Apa yang harus anda ketahui sebagai pemilik kucing pertama kali?

Dilihat 240 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Kucing adalah peliharaan yang mengagumkan. Tetapi, pikirkan dengan hati-hati soal usia/kepribadian kucing yang anda inginkan. Anak kucing memang imut - saya punya 9 di ruang asuh kucing saya sekarang - tetapi mereka MEREPOTKAN. Jika anda benar-benar ingin anak kucing, bersiaplah untuk menghabiskan banyak waktu bermain dengan mereka. Sangat disarankan untuk mengadopsi dua ekor sekaligus jika anda bekerja diluar rumah.. Mereka bisa kesepian dan kucing yang kesepian sering bermasalah. Saudara atau kawan sesama anak kucing akan menemani mereka selama anda pergi (dan mengasuh mereka di saat yang bersamaan mencegah kesulitan dalam mengenalkan kucing baru nantinya). Tidak mau punya kucing balita/muda berlarian di dalam rumah anda, memanjat tirai anda, dan bertingkah layaknya bayi? Ingat: kucing hanya menjadi anak kucing selama setahun, jadi bola bulu kecil itu akan jadi kucing dewasa setahun dari sekarang. Lihatlah kucing-kucing yang lebih tua - kebanyakan kelompok penyelamat dan penampungan kucing memiliki banyak pilihan, mulai dari yang masih muda sampai yang uzur.


Putuskan mana yang penting bagi anda. Apakah anda membayangkan anda dan si kucing bersantai bersama? Di penampungan, kita punya kucing 'gampangan' (yang suka menghampiri orang asing dan minta dielus dan diajak bermain), kucing pemalu, penakut, lincah, trauma, dimanja - kucing punya beragam kepribadian. Carilah kelompok penyelamat yang dekat dengan kucing-kucing mereka dan tidak mengandalkan kesan pertama anda. Seringkali, kucing yang pemalu dan penakut adalah yang paling terakhir diadopsi karena mereka tidak membuka diri. Tapi begitu mengenali anda? Mereka akan mengikuti anda, duduk bersama anda atau diatas pangkuan anda, tidur bersama anda, dan pokoknya menjadikan anda favorit mereka selamanya. Saya pernah mengadopsi kucing pemalu dan menemukan pengadopsi hebat yang meluangkan waktu untuk mengenal mereka lebih jauh, berkunjung beberapa kali, dan membangun hubungan dengan si kucing sebelum membawanya pulang (Anda tidak mungkin kan menikahi seseorang setelah sekali kencan. Kenapa langsung memilih kucing setelah dapat kesan pertama?).


Keuntungan kucing dewasa vs. anak kucing:

  • Kepribadian mereka lebih berkembang. Jika anda berurusan dengan kelompok yang memanfaatkan rumah asuh, mereka akan bisa membedakan masing-masing kucing. Apakah penting bagi anda untuk mendapatkan kucing yang suka dipangku? Jika mereka mau duduk di pangkuan pengasuh mereka, kemungkinan besar mereka akan mau duduk di atas pangkuan anda (setelah beberapa lama). Jika anda ingin yang suka bermain, mereka biasanya juga punya. Dan, jika anda ingin menyelamatkan si manis yang dicampakkan karena pemilik mereka meninggal atau berpindah ke rumah jompo, atau terserang alergi atau baru mempunyai anak.. Mereka pasti punya banyak pilihan.
  • Poin berikutnya: jika anda mengadopsi kucing, anda HARUS melihatnya sebagai keputusan seumur hidup. Rata-rata kucing berusia 15 tahun, dan sebagian hingga 20 tahun (kelompok penyelamat saya baru saja menemukan rumah baru untuk seekor kucing berusia 17 tahun.. tapi itu adalah keajaiban, tidak biasa terjadi). Jika anda menyerahkan kucing dewasa ke tempat penampungan, kemungkinan kucing itu untuk diadopsi kembali sangatlah rendah. Jadi, jangan jadi orang yang suka mengambil masa muda kucing dan menghukum mereka dengan kehidupan di dalam kandang (itu sudah paling bagus) atau lebih parah lagi, mati di tempat menakutkan dan dikelilingi orang asing. Tanyakan diri anda sendiri: dimanakah anda akan berada dalam 15 tahun? Jika anda berpikir untuk pindah ke luar negeri beberapa tahun lagi, atau backpacking di Asia selama 2 tahun, atau menikahi seseorang yang alergi kucing, atau pindah ke bangunan yang melarang... Jangan mengadopsi kucing kecil dan menjauhlah dari mereka. Serius deh. Banyak kucing tua lain yang manis dan imut yang usianya hanya tinggal beberapa tahun lagi.. Jadilah pahlawan dan berikan rumah bagi mereka sampai kondisi anda lebih stabil. Anda masih muda dan sulit membayangkan masa depan? Atau sudah tua dan tidak yakin soal berpindah ke tempat dengan perawatan dalam 5-10 tahun? Atau keluar dan bekerja/kuliah dan tidak yakin anda mampu merawat kucing? Asuh saja! Anda akan menemui banyak macam kucing. Anda bisa menyelamatkan nyawa mereka dan anda bisa belajar kucing seperti apa yang akan selalu cocok dengan anda. 
  • Anda bisa mengasuh seekor kucing, sepasang, ibu kucing yang baru melahirkan, atau satu keluarga. Saya pribadi mengasuh sekelompok besar kucing - saya punya rumah yang besar, tahu cara membesarkan mereka, dan saya cinta anak kucing (dan kucing-kucing permanen saya tidak merasa terancam dengan kucing asuhan karena mereka tahu kucing-kucing itu hanya sekedar berkunjung). Sebagai orang tua asuh, saya melihat banyak pengadopsi yang bahagia.

Terlepas dari semua yang sudah saya katakan, tidak ada yang salah dengan mengadopsi anak kucing jika anda siap merawat mereka - selama anda berjanji untuk "saling memiliki dan memeluk, sejak saat ini, di masa baik maupun buruk, kaya maupun miskin, dalam sehat dan sakit, untuk saling mencintai dan menyayangi, hingga kematian memisahkan kita". Dan ya, saya 100% serius. Anda tidak sekedar memilih mainan, anda mengadopsi anggota keluarga baru dan anda harus berkomitmen dengan serius seperti saat anda menikah.


Terakhir: Banyak yang mengeluh soal tempat kotoran kucing. Buang air diluar tempatnya adalah alasan nomor satu kucing-kucing ini dicampakkan. Dalam banyak kasus, mereka tidak mengulangi kelakuan mereka di rumah asuh.. yang berarti ada masalah yang membuat mereka buang air di kotak kotoran mereka. Kalau ada yang bilang bersihkan kotak kotoran kucing setiap hari, mereka benar (mudah kok kalau pakai kotak khusus kotoran). Dan demi semua yang anda cintai, STERILKAN dan KEBIRI kucing anda. Baik kucing jantan maupun betina bisa jadi jorok, namun kecil kemungkinannya jika mereka sudah dibenahi sejak kecil, jika anda menjaga kotak tetap bersih, dan mau belajar menggunakan pembersih kotoran jika mereka sakit atau kecelakaan.


Salah satu kucing betina yang saya asuh itu pemalu, tetapi sering duduk di pangkuan saya, kaki saya, bahkan menggosokkan badannya ke saya. Ia jenis kucing yang tidak terlalu ramah saat pameran adopsi. Bahkan dengan 9 anak kucing yang saya miliki, ia adalah salah satu kucing termanis yang pernah saya asuh. Usianya juga baru 10 bulan dan selalu siap diajak bermain (usia ini sempurna bagi orang yang ingin kucing lincah namun tidak segila anak kucing). Jadi, serius - jangan mengabaikan kucing pemalu. Ingat bahwa usia hanyalah angka. Kucing saya Buffy yang berusia 16 tahun adalah kucing paling lincah di rumah saya! Salah satu kucing termuda saya, Mr. Annie, sudah menjadi pemalas sejak kecil (dia cuma onggokan pemalas yang menggemaskan, tetapi lebih tertarik pada makanan daripada mainan).


Nikmatilah kucing-kucing anda, jenis apapun yang anda pilih, dan apakah anda sekedar mengasuh atau mengadopsi. Mereka akan membawa kebahagiaan dalam hidup anda.      

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang