Apa yang dimaksud dengan pergantian antigent atau pelepasan antigen dalam virus influenza / sakit flu ?

Dilihat 1,25 rb • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sama seperti virus - virus lainnya, flu memiliki bagian dari proteinnya yang dikenali dan diserang oleh sistem kekebalan tubuh. Ini disebut antigen. Sebagai virus RNA, flu memiliki kecepatan mutasi yang tinggi, dan terkadang mutasi terjadi di dalam area antigenik dari protein. Inilah yang disebut pelepasan antigenik. Ketika terjadi mutasi antigenik, hal itu dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita tak lagi dikenali dan menyerang protein flu. Pelepasan dapat terjadi setiap saat dan ini merupakan alasan kenapa vaksin flu harus diberikan setiap tahun. Meski begitu, perubahan tersebut kecil dan tidak berbahaya. 


Di sisi lain, pergantian antigenik dapat memberikan perubahan yang besar. Genom flu tersegmentasi, yang berarti setiap protein dikodekan dalam RNA yang terpisah dan berbeda (bertolak belakang dengan struktur yang lebih normal dimana setiap gen berada pada satu helai RNA). Konsekuensi dari hal ini adalah bahwa tekanan dari virus dapt menukar segment dengan tekanan yang berbeda dari virus. Hal ini menyebabkan tekanan virus flu baru yang tidak dapat kita tangkal. 


Pergantian antigenik merupakan hal yang lebih besar dibanding pelepasan antigenik normal. Pergantian sering terlihat dimana virus melompat dari satu inang ke inang lain (misalnya dari burung ke manusia) dan merupakan penyebab dari pandemi flu, termasuk "Flu Spanyol" di tahun 1918 dan pandemi H1N1 di tahun 2009.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang