Apa yang biasanya dirasakan oleh pasien penyakit Alzheimer sehari - hari?

Dilihat 619 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ini merupakan pertanyaan yang sangat bagus dan saya sudah sering mempertimbangkannya dalam 10 tahun terakhir bekerja dengan para pasein penyakit Alzheimer. Yang pertama, hal tersebut tergantung dari stadium dementia, ringan, menengah, atau parah. Pada dementia ringan, rasanya sama seperti menjadi alkoholik fungsional dari segi kesadaran. Kamu dapat melakukan hal - hal yang perlu kamu lakukan, tapi beberapa hal kecil akan kacau, misalnay kamu terbalik memakai baju tapi tidak menyadarinya, atau kamu tidak bisa menemukan mangkuk gula jadi kamu mulai membongkar lemari dan akhirnya tidak jadi juga membuat kopi dan dapur menjadi berantakan. Setelah itu kamu bersumpah kamu tidak melakukannya. Kamu tidak ingat sudah melakukan semua itu, dan semakin orang yang kamu ajak bicara mengatakan bahwa kamu yang melakukannya, kamu akan menjadi semakin marah. Kamu tidak melakukannya. Mereka berbohong. 


Seperti itulah hari - harimu. Hampir terlihat normal, tapi tidak benar - benar normal. Melakukan rutinitas merupakan hal yang mudah, tapi melakukan sesuatu yang baru merupakan hal yang sulit. Dan, kalau kamu ditanya mengenai seseorang atau sesuatu yang terjadi di hari itu, kamu mungkin tidak dapat mengingat kejadiannya.


Di penghujung hari, kamu akan kelelahan berpikirm tapi otakmu terus memikirkan berbagai hal yang aneh seperti, "Aku tidak bisa menemukan kunci mobilku. Pasti seseorang mencurinya! Aku butuh kunci mobilku" lalu kamu akan mondar - mandir dan menggeledah isi rumah, mengeluarkan segala macam barang dari laci selam beberapa jam dan pada akhirnya kamu bahkan tidak bisa menjelaskan kepada orang lain mengenai apa yang kamu cari. Bukan itu saja, mungkin kamu bahkan sudah tidak mengendarai mobil selama lima tahun terakhir. 


Pada dementia menengah, setiap hari merupakab rangkaian kejadian dan rutinitas seperti teman bagimu. Segala hal yang rutin dapat kamu lalui dengan lebih mudah. Sarapan pagi, makan siang, makan malam, seperti itulah jadwal harianmu. Tetapi sesuatu yang tidak biasa, misalnya janji temu dengan dokter dapat membuatkan bingung. Kamu mungkin akan menolak untuk pergi, berganti pakaian dan masuk ke mobil untuk pergi. Ada banyak stimulasi mental yang terlibat dalam kejadian yang tidak rutin, kamu akan lebih memilih melakukan hal yang sudah biasa kamu lakukan. Sarapan pagi, makan siang, makan malam, dan mungkin berjemur di bawah sinar matahari.


Aktifitas seperti mandi menjadi hal yang sulit bagimu. Kalau kamu memikirkannya, mandi adalah suatu yang yang mengandung stimulasi yang tinggi. Kamar mandi terpisah dari ruangan yang biasa kamu tempati dan biasanya terlihat bersegi dan dingin.Lalu kamu harus melepaskan seluruh pakaian dan telanjang, semua itu merupakan stimulasi yang besar dan ingatan yang berhubungan dengan telanjang juga penuh dengan stimulasi. Shower mengeluarkan suara yang berisik, perbedaan suhu cukup jelas, terdapat sabun, sampo, air di dalam matamu, telingamu dan ruangan yang terbatas, dan biasanya akan ada seseorangyang bersamamu saat itu untuk "membantu" yang mungkin terasa aneh, tidak peduli seberapa besar kamu memahami dan menerima bahwa kamu membutuhkan bantuan. Ini adalah salah satu gejala dari dementia menengah. Kamu akan mulai tidak menyukai mandi dan membersihkan diri.

Saya ingat seorang pria di tempat saya bekerja, dia baru datang dan belum mandi di rumah sakit, jadi pada hari pertamanya, para pekerja membantunya untuk mandi. Dia menghabiskan sisa sore dalam air mata karena, "Mereka mendorong saya ke pojokan dan melempari saya dengan batu seolah - olah saya adalah orang buangan!". Itulah yang dia rasakan. Seorang wanita akan berjalan di sepanjang koridor, tapi dia tidak akan mendekati jendela dan berkata, "Ada orang Indian di luar sana! Mereka akan menyerang kita!". Butuh waktu lama untuk menyadari hal tersebut. Dia akan mondar - mandir dan tidak bisa duduk diam, selalu berbicara tentang orang Indian yag akan menyerang dengan anak panah. 


Akhirnya seorang suster bertanya padanya apakah dia pernah terkena anak panah? Dia menjawab,"Ya". "Dimana kamu terkena ana panah"?. Perempuan itu berkata, "Di sini"sambil mencengkram punggung bagian bawahnya, "Arrrrgghh! Sakit Sekali", lanjutnya. Ketika menelusuri riwayat medisnya, kami menemukan bahwa dia pernah mengalami tabrakan mobil beberapa tahun sebelumnya dan menderita cedera pada punggung bagian bawah. Selama berminggu - minggu dia bercerita mengenai apa yang terjadi kepadanya, tapi cerita itu tidak masuk akal bagi kamul bagi dia, itu sangat masuk akal. Rasanya seperti terkena panah pada punggungnya. Dan siapa yang menggunakan anak panah? Orang Indian! Kamu akan kehilangan kata - kata, tapi hal itu tiadk penting karena orang - orang di sekitarmu akan mengabarkan hal itu dan mengisi kekosonganmu.


Kadang kamu tidak bisa mengerti apa yang dikatakan orang lain, seolah - olah mereka berbicara bahasa asing, dan hal ini bisa membuatmu secara otomatis menolak hal yang sedang dibicarakan, dan hal itu, juga, cukup masuk akal. Seseorang yang mengoceh kepadamu dalam bahasa asing yang tidak bisa kamu mengerti dan mengisyaratkan "Ayo pergi denganku" adalah seseorang yang mencurigakan bukan? Dementia menengah merupakan bagian terpanjang dari penyakit ini, biasanya saya akan menghabiskan banyak waktu untuk masa ini.


Pergeseran yang lambat ke dementia yang parah kadang agak sulit diidentifikasi, begitu juga dengan garis dari demarkasi, tapi satu gejala adalah mereka kan gampang mengantuk dan tidur lebih banyak. Bahkan pada aktifitas - aktifitas yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, kerusakan pada otakmu akan sangat mendalam, stimulasi ini tidak cukup untuk membuatmu tetap terjaga. Kmu tertidur, mungkin bermimpi, tapi kamu tidak tahu, yang kamu tahu adalah kerusakan pada bagian otak yang biasanya menyala seperti lampir pohon natal ketika bermimpi sangat mendalam, tapi, karena kami tidak begitu memahami tentang tidur dan mimpi, dan kedengarannya kejam untuk membawa seseorang yang tidak dapat menghadapi suatu hal baru dengan baik ke dalam lab dan memakaikan kabel ke otak mereka untuk melihat suara dan warna - warna dan mengatakan kepada mereka, "jangan bergerak".


Tapi saya selalu penasaran mengenai hal itu. Bagi saya kelihatannya ketika kamu sudah mencapai dementia tahap parah, perbedaan antara terjaga dan bermimpi menjadi tidak terlihat. Pengucapan kata - kata menjadi terbatas, kamu mungkin bisa memikirkannya di kepalamu, tapi hanya satu atau dua kata yang keluar dari mulutmu.


pengasuh belajar untuk mendengarkan satu atau dua kata lalu berusaha untuk memahami apa yang dipikirkan oleh pasienm karena biasanya hanya itulah yang bisa kamu dapatkan. Penglihatan menurun, kamu tidak tahu apa yang kamu lihat. Pasien saya yang menderita penyakit Alzheimer yang parah saat ini bahkan tidak dapat mengenali anak anjing. Dia melihatnya, menatapnya, saya meletakkan anak anjing tersebut di tangannya, tapi kemudian dia melihat ke tangannya, bukan ke anak anjing tersebut. Dia sama sekali tidak terpengaruh degan stimulasi yang diberikan. 


Dia tidak lagi mendengar musik, yang merupakan hal yang sangat disayangkan karena seumur hidupnya dia sangat menyukai musik. Kamu masih memainkan musik untuknya, kami masih menyetel musik favoritnya, tapi dia tidak lagi biisa menikmatinya.Dia tidak lagi bisa mendengarkan musik - musik tersebut.

Pada dementia yang parah, setiap kejadian terjadi sendiri - sendiri, rutinitas sudah tidak berarti lagi, karena tidak yang namanya masal lalu dan masa depan, yang ada hanya saat ini. Lalu kamu akan mengalami dementia tingkat akhir dimana kamu akan tertidur selama lebih dari 20 jam dalam sehari, bahkan ketika kamu terbangun, mungkin kamu masih bermimpi. Kamu tidak lagi melihat seseorang ke matanya, kamu tidak lagi bereaksi terhadap segala sesuatu. Kamu mencoba menyuapimu, tapi kamu kelihatannya tidak tahu apa yang harus kamu lakukan dengan makanan di mulutmu dan kamu mungkin akan tersedak yang akhirnya mengakibatkan penumonia, ini bukan hal yang bagus. Seperti itulah penyakit Alzheimer.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang