Apa yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi sinus?

Dilihat 3,13 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saat seorang pasien menderita sinusitis akut, penyebabnya biasanya adalah virus atau bakteri, dan bertahan dalam waktu sekitar 4 minggu, dan terasa sangat sakit akibat mucus dalam jumlah besar yang menumpuk di ruang terbatas pada sinus. Rasa sakit dari sinusitis akut di sinus maxillary hampir mirip dengan pulpitis (infeksi pulp gigi), dan banyak pasien pergi ke dokter gigi mereka ketimbang pergi ke spesialis THT karena rasa sakit yang berdenyut-denyut.


Saat kasus akut tidak disembuhkan dengan benar, itu bisa berubah menjadi sinusitis kronis. Sayangnya, sinusitis kronis adalah masalah yang amat besar yang menjangkiti banyak orang di Amerika dan negara-negara lainnya, terutama yang memiliki tingkat polusi udara tinggi.


Opsi penanganan untuk tiap pasien berbeda satu dengan yang lainnya, saya akan mencoba menyusun daftar opsi-opsi yang paling penting :

Symptomatic Treatment Over the Counter:

  • Menghirup uap: dan jika anda punya di salah satu klub kesehatan anda, cobalah.

Kedua pilihan ini dapat mengencerkan sekresi yang kering, mengurangi penumpukan mucus, dan mengurangi viskositas mucus.


Kombinasi topical decongestant/antihistamin: (phenylephrine contohnya): ternyata efektif untuk mengurangi rasa sakit sementara. Biasanya obat-obatan ini tidak digunakan lebih dari 3-5 hari, karena topical decongestant bisa menimbulkan dampak sebaliknya, menjadi lebih buruk. Tanyakan pada apoteker anda untuk info lebih lanjut memilih yang mana.

Rx Topical steroid: obat ini membantu mengurangi ukuran polip, dan studi menunjukkan bahwa hasil terbaik didapatkan ketika penanganan awal dimulai dengan oral steroid, yang dilanjutkan topical steroid.

Antibiotik: banyak pilihan yang tersedia, dokter anda akan memilih yang terbaik untuk anda.

Penanganan bedah: pada kasus tertentu yang sulit diatasi oleh medis, tidak ada pilihan lain selain operasi. Tujuannya adalah mengembalikan drainase dan ventilasi pada sinus.

Prosedur yang terpenting yaitu, Endoscopic uncinectomy dengan atau tanpa maxillary antrostomy. Prosedur Caldwell-Luc. Inferior antrostomy (celah naso-antral).


Sekarang kembali ke pertanyaan anda: Apa yang bisa anda lakukan untuk penerbangan berikutnya?

Saya biasa mengalami sinusitis kronis cukup lama sebelumnya, dan ini yang manjur untuk saya: saya pastikan untuk minum decongestant/antihistamin sebelum penerbangan, jika tidak, jalani kembali pengobatan sesuai yang dianjurkan pada leaflet/instruksi apoteker. Pada saat pendaratan biasanya adalah yang paling menyakitkan karena peningkatan tekanan udara luar secara cepat. Jadi sebelum mendarat satu jam sebelumnya, saya minum beberapa pil Tylenol, sehingga saat rasa sakitnya mulai muncul saat pendaratan, itu tidak akan terasa begitu sakit. Sekitar 5 menit sebelum pesawat mendarat, saya minum topical decongestant seperti yang diresepkan. Dan Voila! Itu saja. Ingatlah untuk minum banyak air saat sedang berada di pesawat untuk meminimalisir dehidrasi. Dan ingat juga bahwa merokok berperan penting dalam mengiritasi nasal mucosa. Jika anda seorang perokok, akan sangat membantu jika anda berhenti merokok saat sedang bermasalah dengan kondisi pernafasan.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang