Apa langkah-langkah yang dikerjakan oleh jasa pedikur profesional?

Dilihat 2,03 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Kuku yang berada di sekitar kaki umumnya akan jauh lebih mudah rusak dibandingkan dengan kuku tangan. Hal ini dikarenakan kuku kaki seringkali diabaikan perawatan dan penjagaannya karena berada jauh dari jangkauan. . Oleh karena itulah, kuku kaki lebih rawan kerusakan dibandingkan dengan kuku tangan anda. Biasanya orang hanya cukup menggunting dan merapikan kuku kaki tanpa melakukan perawatan terhadap kesehatan kuku. Padahal kuku sangat perlu diperhatikan agar tidak mudah rapuh 

Sebenarnya bukan hanya tangan saja yang perlu mendapatkan perawatan manikur, jari-jemari kaki pun wajib pedikur. Mungkin beberapa dari anda masih asing dengan istilah pedikur. Nah, pedikur adalah perawatan pada kaki, terutama pada bagian kukunya. Pedikur adalah perawatan kaki dan cara merawat kuku kaki agar tampak lebih indah dan sehat. Pedikur bertujuan juga untuk menghilangkan bau kaki, tumit pecah-pecah dan kapalan dan juga dapat membantu mencegah penyakit kuku dan masalah pada kaki. Nantinya kuku kaki akan dibersihkan begitupun dengan sela-sela pada jari kaki, dan juga akan diberikan lotion khusus yang bisa melembutkan kaki. Selain itu pedikur juga memiliki efek untuk menghilangkan rasa penat akibat berkerja seharian. 

Untuk mendapatkan perawatan pedikur, anda bisa mengunjungi Nail Spa (Manikur dan Pedikur Spa). Pilihlah jasa pedikur profesional sehingga anda akan mendapatkan layanan profesional juga. Tidak berbeda dengan spa untuk perawatan tubuh, selain untuk merawat kesehatan, kebersihan dan kecantikan, jasa pedikur profesional mampu membuat kaki dan tangan menjadi rileks. Jadi bagaimana sebenarnya proses pedikur atau cara merawat kuku ini berlangsung? Penasaran kan? Yuk, baca terus uraiannya di bawah ini sampai habis ya! 


Langkah-langkah Pedikur Profesional

Pada umumnya pedikur profesional langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Merendam kaki di air hangat yang dicampur sabun  dalam whirpool mini khusus kaki (biasanya menggunakan water jet untuk efek pijatan)
  2. Telapak kaki dan kutikula jari yang tebal karena kapalan dan kulit pecah-pecah diampelas dengan mesin ampelas khusus.
  3. Membersihkan cat kuku dengan kapas yang diberi aseton 
  4. Membentuk kuku dengan gunting kuku dan/atau mengikir kuku sesuai dengan keinginan customer.
  5. Kuku diberi lapisan pelembut (soften up) untuk melembutkan kutikula sehingga mudah untuk dibersihkan. Kemudian kutikula yang keluar dan menutupi kuku didorong dengan menggunakan stick, hingga semua kutikula bisa dibersihkan dengan baik.
  6. Mengkilapkankan kuku kaki
  7. Membersihkan/pengelupasan kotoran dan sel kulit mati dengan cara di scrubbing (dengan menggunakan scrub) hingga sebatas lutut, kemudian membilasnya sampai bersih dengan menggunakan handuk hangat.
  8. Memijat /mengoleskan lotion pada kaki hingga batas lutut
  9. Membungkus kaki dengan handuk hangat
  10. Kaki dibersihkankan kembali dan memastikan kulit kaki dalam keadaan bersih  
  11. Mengaplikasikan hand body lotion pada kedua kaki 
  12. Tahap berikutnya kecantikan kuku kaki. Sebelum diberi pewarna kuku (nail polish), kuku dioleskan lapisan dasar (base coat) baru kemudian tahap akhir diberi nail polish. Costumer bisa memilih warna yang akan digunakan untuk melapisi kukunya agar terlihat lebih cantik.
  13. Disarankan memakai sandal sewaktu pulang ke rumah 

Beberapa jasa pedikur profesional, setelah melakukan langkah no.7, ada juga yang meneruskannya dengan mencelupkan kaki ke dalam cairan parafin yang merupakan lilin aromatherapy yang dicairkan.Cairan parafin ini mengandung ekstrak lavender yang mampu mengobati luka-luka kecil pada kaki dan memperlancar peredaran darah.


   

Pada beberapa negara Eropa,  jasa spa pedikur menyediakan layanan yang disebut Medical Pedicure (pedikur medis). Hal ini sangat luar biasa. Pada dasarnya langkah-langkahnya hampir sama, namun menggunakan alat pedikur yang lebih canggih lagi. Berikut langkah-langkahnya antara lain:

  • Membersihkan cat kuku dengan kapas yang diberi aseton
  • Membentuk kuku dengan gunting kuku dan/atau mengikir kuku sesuai dengan keinginan customer.
  • Menghaluskan/menghilangkan bagian kaki yang kapalan (dengan menggunakan perangkat mirip pisau bedah)
  • Mengkilapkankan kuku kaki dengan sebuah mesin yaitu alat seperti penyemprot air (spray water)
  • Kuku diberi lapisan pelembut (soften up) untuk melembutkan kutikula sehingga mudah untuk dibersihkan. Kemudian kutikula yang keluar dan menutupi kuku didorong dengan menggunakan perangkat baja yang terlihat seperti pencungkil milik dokter gigi
  • Menghaluskan kaki dan mengkilapkan kuku sampai beberapa kali
  • Memijat /mengoleskan lotion pelembab 
  • Langkah selanjutnya pemolesan kuku (kecantikan kuku), tetapi langkah ini sebenarnya opsional.

         

Demikianlah informasi mengenai perawatan kuku kaki agar terlihat lebih indah dan sehat. Intinya, selalu jaga kebersihan kuku kaki karena bagian ini rentan terkena kotoran yang bisa saja mengandung kuman dan bakteri atau bahkan jamur. Semoga langkah-langkah tersebut bisa memberikan informasi yang bermanfaat dalam cara merawat kuku kaki anda. Nah carilah waktu luang dan segeralah melakukan perawatan pedikur untuk kaki anda sebagai hadiah karena telah bekerja seharian! Jangan lupa juga baca artikel tentang perawatan kuku kaki lainnya ya, yaitu : Mengapa banyak orang melakukan pedikur? dan Bagaimana kita mengetahui bahwa sudah waktunya melakukan pedikur?

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang