Apa yang dimaksud dengan hipertensi?

Dilihat 9,76 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah? Ketika jantung berdenyut, jantung memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengantarkan oksigen dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika darah bergerah, darah didorong melalui pembuluh darah dan tekanan ini disebut tekanan darah. Jika darah yang dipompa oleh jantung berjumlah banyak dan pembuluh darah sempit, maka tekanan darahmu akan naik yang disebut dengan hipertensi.


Gejala dari hipertensi. Orang - orang yang terkenan hipertensi mungkin akan merasa sakit kepala, mimisan, dan sesak napas. Beberapa gejala lainnya yaitu lesu, sakit pada dada, kesulitan bernapas, pusing, sering kencing, jantung berdebar - debar, ketegangan saraf. Gejala - gejala ini hanya akan terasa ketika tekanan darah naik sangat tinggi mencapai batas yang berbahaya.


Pengobatan alami untuk hipertensi. 


Triphala. Triphala merupakan salah satu obat herbal yang diguanakn pada Ayurveda. Bagi kamu yang tidak tahu mengenai Ayurveda, Ayuverda merupakan sistem pengobatan holistik yang tertua di dunia yang berasal dari India. Terapi Ayurveda dapat mengobati bermacam penyakit dan hipertensi merupakan salah satunya. 


Triphala terdiri dari tiga tanaman, haritaki  (Terminalia chebula), bibhitaki (Terminalia bellica), dan Amla (Emblica officinalis), yang awalnya dikeringkan lalu dihaluskan menjadi bubuk. Berdasarkan Ayuverda, Triphala memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Triphala dapat menurunkan tekanan darah, memperbaiki pencernaa, meremajakan tubuh, mengurangi kolesterol, dan yang paling penting mengurangi penyempitan pembuluh nadi (penumpukan lemak di bagian dalam pembuluh darah) di arteri.

Berikut adalah langkah - langkah pengobatan dengan Triphala:

  1. Beli Triphala di toko obat herbal yang ada di wilayahmu.
  2. Konsumsi 5 gram bubuk Triphala dengan segelas air setiap malam sebelum tidur.
  3. Jangan makan apa pun dalam waktu 1 jam setelah mengkonsumsi Triphala. Hindari puasa dan makanan yang asin dan pedas ketika melakukan pengobatan.

Bagaimana cara kerjanya? Triphala mengandung Vitamin C dan antioksidan serta asam linoleat dan fosfolipid, yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Triphala dapat menguatkan pembuluh kapiler dan kardiotonik dan memperbaiki sirkulasi darah serta meningkatkan fungsi adrenergik yang membantu tubuh untuk melepaskan stress (penyebab utama dari hipertensi). Selain itu, Triphala memiliki efek anti-gemuk dan anti radang yang dapat mengurangi edema. Dengan mengurangi edema, tekanan pada dinding pembuluh darah akan semakin rendah yang akan mengurangi tekanan darahmu. 


Kamu harus menghindari Triphala dalam kondisi berikut :

  • Perut dan ususmu sedang tidak enak
  • Kamu memiliki masalah dengan gas dan asam
  • Kamu sedang diare
  • Kamu sedang hamil atau menyusui

Daun  moringa. Berdasarkan Ayuverda, daun moringa dapat mengobati sampai 300 penyakit (salah satunya hipertensi). Daun ini memiliki sekitar 46 antioksidan dan 90 nutrisi penting yang dapat melawan masalah yang berhubugan tulang, mata, saraf, jantung. Berikut cara mengkonsumsinya.


Cara 1

  1. Cuci daun moringahingga bersih dan masak dalam air mendidih selama 5 sampai 8 menit.
  2. Saring airnya dan minum selagi hangat.

Cara 2

  1. Tuang satu sdt minyak ke dalam wajan
  2. Setelah minyak panas, masukan ½ sdt biji mustard, 1 cabai kering, ½ sdt lentil hitam. Masak sampai matang.
  3. Masukan satu cangking bawang bombang cincang. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Masukkan daun kari ke dalamnya.
  4. Cuci daun moringahingga bersih dan masukan ke dalam wajan.
  5. Masak sampai mengering
  6. Masukan satu sdm kelapa parut
  7. Makan dengan nasih merah untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Cara 3

  1. Bersihkan 1 ons daun moringa.
  2. Campur dengan 1 sdt bawang putih halus
  3. Minum setiap pagi dalam keadaan perut kosong. Jangan konsumsi apapun 30 menit setelahnya.
Bagaimana cara kerjanya? Daun moringa sangat efektif dalam mengatasi tekanan darah tinggi ketika dikonsumsi di pagi hari ketika perut kosong. Selain itu, mengunyah daun ini juga terbukti sangat bermanfaat bagi pasien prehipertensi. Daun moringa kaya akan zat besi, antioksidan magnesium,riboflavin dan dvitamin C. Selain dari banyaknya mineral dan nutrisi yang terkandung dalam daun ini, daun moringa juga mengandung antioksidan yang disebut Quercetin yang sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah.


Hindari mengkonsumsi danu moringa dalam kondisi berikut :

  1. Kondisi hamil atau menyusui
  2. Jangan mengkonsumsi akarnya karena mengandung alkaloid yang disebut spirochin yang beracun dan dapat menyebabkan lumpuh bahkan kematian.
  3. Kamu sedang mulas
  4. Mengunyah daun moringan mentah - mentah dapat memperparah hipertensi. Sebaiknya kamu memasaknya sebelum memakannya.
  5. Kalau kamu mengkonsumsi obat pengencer darah.
  6. Gusimu sedang berdarah


Pisang. Apa kamu tahu bahwa mengkonsumsi dua pisang stiap hari dapat menurunkan tekanan darah hingga 10%? Pisang kaya akan potasium yang dapat membantu mengatasi hipertensi. Mengkonsumsi 5 pisang dalam sehari dapat membantu mengurangi tekanan darah sampai setengah yang dapat dilakukan obat - obatan. 


Bagaimana cara kerjanya? Pisang sangat efektif dalam mengendalikan tekanan darah. Pisang kaya akan potasium yang dapat mengurangi efek dari sodium. Jadi makanlah banana paling tidak sekali sehari. Selain itu, mengkonsumsi kismis kering, aprikot, kismis, timun jepang, melon, bayam, dan ubi panggang juga dapat membantu meredakan hipertensi. 


Hindari pisang jika kamu diabetes karena dapat mempengaruhi tingkat gula darah. Kamu juga harus menghindari pisang jika kamu memiliki riwayat iritasi usus besar, sedang diare, kembung, dan sakit perut.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang