Apa yang dimaksu dengan penyakit Alzheime? Apa saja tahapan dan gejala dari penyakit Alzheimer?

Dilihat 2,78 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Penyakit Alzheimer merupakan bentuk yang paling umum dari dementia, sebuah gangguan otak yang serius yang mempengaruhi kehidupan sehari - hari karena hilangnya daya ingat dan perubahan perilaku kognitif. Meskipun tidak semua kehilangan ingatan merupakan indikasi dari penyakit Alzheimer, satu dari sepuluh orang yang berusia di atas 65 tahun dan lebih dari setengah orang yang berusia 85 tahun terkena penyakti Alzheimer.


Stadium dari penyakit Alzheimer:

  1. Penyakit Alzheimer ringan (stadium awal). Pada stadium awal penyakit Alzheimer, seseorang masih dapat melakuakn segala sesuatunya sendiri DIa masih dapat menyetir, bekerja, mengambil bagian pada aktifitas sosial. Terlepas dari itu, orang tersebut akan mengalami gangguan daya ingat, misalnya lupa akan kata - kata yang lazim digunakan, atau lokasi yang biasa dituju sehari - hari. Teman, keluarga atau tentangga akan mulai menyadari kesulitannya. Pada wawancara medis yang rinci, dokter mungkin dapat mendeteksi masalah pada daya ingat dan konsentrasi.
    Masalah yang biasa dihadapi antara lain:
    - Sulit untuk mengatakan kata - kata atau nama dengan benar.
    - Kesulitan dalam mengingat nama ketika dikenalkan keapda orang baru.
    - Mengalami kesulitan dalam melakukan tugas di tempat umum atau tempat kerja.
    - Gampang lupa sesuatu yang baru saja dibaca
    - Kehilangan atau salah meletakkan barang berharga
    - Kesulitan dalam melakukan perencanaan dan pengaturan.
  2. Penyakit Alzheimer menengah (stadium menengah). Penyakit Alzheimer menengah merupakan stadium yang paling lama dan dapat terjadi selama bertahun - tahun. Seiring dengan semakin bertambah parahnya penyakit, pasien akan membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Kamu mungkin akan melihat bahwa orang dengan penyakit Alzheimer akan kebingungan dengan kata - kata, menjadi marah dan frustrasi atau bersikap secara tidak wajar, seperti menolak untuk mandi. Kerusaha yang terjadi pada saraf otak dapat membuat pengekspresian pemikiran dan melakukan tugas - tugas rutin menjadi hal yang sulit. Pada titik ini, gejala - gejala akan lebih terlihat, di antaranya adalah:
    - Lupa tentang kejadian yang berhubungan dengan riwayat pribadi diri sendiri
    - Suasana hati gampang berubah, menarik diri, terutama pada situasi yang menantang secara mental dan sosial.
    - Kesulitan mengigat alamat, nomor telepon, sekolah atau kampusnya sendiri.
    - Kebingungan mengenai dimana mereka sedang berada dan hari apa saat itu.
    - Membutuhkan bantuan untuk memilih pakaian yang sesuai untuk kondisi atau acara tertentu.
    - Kesulitan dalam mengendalikan buang air pada beberapa individu.
    - Perubahan pada pola tidur, seperti tidur di siang hari dan gelisah di malam hari
    - Meningkatnya resiko bepergian dan tersesat.
    - Perubahan karakter dan tingkat laku, termasuk menjadi lebih mudah curiga, berdelusi, atau kompulsif.
  3. Penyakit Alzheimer parah (stadium akhir). Pada stadium akhir, individu akan kehilangan kemampuan untuk merespon lingkungannya, melakukan pembicaraan, dan pada akhirnya kehilangan kemampuan untuk mengendalikan gerakan. Merek mungkin masih bisa mengatakan kata - kata atau kalimat, tapi berkomunikasi menjadi sangat sulit sekali. Karena daya ingat dan ketrampilan kognitif menjadi lebih buruk. Pada stadium ini, pasien Alzheimer akan:
    - Membutuhkan penanganan setiap saat
    - Tidak menyadari mengenai hal - hal yang mereka alamia atau yang terjadi di sekitar mereka. 
    - Membutuhkan bantuan besar dalam melakukan aktifitas sehari - hari.
    - Mengalami perubahan dalam kemampuan fisik, termasuk kemampuan untuk berjalan, duduk, dan pada akhirnya, menelan,
    - Menjadi sangat sulit untuk berkomunikasi.
    - Menjadi lebih rentan terhadap infeksi, terutama pneumonia.
Gejala dari penyakit Alzheimer antara lain:


  • Kehilangan Pemikiran Abstrak - Seseorang yang mengidap penyakit Alzheimer mungkin akan kehilangan kemampuan untuk mengambil kesimpulan dan memecahkan masalah. Misalnya, akan sulit untuk menyeimbangkan buku cek karena pasien Alzheimer sudah lupa bagaimana cara menghitung.
  • Disorientasi - Pasien penyakit Alzheimer dapat tersebut di jalan dimana mereka tinggal, lupa dimana mereka berada dan bagaimana mereka bisa sampai di sana dan tidak tahu bagaimana caranya pulang ke rumah.
  • Berkurangnya Inisiatif - Sseorang yang mengidap penyakit Alzheimer dapat menjadi pasif dan tidak termotivasi, duduk di depan televisi selama berjam - jam, tidur lebih banyak dibanding biasanya dan tidak melakukan aktifitas - aktifitas yang biasa dia lakukan.
  • Masalah Dengan Bahasa - Pasien Alzheimer seringkali melupakan kta - kata yang sederhana atau mengganti kata - kata dengan kata - kata yang tidak tepat. Seorang pasien penyakit Alzheimer yang tidak dapat menemukan sikat giginya mungkin akan menanyakan, "sesuatu untuk mulutku".
  • Salah meletakkan barang - barang - Kita semua bisa lupa meletakkan dompet atau kunsi dari waktu ke waktu, tapi pasien panyakit Alzheimer akan meletakkan barang di tempat yang tidak biasa, misalnya meletakkan besi di dalam lemari pendingin atau jam tangan di dalam mangkuk gula.
  • Perubahan suasana hati - Suasana hati yang berubah dengan cepat - Dari tenang menjadi sedih lalu marah - tanpa alasan yang jelas.
  • Perubahan karakter - Karakter seseorang cenderung berubah seiring dengan bertambahnya usia, tapi pasien yang mengidap penyakit Alzheimer mengalami perubahan karakter yang sangat besar, menjadi gampang bingung, curigam ketakutan, dan bergantung pada anggota keluarga.
  • Kesulitan Dalam Mempertimbangkan Sesuatu - Seorang pasien Alzheimer mungkin mengenakan busana tanpa mempertimbangkan cuaca saat itu, mengenakan beberapa kaos pada hari yang panas atau pakaian yang sangat tipis pada cuaca yang dingin. Yang lain mungkin akan memberikan sejumlah besar uang kepada telemarketer atau membayar perbaiakn rumah atau produk yang tidak mereka butuhkan.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang