Apa kelebihan iPhone 5s dibandingkan smartphone lainnya?

Dilihat 290 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1


Apple merupakan vendor smartphone dan gadget canggih asal Amerika Serikat yang kerap merilis smartphone dan gadget yang berkualitas. Apple iPhone 5s merupakan generasi penerus dari Apple iPhone yang telah dirilis sebelumnya yaitu Apple iPhone 5. Apple iPhone 5s ini memiliki 3 versi yang membedakan harganya yaitu versi 16 GB,  versi 32 GB dan yang terakhir adalah versi 64 GB.


Menjawab kurang puasnya konsumen terhadap iPhone 5. Maka pihak apple kembali menyuguhkan produk baru yaitu berupa iPhone 5s. Perangkat ini datang dengan berbagai kelebihan  dibandingkan dengan iPhone generasi sebelumnya. iPhone 5s memiliki bodi alumunium seperti iPhone 5 dan juga pembaharuan fitur serta spesifikasi prosesor diatas kedua iPhone lainnya. Meskipun harga yang dibandrol cukup mahal namun pihak Apple yakin bahwa smartphone canggih ini akan banyak diminati konsumen di pasar global. Lalu apa sajakah kelebihan  dan kekurangan Apple iPhone 5s ini? Penasaran? Berikut ini adalah ulasan tentang kelebihan Apple iPhone 5s, yuk kita simak saja ulasan lengkapnya.


Kelebihan Apple iPhone 5S

Jika dilirik dari harganya yang tergolong sangat mahal tentunya Apple iPhone 5s ini selain dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni dan berkuliatas tinggi juga memiliki banyak kelebihan dan keunggulan.


  • Prosesor 64-bit


Prosesor yang digunakan pada hp iphone 5s  adalah iOS 7. Dengan iOS ini maka anda akan dapat menjalankan hp anda dengan lancar tanpa hambatan.  iPhone 5S disebut menjadi smartphone pertama di dunia yang dilengkapi prosesor  quad core graphics 64 bit dalam bentuk chip Apple A7 Apple mengklaim bahwa prosesor ini memiliki kinerja olah data dan grafis dua kali lebih cepat dan optimal dibandingkan  dengan Apple iPhone generasi sebelumnya yaitu Apple iPhone 5 yang masih menggunakan prosesor 32 Bit berbentuk Apple A6. Apple turut menyiapkan sistem operasi iOS 7 berikut aplikasi-aplikasi yang mampu memanfaatkan arsitektur 64-bit dari iPhone 5S. Sistem iOS yang digunakan dalam handphone ini juga  sangat bagus yaitu iOS tipe 7. Dengan iOS ini maka anda akan dapat menggunakan hp anda dengan lancar dan tanpa hambatan. Dengan dukungan sistem operasi iOS 7 serta beragam aplikasi-aplikasi menarik lainnya, membuat ponsel ini mampu menjalankan judul-judul software 32-bit yang didesain untuk pendahulunya. Meski desainnya masih persis dengan iPhone 5, iPhone 5S memiliki dalaman mesin yang sepenuhnya baru. iPhone 5S merupakan ponsel pertama yang memiliki prosesor arsitektur 64-bit, yang dinamai dengan Apple A7 dan dilengkapi dengan M7 co-prosesor yang khusus menangani fungsi motion. A7 disinyalir merupakan prosesor ARMv8 dual core yang disebut sebagai “Cyclone” berkecepatan 1.3 GHz


  • Prosesor pendamping untuk memantau sensor gerak.


Di samping prosesor utama A7, Apple juga turut membenamkan prosesor pendamping bernama M7. Tugasnya adalah secara khusus menangani input dari berbagai macam sensor di iPhone tersebut, termasuk accelerometer, gyroscope, dan kompas. Prosesoor pendamping ini mengurangi beban pemrosesan dari prosesor utama dan membuka kemungkinan pemanfaatan  aplikasi-aplikasi navigasi dan kesehatan, misalnya Nike+ Move.



Untuk  kamera bagian belakang, iphone 5s menggunakan resolusi 8 mega piksel sehingga hasil foto anda akan terlihat lebih jernih.  Unit kamera pada iPhone 5S memiliki sensor yang ukurannya 15 persen lebih besar dibandingkan pendahulunya. Sensor yang lebih besar ini turut memperbesar ukuran tiap-tiap fotodioda (pixel) yang pada gilirannya meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan. Konsep ini mirip dengan teknologi "Ultrapixel" dari HTC. Tetapi, Apple tidak memangkas ataupun meningkatkan resolusi kamera, tetapi tetap mempertahankan angkanya di 8 megapixel. Kelengkapan lain yang tak kalah menarik adalah lampu flash dengan dua warna yang secara otomatis mampu menyesuaikan keluaran white balance dari flash sehingga selaras dengan kondisi cahaya lingkungan. Selain itu, ada juga kemampuan merekam video slow-motion dengan frame rate 120 FPS pada resolusi 1280 x 720. Resolusi kamera depan yang dimiliki  iphone 5s juga cukup untuk melakukan video call dan skype atau sekadar berfoto selfie.  iPhone 5S punya fitur terbaru pada kamera depannya, iPhone 5S memiliki 1.75 µm pixel  yang artinya kamera “Facetime” iPhone 5S dapat menghasilkan foto yang lebih baik pada ruang gelap. Selain itu, kamera depan iPhone 5S memiliki aperture f/2.2 dengan dual LED flash yang disebut Apple dengan “trueTone flash.” Apple mengklaim TrueTone Flash ini akan menghasilkan cahaya yang lebih natural dibandingkan dengan flash biasa. Software kamera pada iPhone 5S juga sedikit berbeda,  mode “SLO-MO” yap, mode terbaru ini dapat menghasilkan video slow motion dengan motion yang sangat halus.


  • Sidik jari.


Kelebihan Apple iPhone 5s yang satu ini berkaitan dengan keamanan. iPhone 5S dilengkapi dengan fasilitas sensor pemindai sidik jari untuk membuka layar yang terkunci sehingga keamanan dari perangkat ini sangat terjamin. iPhone 5S mampu memanfaatkan sidik jari pengguna sebagai pengganti password untuk melakukan login, termasuk dalam membuka kunci lockscreen pada iPhone.  Layanan-layanan Apple seperti iTunes juga mendukung otentifikasi pengguna melalui pemindaian sidik jari. Sensor sidik jari pada iPhone 5S terintegrasi pada tombol "Home" di bagian muka. Kini tombol ini dibuat dari bahan safir yang anti-gores dan mampu memindai sidik jari pengguna dari berbagai arah.


  • Ukuran dan design 


Ukuran dan design yang cukup kecil dan ramping tentunya akan membuat pengguna semakin nyaman saat menggenggam atau menggunakan perangkat ini terlebih lagi perangkat ini tidak terlalu berat dan sangat elegan.


  • Memori 16 GB, 64 GB,

Memori internal yang digunakan juga beragam pilihannya dan anda dapat memilih sesuai kebutuhan anda. Tersedia pilihan kapasitas memori yang tentunya dengan kapasitas besar yaitu 16 GB, 32 GB dan 64 GB yang mampu menyimpan banyak file atau data selain itu juga masih di dukung dengan kapasitas RAM sebesar 1 GB


  • Beragam fitur yang menarik


Memiliki berbagai macam fitur yang menarik dan lengkap seperti GPS, Wifi Hotspot, Bluetooth versi 4, TV Out, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Tersedia jaringan yang mendukung 4G LTE yang dapat mengoptimalkan dan membuat akses atau koneksi internet lebih cepat, pada aplikasi yang menggunakan akses internet jarinagan 4G LTE ini sangat mendukung sekali sehingga pengguna tidak perlu mengkhawatirkan lambatannya koneksi saat membuka aplikasi favorit


Kekurangan iPhone 5s


Selain kelebihan Apple iPhone 5s yang telah disebutkan di atas, namun iPhone 5s juga masih memiliki beberapa kekerangan yang diharaphan dapat diperbaiki di masa mendatang.


  • Harga yang relatif mahal. 

iPhone 5s mempunyai sasaran kelas menegah ke atas atau hp ini memang ditujukan bagi orang-orang yang premium,  Melihat harga yang relatif mahal sudah bisa dipastikan bahwa Apple iPhone ini ditujukan bagi kalangan menengah keatas terutama bagi para pecinta smartphone dan gadget premium. 


  • Layar 4 inci tipe LED dan multitouch

Di saat kompetitor sedang berlomba-lomba untuk menghadirkan ponsel pintar dengan bentang layar sebesar mungkin, Apple tidak bergeming dengan ukuran yang ada sekarang. Ukuran layar iPhone 5S tidak berubah dari iPhone 5S, yaitu sama-sama 4 inci. Ukuran tersebut hanya setengah inci lebih besar dibandingkan iPhone 4S. Layar yang digunakan masih kecil yaitu hanya 4 inci. sehingga hal ini akan membuat anda merasa kurang nyaman dalam melihat layar hp anda. Namun karena tampilan layar yang bagus maka hal ini akan sedikit teratasi. Seperti dikatakan sebelumnya, ketiga ponsel ini memiliki luas layar yang sama bahkan spesifikasinya juga sama persis yaitu: layar 4-inci multi-touch; IPS LED-backlit; resolusi 1136×640; kerapatan 326 ppi; retina display.


  • Prosesor yang lebih cepat

Ya, dengan prosesor yang lebih cepat tentunya akan membuat iPhone 5s lebih bertenaga. Namun, hal tersebut ternyata hanya berperan besar agar aplikasi dan game berjalan lebih mulus. Bagaimana dengan operasional perangkat lainnya? Sayangnya, untuk sebagian besar kegiatan operasional perangkat, prosesor tidak berperan banyak. Selain itu, karena tenaga perangkat yang semakin besar dan berlipat gandanya transistor di prosesor, tentunya akan mengonsumsi daya baterai yang lebih besar.


  • Tidak ada peningkatan daya tahan baterai

Mungkin, sebagian besar orang tidak butuh prosesor yang lebih cepat, asalkan kegiatan operasional sehari-hari sudah terpenuhi. Yang banyak dibutuhkan oleh konsumen saat ini adalah kapasitas baterai yang lebih besar. Sayangnya, hal tersebut tidak diakomodir Apple di iPhone terbarunya. Baterai bersifat non-removable dengan kapasitas sama dengan tipe sebelumnya. Ponsel ini akan memberikan ketahan baterai 10 jam untuk mendegarkan audio nonstop, 10 jam untuk video dan 10 jam koneksi Wi-Fi.  iPhone  5S mensupport iOS 7 keatas tanpa mendukung versi iOS 6.


  • Tidak ada model dengan kapasitas yang lebih besar

iPhone 5s saat ini hanya hadir dalam kapasitas 16, 32, dan 64 GB. Sayangnya, ia tidak dipersenjatai dengan kapasitas yang lebih besar dari itu, seperti 128 GB. Saat ini, banyak pengguna yang menyimpan musik, foto, dan berbagai dokumen lainnya di perangkat ponsel pintar. Sangat dibutuhkan perangkat yang memiliki kapasitas yang besar. Padahal, sudah banyak ponsel berbasis Android yang telah dilengkapi dengan dukungan terhadap kartu microSD berkapasitas hingga 64 GB.


  • Tidak terlalu banyak inovasi baru

Fitur pemindai sidik jari di iPhone 5s memang mendapatkan perhatian yang besar dari konsumen. Hal tersebut terjadi karena ini merupakan inovasi yang dianggap baik. Sayangnya, inovasi tersebut hanya datang dari sisi fitur tersebut saja. Belum ada inovasi lain yang benar-benar membuat para konsumen merasa kagum, seperti pada saat iPhone untuk pertama kalinya diluncurkan.


  • Kamera depan masih menggunakan resolusi 1.2 MP.

  • Untuk kapasitas RAM  iPhone 5 maupun iPhone 5s  masih sama yakni 1 GB

Itulah informasi mengenai apa saja keunggulan dan kelemahan iphone 5s, yang merupakan generasi penerus dari  iPhone 5. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi yang berminat untuk membeli smartphone Apple iPhone 5s atau juga dapat menjadi referensi dan bahan pertimbangan untuk memilih smartphone yang berkualitas.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang