Apa yang bisa aku lakukan untuk memperbaiki usus bioma ku ?

Dilihat 490 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mencirikan mikrobioma usus kedalam bakteria 'baik' dan 'jahat' itu selalu menyulitkan, terutama sebagi proporsi besar bakteri usus yang tidak diketahui. Sebagai tambahan, sejujurnya aku tidak yakin kita mengetahui apa itu 'normal'' lewat instilah-intilah usus mikrobioma. Dikatakan kalau kamu menderita dari UC, berarti ususmu itu jelas-jelas berada dibawah tekanan yang akan menyimpang dari flora normal dan ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan untuk menyeimbangkannya. Satu hal yang akan kusebutkan sebagai protes adalah kalau kamu memiliki masalah usus, apakah kamu memiliki antimikroba apapun ketika kamu memberikan sampel mu? Kalau iya, berarti profl floramu mungkin tidak mewakili keadaan sebenarnya ususmu karena antibiotik bisa benar-benar mengacaukan usus flora mu.

Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan semuanya yang dapat menyeimbangkan usus flora karena usus flora itu dipengaruhi oleh banyak faktor - hal terbaik yang perlu dilakukan adalah mencoba untuk mendorong fungsi usus secara umum. Pengaruh utamanya adalah makanan - usus flora bisa mengonsumsi wilayah 20% dari apa yang kita makan dan setiap bakteri memiliki sumber nutrisi yang disukai jadi kamu bisa mempengaruhi usus flora dengan makanan. Usus yang sehat memiliki sejumlah bakteri fermentasi yang besar yang dapat memproduksi asam organik dari karbohidrad kompleks - jadi pastikan kamu memiliki sumber serat dan sayuran yang baik dalam makananmu dan/atau mengambil pra-biotik (sering kali dilabelkan sebagai MOS, inulin, pectin) yang berperan seperti 'makanan cepat saji' untuk bakteri baik yang mendorong usus yang lebih sehat. Mengurangi makanan berat yang diproses juga merupakan ide yang bagus karena seluruh makanan alami secara umum lebih baik untuk lingkungan usus.

Cara lain adalah untuk mengambil bakteri probiotik untuk mendorong kesehatan usus. Ada sejumlah produk dilur sana yang sangat besar dan memiliki yang benar itu bisa cukup sulit. Secara pribadi aku selalu memilih probiotik multistrain - Meletakkan kepercayaan dalam satu ketegangan bakteri untuk menyeimbangkan kembali usus itu merupakan pertanyaan yang besar menurut opiniku. Bakteri primer dalam persiapan probiotik itu merupakan spesies Lactobacillus dan spesies Bifidobacterium (sering kali ragi itu termasuk sebagai Saccharomyces spp.) jadi ini baik untuk menemukan produk yang mengandung campuran beberapa spesies bakteri ini (dan mungkin ragi regangan).

Misalnya produk yang kugunakan mengandung bakteri-bakteri berikut bersamaan dengan serat dan inulin: Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus plantarum dan Lactobacillus bulgaricus.

Kuharap kamu merasa lebih baik secepatnya!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang