Apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan rambut rontok?

Dilihat 658 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak ada jaminan bahwa anda dapat mencegah kerontokan rambut yang terprogram secara genetis atau kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor yang tidak dalam kontrol anda. Namun,  anda dapat melakukan yang terbaik dengan rambut anda pada semua tahapan untuk memberikan kesempatan terbesar untuk tetap dalam kondisi baik dan tidak meninggalkan kepala anda lebih cepat dari yang dibutuhkan. Ada sejumlah hal yang dapat anda lakukan untuk merawat rambut anda: 


  • Jangan memperlakukan rambut anda terlalu sering,  prosedur pemanasan dan pengeringan secara terus menerus. Panas melemahkan protein rambut,  tidak peduli alat tersebut menjanjikan kelembutan dan kilauan,  dan pemanasan dan pengeringan konstan dapat menyebabkan kerapuhan dan kerapuhan yang menyebabkan rambut rontok yang tidak akan terjadi sebaliknya. Meminimalkan penggunaan pengering rambut,  pengeriting panas,  sikat panas,  pelurus rambut,  pengencang rambut,  dan perawatan kimia dan rambut anda akan bertahan lebih lama. Dan mengamati di mana anda meletakkan alat yang dipanaskan tersebut,  membakar kulit kepala secara permanen dapat merusak folikel rambut! Pada akhirnya,  pengeringan alami adalah yang terbaik bagi anda,  sehingga disarankan untuk mengeringkan secara alami daripada mengeringkan dengan pemanas. 
  • Memperlambat pencelupan. Jangan pernah mewarnai rambut anda lebih sering dari 6 sampai 8 minggu dan mencoba untuk mencelupkan sebagian dari pada seluruhnya. Ketika rambut berubah menjadi abu-abu,  itu jauh lebih baik untuk rambut anda dengan membiarkannya berubah menjadi abu-abu daripada mengecatnya. Meskipun ada banyak komentar yang bermaksud baik tentang jangan terlihat lebih tua dari umur anda,   "kecatikan sebelum kesehatan" kata-kata ini artinya nilai yang dimiliki rambut anda seluruhnya!
  • Cucilah rambut secara teratur dengan sampo ringan dan yang membuat rambut anda lembut. Mencuci rambut dapat membentuk bagian dari rambut mencegah kerontokan rambut karena dapat menjaga rambut dan kulit kepala bersih (mencegah kemungkinan infeksi, dll. Yang mungkin menyebabkan rambut rontok),  dan melengkapi anda menggunakan sampo ringan,  rambut bersih akan memberikan kesan lebih berisi daripada rambut kotor,  yang cenderung duduk datar dan terpisah dari pada rambut bersih. 
  • Hindari menyisir rambut basah. Ini akan mengunci lepas banyak rambut yang masih bisa tumbuh! Jika anda harus menyisir rambut basah,  gunakan sisir bergigi yang sangat lebar. 
  • Hindari juga menyisir rambut terlalu sering karena melakukan hal itu dapat melukai rambut dan meningkatkan kerontokan. Gunakan jari anda untuk menyisir untuk menghilangkan kusut,  tidak menggunakan sisir atau sikat. Hindari menggosok rambut patah dengan penuh semangat dengan handuk setelah mencucinya. Hal ini juga dapat menyebabkan rambut patah. Tepuk kering lembut sebagai gantinya. Sampo yang meningkatkan protein dan kondisioner adalah matanya trik,  bukan solusi untuk rambut. Mereka membuat rambut halus dan tebal sementara karena mereka mengisi kesenjangan pada batang rambut. Namun mereka tidak memperbaiki rambut rusak,  sehingga yang akan jatuh kerluar dari perawatan yang buruk atau alasan lain,  rambut masih akan rontok. Sampo juga tidak meningkatkan jumlah rambut. Ketika rambut anda kering,  gunakan sikat berbulu lembut untuk menyikatnya. 
  • Memakan makanan sebagai pelurus rambut yang baik: Ini merupakan mineral penting,  dikenal sebagai sumber besi heme dalam sumber makanan hewani dan besi non-heme dari sumber tumbuhan. Sumber zat besi dalam pola makan anda meliputi: hati,  daging sapi,  babi,  ikan,  sayuran hijau,  sereal yang diperkaya,  kacang-kacangan dan biji labu. Wanita vegetarian mungkin mengalami kekurangan zat besi yang cukup lebih dari orang-orang. Protein sangat penting untuk rambut yang kuat,  tapi itu berasal dari pola makan,  bukan dari sampo,  itu yang penting! kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok dan protein yang cukup padat membantu untuk menyediakan asam amino yang memperkuat rambut. Sumber protein yang baik meliputi: Makanan laut,  daging unggas putih,  susu,  keju,  yogurth,  telur,  kacang,  daging babi terderloin,  kedelai,  daging sapi tanpa lemak dan protein bar. Vegetarian,  para konsumen anti susu,  dan lain-lain bisa mendapatkan protein non-hewani yang baik dari tempe,  tahu,  roti gandum,  selai kacang,  beras merah,  kacang merah,  quinoa,  kacang-kacangan,  brokoli,  kentang,  dll. 
  • Vitamin C: makanan vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi yang baik. Cobalah untuk menggabungkan sumber vitamin pada saat yang sama. Sumber vitamin C yang baik antara lain: Buah jeruk,  sayuran berdaun hijau,  salad,  ketang panggang,  tomat,  dll.
  • Asam lemak omega 3: lemak ini menjaga rambut sehat dan memiliki peran dalam mencegah rambut dari menjadi kering dan rapuh. Sumber yang baik termasuk: tuna,  salmon,  makarel,  biji jerami,  dan kenari. 
  • Biotin: Ini adalah vitamin B yang penting untuk kesehatan rambut. Sumber yang baik dari biotin meliputi: ragi,  bulgur gandum,  kacang merah,  biji bunga matahari,  kedelai,  dan kenari.
  • Zinc: Zinc penting untuk makanan rambut juga. Sumber yang termasuk: tiram,  daging sapi tanpa lemak,  kalkun,  dan biji labu. 
  • Mengatasi stres

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang