Apa yang dimaksud dengan latihan anaerobik? Apakah latihan itu lebih baik daari latihan senam? Bagaimana seorang remaja bisa melakukannya?

Dilihat 1,22 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Latihan anaerobik merupakan latihan yang "tidak membutuhkan oksigen". Dengan kara lain, tubuhnmu bergantung pada ketersediaan energy yang ada saay itu, energi yang dapat segera digunakan dari simpanan karbohidrat dan energy yang terikan ke creatine. Sumber - sumber tersebut hanya tersedia selama beberapa menit.


Proses yang sama yang menurunkan simpanan karbohidrat untuk energi dapat berdampak pada penggunaan oksigen yang lebih efisien. Hal itu berarti, kalau kamu berolahraga dengan sangat keras selema lebih dari beberapa menit, tubuhmu akan mengubahnya menjadi latihan senam yang membutuhkan oksigen.


Tidak ada yang lebih baik diantara latihan senam dan latihan anaerobik, tapi secara umum latihan anaerobik merupakan latihan kekuatan dan latihan senam secara umum merupakan aktivitas kardiovaskular seperti berlari. Tujuan dari masing - masing latihan tersebut adalah untuk kekuatan atau membentuk otot dan mengurangi lemak/berat badan.


Jadi, kalau kamu ingin menambah berat badan membentuk otot, kamu harus mengangkat beban yang berat dan membatasi satu set menjadi selama beberapa menit. Tapi kalau kamu ingin menurunkan berat badan, kamu harus melakuan aktivitas tanpa beban, atau gunakan beban yang ringan saja dalam waktu yang lama. 


Sebagai seorang remaja, kamu bisa mulai melakukan latihan berat badan seperti push up, pull up, prisoner squat, dan variasi dari ketiganya. Ketika kamu bisa melakukannya dengan mudah, kamu bisa mulai menggunakan beban, tapi sebaiknya kamu menggunakan beban yang sesuai dan tidak terlalu berat.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang