Kenapa kita harus sarapan pagi?

Dilihat 1,19 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Makan pagi atau sarapan adalah kegiatan makan yang sangat penting bagi tubuh, karena di pagi hari sebelum beraktivitas sepanjang hari, tubuh membutuhkan asupan energi yang cukup sehingga kinerja dapat maksimal. 


Namun seringkali orang meremehkan acara sarapan pagi sehat ini. Mereka tidak begitu mempedulikan menu sarapan sehat atau bahkan melewatkan acara sarapan begitu saja. Karena apabila acara sarapan ini terlewatkan, bisa jadi saat makan siang Anda akan makan terlalu banyak karena kondisi perut sangat lapar. Atau bisa jadi Anda akan ngemil pada saat jam kerja sebelum waktu makan siang tiba, dan kadangkala ngemil tidak terlalu baik untuk kesehatan tubuh Anda.


Asupan gizi dan nutrisi di pagi hari sangatlah penting bagi tubuh untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Dengan asupan gizi dan nutrisi yg cukup maka aktivitas sepanjang hari akan dapat berjalan dengan lancar. 


Tetapi menu sarapan yang kita santap di pagi hari tidak harus makanan yang berat bagi organ pencernaan. Anda bisa memilih menu makanan yang ringan tetapi kaya nutrisi, seperti susu, keju, ikan tuna, roti dan yang lainnya. Hal penting untuk diperhatikan adalah kandungan kalori, lemak, karbohidrat, vitamin, serta kandungan gizi lainnya dalam makanan tersebut. 


Seperti menu sarapan roti, susu, ikan tuna, dan sayuran (misalnya selada) akan mencukupi untuk kebutuhan nutrisi tubuh Anda. namun sebelum Anda mengkonsumsi menu sarapan tersebut, sebaiknya diperiksa dulu tanggal kedaluwarsanya, apabila itu adalah produk olahan. Namun jika produk alami, pastikan dulu sudah berapa lama Anda simpan di dalam lemari es. Karena makanan yang melewati batas penyimpanan tetap bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi. 


sarapan sehat 1



Manfaat Sarapan Sehat


Ada banyak di antara kita yang sering meremehkan manfaat sarapan dengan menu sarapan sehat. Seringkali kita tidak menyantap sarapan pagi sehat karena beberapa alasan, seperti tidak banyak waktu, jadwal yang padat, tidak adanya bahan untuk membuat menu sarapan bergizi, dan lain sebagainya. Padahal sarapan dengan menu sehat tidaklah sulit. Kita tinggal mencari menu yang sederhana dan praktis namun memiliki ketercukupan nilai gizi untuk tubuh kita dalam mengawali hari. 


Jika misalnya di dalam lemari es Anda hanya tersedia roti tawar, susu, ikan, dan sayur selada, wortel ataupun yang lainnya, maka Anda bisa menjadikannya sebagai hidangan yang sehat. Roti dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh, sedangkan ikan dan susu untuk memenuhi kebutuhan protein, dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin tubuh. Anda bisa mengkreasikan bahan-bahan ini menjadi sebuah hidangan yang sehat dan lezat dengan waktu pengolahan yang singkat, sehingga tidak menyita banyak waktu Anda di pagi hari.


Namun, tentu saja menyantap menu yang sama setiap hari akan membosankan dan juga kurang baik untuk Anda, meskipun itu adalah menu sehat. Karena setiap makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda dan mungkin tidak ada pada sumber makanan yang lain. Seperti kandungan gizi dalam wortel akan berbeda dengan kandungan gizi dalam tomat. Atau kandungan protein pada ikan tuna akan berbeda dengan kandungan protein susu, terlebih lagi jika ikan tuna atau susu tersebut adalah produk olahan, bukan produk alami. 


sarapan sehat 2


Oleh karena itu Anda bisa mengkonsumsi menu yang sama dalam 5 hari (Senin hingga Jumat) dalam sepekan, dan di akhir pekan, Sabtu dan Minggu, Anda bisa berbelanja bahan-bahan makanan lainnya untuk membuat menu sarapan sehat yang berbeda di pekan depan. Atau apabila Anda hendak melakukan perjalanan luar kota, bahan-bahan tersebut bisa Anda pakai membuat makanan sehat untuk perjalanan jauh Anda tersebut.


Salah satu manfaat yang didapat dari sarapan menu sehat adalah diperolehnya energi yang cukup dalam memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari sehingga lebih maksimal dalam berkonsentrasi. Hal ini berlaku baik bagi para pekerja maupun anak usia sekolah. Energi dari sarapan ini dapat menyegarkan otak sehingga menjadi lebih tanggap dan tidak mudah lelah dalam beraktivitas. 


Selain itu, dengan menyantap sarapan yang bergizi kita dapat mengembalikan lagi metabolisme tubuh setelah semalaman tidur. Sarapan juga dapat menhindarkan kita dari mengkonsumsi cemilan, dan cemilan sendiri cenderung membuat berat badan menjadi bertambah. Karena sebagian besar kandungan cemilan hanyalah karbohidrat. Sarapan dengan menu sehat juga dapat mengurangi risiko mengalami stres dalam menghadapi akvititas sepanjang hari. 


Pilihlah menu sarapan yang menyehatkan, bergizi, menggugah selera makan, dan tidak memberatkan sistem kerja organ pencernaan Anda. 


sarapan sehat 3



Komponen nutrisi dalam makanan sehat


Untuk membuat sarapan pagi sehat yang mudah dibuat Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi yang dikandung dalam bahan makanan tersebut, serta cara paling mudah untuk mengolahnya menjadi makanan yang sehat dan lezat. Menu sarapan sehat tidak harus ribet, yang penting memenuhi kebutuhan gizi harian Anda dan makanan yang terbaik adalah yang alami dan segar.


Berikut ini prosentase komponen nutrisi yang sebaiknya ada dalam sarapan sehat yang mudah dibuat, yaitu antara lain: 


  • Karbohidrat, sebaiknya kandungannya sekitar 25% hingga 40% dari keseluruhan makanan yang Anda santap. Karena tujuan utamanya adalah pemenuhan energi untuk tubuh. Selain nasi putih, Anda bisa mencoba sumber karbohidrat alternatif lainnya, seperti ubi-ubian, beras merah, dan semacamnya. 
  • Protein, kandungannya sebaiknya sekitar 15% hingga 25% dalam hidangan Anda. Protein adalah sumber yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pertambahan masa otot. Bisa diperoleh dari susu, ikan, daging, kacang-kacangan serta beragam telur. 
  • Serat, angka minimalnya adalah 25% dari total makanan Anda. Serat sangat bagus untuk pencernaan Anda, menghindarkan Anda dari sembelit dan ambeien. Kandungan ini bisa diperoleh dari beragam sayuran, terutama sayuran hijau serta dari buah-buahan. 
  • Lemak tak jenuh adalah lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan ini bisa didapatkan dari tempe, tahu, minyak zaitun, maupun selai kacang. 

sarapan sehat 4


Setelah Anda memperhitungkan kandungan gizi di atas, Anda juga sebaiknya memperhatikan jumlah kalori dari sarapan pagi bergizi yang Anda santap. Kalori yang dibutuhkan adalah di atas 300 kkal namun tidak boleh melebihi 400 kkal. 


Selain itu, waktu yang baik untuk sarapan sehat adalah sekitar 15 menit hingga 30 menit setelah Anda bangun tidur di pagi hari. Selain itu, waktu ideal untuk sarapan adalah sebelum jam 8 pagi, karena pada waktu itu aktivitas fisik masih belum maksimal. Sehingga tubuh dapat mempersiapkan kebutuhan energi dari makanan yang diserapkan dari sarapan pagi sehat ini. Namun hal ini berlaku untuk kondisi normal, jika Anda berpuasa maka lain lagi estimasi waktunya. 


Jadi, misalnya hari ini Anda menyantap yogurt dan buah serta kacang-kacangan, plus kopi sebagai minumannya, lalu besok roti gandum, madu alami soba, selai kacang, buah dan kopi, maka menu ini akan cukup untuk kebutuhan harian tubuh Anda. Selain itu kebutuhan cairan tubuh juga harus Anda perhatikan, dan minum segelas air putih bagus untuk kesehatan Anda. 


Mulai sekarang, Anda bisa merancang menu sarapan sehat untuk aktivitas harian Anda, dengan bahan-bahan makanan yang ada dalam lemari es Anda asal tetap memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan tersebut. Plus air mineral/air putih untuk pemenuhan kebutuhan cairan tubuh Anda. Salam sehat! 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang