Apa yang harus diketahui oleh setiap orang mengenai kesehatan dan kebugaran?

Dilihat 412 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

     


Kesehatan adalah faktor yang sangat penting dalam kehidupan. Kesehatan sangat menunjang dalam menentukan produktivitas setiap manusia. Memiliki tubuh yang selalu sehat dan bugar merupakan keinginan semua orang karena tubuh yang sehat dan bugar akan mempermudah kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya rasa malas yang dapat menghambat.

Banyak yang beranggapan bahwa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran harus mengeluarkan banyak uang karena mereka berfikir bahwa makanan sehat dan olahraga itu mahal. Padahal nyatanya tidaklah demikian. Mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani tidak harus mahal. Contoh yang sangat sederhana, olahraga sebenarnya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, mulai dari yang paling ringan seperti naik turun tangga di kantor, jogging, berjalan kaki sampai yang berat, contohnya angkat beban.

Nah jadi apa sebenarnya sehat dan bugar itu? Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh? serta tips-tips apa agar kita selalu sehat dan bugar? Mau tahu kan? Yuk, simak artikel dibawah ini sampai tuntas:


Pengertian Sehat dan Bugar



Sehat adalah suatu keadaan sehat fisik, mental, dan sosial. Tidak hanya bebas dari penyakit dan kelemahan. Sedangkan bugar adalah  kemampuan individu untuk melakukan fungsinya secara efisien dan efektif, serta mampu melakukan kegiatan darurat tanpa merasa lelah.
Hampir setiap orang dilahirkan dalam keadaan sehat, oleh karenanya tugas kita adalah bagaimana menjaga kesehatan tersebut. 
Faktor genetik tentu saja memainkan peran utama, tetapi faktor  lingkungan juga sangat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. 

Ketika kebanyakan orang sedang membahas mengenai “kesehatan” , mungkin sebenarnya berarti mereka berbicara tentang kebugaran (kondisi fisik hanya merupakan bagian dari kesehatan)

Menurut saya cara menjaga kesehatan tubuh sangat tergantung kepada kondisi dan aktivitas setiap orang. Sangat penting untuk mengetahui dan juga memahami jenis kegiatan dan aktivitas diri sendiri, sebagai contoh:

  • Seseorang yang memiliki pekerjaan duduk berjam-jam di depan meja akan memiliki cara yang berbeda dalam menjaga kesehatan dan kebugaran dibandingkan dengan seseorang yang memiliki pekerjaan yang banyak melibatkan aktivitas fisik (aktif)
  • Seseorang yang sudah memiliki anak akan berbeda cara dibandingkan mereka yang belum mempunyai anak. 
  • Seorang anggota militer akan berbeda cara dibandingkan dengan pelari profesional.
  • Orang yang tinggal di daerah pedesaan akan berbeda cara dengan mereka yang tinggal di daerah perkotaan.


Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda: 

  • Makanlah makanan sehat, minum air yang cukup, konsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, gandum, kacang-kacangan, konsumsi susu atau produk olahan susu dan kurangi konsumsi alkohol.

      

  • Banyaklah bergerak dan lakukan olahraga secara rutin (tetap jaga detak jantung anda rata-rata 60 BPM) , gunakan beberapa sistem pelatihan energi, tetap berlatih dengan gerakan kunci (squat, deadlift, bench press, pull up, lunge, loncat, berputar, bangun dari lantai, dan lain sebagainya). Dan juga luangkan waktu untuk melakukan yoga atau pilates di sela-sela aktifitas harian.
  • Mengelola stress (lakukan meditasi, dengarkan musik, pijatan, berendam dengan air hangat, berlibur, dan lain-lain).
  • Tidur yang cukup (sekitar 7-9 jam di ruangan yang sejuk)
  • Menjaga hubungan sosial (bergabunglah dengan klub atau kelompok yang mempunyai pemikiran/nilai yang sama, terutama jaga hubungan dengan keluarga dan teman-teman terdekat).
  • Milikilah tujuan hidup (tidak perlu yang terlalu muluk seperti ingin menyelamatkan dunia, tetapi bisa dengan bertekad untuk selalu menjaga keluarga anda atau melakukan yang terbaik dengan potensi yang anda miliki).
  • Bekerjalah dengan proyek-proyek yang mengasah intelektual anda.
  • Bekerja untuk terus meningkatkan kecerdasan emosional anda
  • Berusahalah untuk berkontribusi memperbaiki lingkungan anda (mengurangi, mendaur ulang, menggunakan kembali serta membatasi pemakaian produk-produk dari plastik dan minimalkan penggunaannya serta berbagi informasi tentang jenis makanan yang berkualitas rendah)
  • Luangkan waktu untuk bersenang-senang secara rutin. Pada akhirnya kesehatan itu lebih dari sekedar berolahraga.


Manfaat Kebugaran Jasmani


Manfaat kebugaran jasmani tidak hanya mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas, namun manfaatnya secara luas sangat penting untuk tubuh, berikut ini diantaranya :

  • Memperlancar sirkulasi darah - Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, maka sirkulasi darah akah menjadi lebih lancar dibanding orang yang tidak melakukan latihan kebugaran.
  • Meningkatkan fungsi kerja jantung - Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, kerja jantung akan dipicu dan distimulasi secara perlahan sehingga kerja jantung akan menjadi lebih maksimal. Hal ini juga akan mengakibatkan lancarnya peredaran darah.
  • Meningkatkan stamina - Dengan meningkatnya fungsi kerja jantung, maka stamina seseorang secara otomatis juga akan meningkat.
  • Memperkuat daya tahan tubuh sehingga lebih energik - Dengan meningkatnya fungsi kerja jantung , seseorang akan menjadi lebih energik. Hal ini disebabkan karena kerja jantung yang maksimal akan memperlancar sirkulasi darah sehingga setiap orang tubuh akan tersuplai kebutuhannya sehingga akan menjadi energik dan tidak mudah lelah.
  • Meningkatkan kemampuan regenerasi sel - Dengan melakukan latihan kebugaran, sel-sel yang rusak akan lebih cepat dirombak dan diganti dengan sel - sel baru.
  • Meningkatkan mood - Dengan berolah raga, tubuh akan menghasilkan hormon di mana hormon ini bisa menstimulasi kita menjadi bagahagia dan selalu fit.

Itulah beberapa tips serta manfaat kebugaran jasmani untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan  bugar. Pada akhirnya, menurut saya kesehatan dan kebugaran berujung pada satu hal, yaitu: Hidup yang Berkualitas, dimana seseorang dapat menikmati segala kesempatan/peluang yang ada dalam hidupnya. Jika seandainya olahraga atau asupan gizi kurang, berarti anda dalam masalah. Segala sesuatu itu ada harganya, termasuk setiap pencapaian yang anda inginkan. Jadi yang paling penting adalah kesehatan dan kebugaran seharusnya bisa membantu anda mencapai hidup yang berkualitas.

Yuk jaga terus  kesehatan tubuh kita, karena sakit itu mahal lho. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh karena kesehatan dan kebugaran itu tak ternilai harganya. Disamping itu kesehatan dan kebugaran merupakan modal dasar dari kehidupan.  Jangan lupa share artikel ini ke rekan-rekan anda ya, serta baca juga artikel kesehatan yang lain, yaitu : Apa sayuran dan buah-buahan yang paling baik untuk kebugaran? dan Bagaimana menjaga kebugaran tubuh anda di sela-sela rutinitas kerja?

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang