Apa yang dimaksud dengan kejawen? Seberapa besar pengaruhnya di pulau Jawa / Indonesia?

Dilihat 222 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Kejawen adalah gerakan spiritual yang didasarkan pada filosofi Jawa kuno. Kejawen bukan merupakan agama, melainkan lebih ke budaya dan cara hidup yang dapat dilakukan oleh penganut agama manapun. Hal yang berbeda dari Kejawen jika dibandingkan dengan budaya - budaya lainnya adalah penggunaan bahasa Jawa kuno. atau bahasa Kawi sebagai media pengajaran. Media pengajarannya lebih banyak dilakukan secara lisan dan disebarkan secara lokal. 


Sultan Agung dari Mataran merupakan salah seorang raja yang menjaga kelestarian dan menggabungkan filosofi Kejawen dengan ajaran Islam. Tapi Kejawen juga digabungkan dengan ajaran Hindu dan Katolik. Ajaran dasar dari Kejawen adalah berserah sepenuhnya kepada Tuhan yang merupakan sumber dari segala hal (Sangkan parani dumadi) dan hidup secara harmonis dengan seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini (Memayu hayuning bawono).


Turunan dari kedua pelajaran tersebut dapat digabungkan dengan ajaran moral serta ajaran agama manapun. Orang Jawa suka berpuasa sebagai suatu langkah untuk bertapa (Laku pasa) dan bertapa untuk menumbuhkan kesadaran diri (Laku tapa). Jika para peneliti, ahli antropolog ataupun ahli kebudayaan ingin mengetahui lebh  banyak mengenai Kejawan dari sudut pandang akademis, mereka dapat mengakses makalah dan jurnal yang dibuat oleh Prof. Damardjati Supadjar dari Universitas Gajah Mada.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang