menyelipkan ikat pinggang bahkan sandal. 
  • Sediakan ruang kosong untuk suvenir, baik untuk diri sendiri atau belanja oleh-oleh untuk kerabat di rumah.  

Itulah beberapa tips packing yang dapat Anda praktekkan ketika akan berpergian. Sebaiknya fokus pada apa yang benar-benar Anda butuhkan dan minimalkan berat. Jangan membawa barang secara berlebihan sehingga justru dapat membuat diri Anda tidak nyaman. Kemasi barang dengan cerdas ya! Selamat liburan!

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang