Apa yang dimaksud dengan darah tinggi dan bagaimana cara mengobatinya?

Dilihat 349 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ada dua cara seseorang dapat terkena darah tinggi, yang pertama adalah ketika semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung dan yang kedua ketika pembuluh darah mengalami penyempitan. Jadi, kepadatan dari pembuluh arteri dan pembuluh vena serta jumlah darah yang dialirkan menentukan tekanan darahmu. Hal inilah yang membuth darah tinggi banyak terjadi di Amerika.


Ketika banyak penumpukan di dalam pembuluh darah, pembuluh darah akan mengalami penyempitan. Hal ini menyebabkan jantung harus memompa darah lebih kuat.Selain itu, terdapat berbagai macam kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, misalnya sleep apnea, masalah pada ginjal, tumor pada kelenjar adrenal, masalah pada kelenjar gondok, cacat pada pembuluh darah yang terjadi sejak lahir, efek samping dari obat - obatan seperti pil kb, obat pilek, obat pereda rasa sakit serta obat- obatan terlarang, dan penyalahgunaan alkohol.


Mengenai pengobatannya, berat badan harus dikontrol melalui pola makan sehat. Tapi jika tidak terkontrol, mungkin operasi bypass jantung dan pemasangan ring jantung perlu dilakukan. 


Ada beberapa macam obat yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, seperti :

  • Obat diuretik: biasanya disebut dengan pil air, merupakan obat - obatan yang membantu ginjal mengeluarkan sodium dan air untuk mengurangi jumlah darah dalam tubuh.
  • Beta Blocker:Obat ini mengurangi beban pada jantung dan melebarkan pembuluh darah yang menyebabkan jantung memompa darah lebih pelan dengan tekanan yang lebih rendah.
Kedua obat tersebut membantu menenangkan pembuluh darah dengan menghalangi terbentuknya zat - zat kimia yang dalam mempersempit pembuluh darah yang biasanya digunakan pada pasien yang megalami masalah pada ginjal. Masih ada obat - obat lain yang dapat digunakan untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, tapi kedua obat tersebut adalah yang paling umum digunakan. 

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang