Apa yang dimaksud dengan "berlayarlah mendekati arah mata angin"?

Dilihat 372 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ungkapan tersebut memiliki arti yang sebenarnya dan arti kiasan. Kapal layar tidak dapat berlayar secara langsung ke arah mata angin. Perahu layar modern dapat berlayar pada 45 derajat ke arah mata angin (sedikit lebih rendah untuk kapal dengan performa tinggi). Bahkan terdapat kapal yang tidak dapat melakukannya sama sekali dan hanya dapat berlayar 70 -80 derajat ke arah mata angin.

Jika anda berlayar mendekati arah mata angin dari yang sebenarnya dapat dilakukan, layar akan terkepak-kepak, anda akan melambat, berhenti dan pada akhirnya kapal akan mundur. Jadi pada arti yang sebenarnya, dikatakan bahwa berlayarlah sedekat mungkin dengan arah mata angin.

Jika anda melakukan pencarian untuk kata "sailing close-hauled", anda akan menemukan penjelasan yang lebih lengkap beserta diagram - diagram. 

Secara kiasan, artinya adalah berada sangat dekat dengan situasi yang berbahaya. Hal tersebut mungkin berhubungan dengan melakukan sesuatu pada area abu - abu, atau melakukan sesuatu yang menjengkelkan atasan anda. Intinya adalah, jika anda melakukan suatu kesalahan, anda akan mendapati diri anda berada pada situasi yang sulit.

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang