Apa yang harus diketahui seseorang sebelum memelihara kucing?

Dilihat 1,73 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saya mengadopsi kusing di tahun 2001 dari tempat penampungan. Di sini saya akan berbagi beberapa hal yang penting untuk diketahui tentang kucing.


Tempat penampungan kucing akan meminta biaya ketika kamu mengadopsi kucing. WAktu saya mengadopsi kucing saya, mereka meminta biaya satu juta untuk anak kucing dan 700 ribu untuk seekor kucing. Saya yakin mereka mau menghapuskan biayanya kalau kamu tidak mampu membayarnya. Saya rasa juga akan ada pengurangan atau penghapusan biaya kalau kamu mengadopsi lebih dari satu kucing.


Beberapa tempat penampungan kucing menjamin seumur hidup bahwa mereka akan menampung kucing tersebut kembali, tanpa pertanyaan apapun, kalau kamu berubah pikiran. Akan lebih baik kalau kamu minta agar kucingmu langsung dikebiri/disteril, jadi kamu tidak akan repot di kemudian hari.


Memberi makan kucing yang terbaik adalah dengan makanan basah. Cobalah untuk mendapatkan makanan kucing terbaik yang bisa kamu beli, tapi kamu harus bersabar dalam menyesuaikan kucingmu dengan makanan baru setelah adopsi, perlahan - lahan tingkatkan rasio makanan baru terhadap makana lama. Jika tidak begitu, kucingmu akan mengalami masalah pencernaan. 


Kucingmu mungkin akan membutuhkan makanan kucing yang diresepkan oleh dokter hewan secara khusus nantinya. Hal ini terutama jika pada urin kucingmu terdapat "kristal", seperti kucing saya. Dampaknya hampir sama seperti infeksi saluran kencing, dan sangat sulit menyaksikan kucingmu menderita selama berjam - jam, berusaha untuk kencing di dalam kotak.


Berikan makanan untuk anak kucing (kurang dari satu tahun) 50% lebih banyak dibanding untuk kucing dewasa. Hal tersebut berarti jangan berikan mereka makan setiap 12 jam, tapi setiap 8 jam. Berarti kamu akan memberinya makan sebelum berangkat dan setelah pulang kerja serta sebelum pergi tidur.


Kucing sering merengek meminta makanan. Sebenarnya mereka tidak membutuhkannya seperti yang berusaha mereka tunjukkan. Tidak apa kalau kamu terlambat pulang beberapa jam untuk memberi makan kucingmu. 

Setelah kucingmu beranjak dewasa, periksalah beratnya secara rutin. Jika kucingmu kelebihan berat badan, kurangi porsi makannya sebaganyak 25%. Jika dia berat badannya kurang, tambahkan porsi makannya sebanyak 25%. Ingatlah bahwa makanan kucing yang berbeda memiliki jumlah kalori yang berbeda pula, jadi porsi makannya bisa saja lebih besar atau lebih kecil jika kamu menggantinya dengan makanan kucing lain. Mintalah temanmu yang kutu buku untuk melakukan perhitungan rasio jika kamu kesulitan melakukannya.

Kalau kamu punya beberapa kucing, mungkin kamu perlu mengunci kucing - kucing tersebut dalam ruangan terpisah ketika makan agar mereka tidak bertengkar memperebutkan makanan. Kalau kamu memberikan porsi makanan yang tepat untuk kucingmu, dia pasti akan melahap makannya sampai hampir, jadi tidak akan makan waktu terlalu lama. Memberikan kucingmu semangkuk penuh makanan kering dapat menyebabkan dia kelebihan berat badan. Tapi kadang kamu bisa beruntung.


Kucing tidak minum air terlalu sering, tapi mereka tetap membutuhkannya. Kamu bisa memberikan mereka air di tempat kecil yang kamu ganti setiap hari atau kamu bisa membeli air mancur untuk kucing. Saya memberikan kepada kucing saya air yang disaring. Saya mulai menggunakan air mancur untuk binatang peliharaan dan mengganti saringannya setiap bulan. Saya menemukan model plastiknya yang tidak berisik.  Saya belajar membersihkan popla dengan membongkarnya sebisa saya, lalu menjalankan air mancur kucing dengan empat bagian kecil dari pompa ditempat cuci piring.


Saya punya beberapa jenis sikat untuk membersihkan sudut dan celah dengan baik. Saya mengganti airnya setiap minggu dan membersihkan air mancu setiap dua minggu sekali. Saya punya tempat makan kucing logam bulat, tanpa sudut yang dapat memungkinkan makanan masuk. Sangat mudah untuk membersihkannya dan cukup berat sehinga tidak terbolak - balik.


Tempat buang air. Biasanya kucing sudah tahu bagaimana cara menggunakan tempat buang air dari tempat penampungan. Jika mereka melihat sesuatu yang terlihat seperti tempat buang air, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan. Saya tidak tahu bagaimana caranya melatih kucing untuk menggunakannya.


 Kotoran yang menggumpal merupakan yang paling mudah untuk dibersihkan. Kamu hanya perlu mengguncang tempat buang air, melihat adanya gumpalan dan menyendoknya. Selain itu gumpalan kotoran menjaga tempat buang air kucingmu tetap dalam kondisi yang asli. Kamu hanya perlu membuangnya dengan plastik atau menyiramnya di toilet. Tapi menyiram kotoran kucing dapat berbahaya bagi lingkungan, dan juga bisa menyebabkan toiletmu tersumbat.


Pilihalah ukuran tempat buang air yang tepat. Pada dasarnya ukurannya adalah kecil, sedang, dan besar. Untuk anak kucing, gunakan yang kecil. Untuk kucing dewasa gunakan yang sedang, dan gunakan yang besar untuk kucing yang sangat berbulu. Kamu mungkin harus mencari merk yang cocok untuk menempatkannya di tempat yang kamu inginkan.


Kalau kamu mengambil kotoran kucing dari tempat buang airnya dua kali sekali, seharusnya tidak akan ada bau. Satu kali seharipun tidak masalah, tapi kamu mungkin masih bisa mencium baunya, terutama jika kucingmu tidak mengubur kotorannya. 

Kesehatan. Kamu harus membiasakan kucingmu membiarkanmu menyikat gigi mereka. Jika kamu tidak dapat melakukannya, pada akhirnya setelah 6 - 7 tahun kucingmu akan membutuhkan pembersihan gigi oleh dokter gigi. Saya berharap dulu saya bisa menyikat gigi kucing saya dan mengetahui bahwa operasi dapat beresiko. Tapi saya juga tidak mau dia menderita penyakit gusi.

Jika kucingmu membutuhkan antibiotik, kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk memberikannya. Ada kantung pil yang dapat kamu gunakan yang dapat membungkus pil antibiotik di dalam zat yang terasa lezat. Ada cairan tambahan yang dapat kamu masukkan ke dalam makanan kucingmu. Atau kamu dapat belajar bagaimana membuat kucingmu meminum pil antibiotik, tapi dia mungkin tidak akan membiarkanmu melakukannya. Hal ini sangat sulit untuk dilakukan terhadap sebagian kucing, termasuk kucing saya.


Ada suntikan yang dapat kamu berikan ke kucingmu yang disebut Convenia, yang sangat efektif untuk menggantikan satu atau dua minggu pil harian. Tapi suntikan tersebut beresiko. Jika suntikan tersebut tidak sesuai untuk kucingmu, maka suntikan itu bisa membunuhnya karena kamu tidak dapat mengeluarkannya setelah disuntikan.


Mendadani. Ironisnya, kucing menyukai sinar matahari, tapi dengan lapisan bulu mereka, mereka juga gampang kepanasan. Mereka mengatasi hal ini dengan berbagai cara. Mereka minum air, mendinginkan diri di atas lantai atau permukaan yang dingin lainnya, dan dalam jangka yang lebih panjang, merontokkan bulunya. 


Kamu bisa membantu kucingmu untuk merontokkan bulunya, sembari mencegah agar bulunya tidak berantakan di setiap sudut rumah dan pakaian, dengan menyikat bulu mereka secara teratur. Hal ini juga berlaku bagi kucing yang berbulu pendek. Sikat dengan kuat tapi jangan kasar, sikat juga bagian pungung dan samping badanny, jangan hanya menyikat pada satu tempat saja.


Kamu tidak harus memandikan kucingmu kecuali mereka terkena sesuatu yang menjijikan. saya memutuskan untuk memandikan kucing saya (lalu anak kucing yang berusia 2 bulan) setelah saya mengadopsinya, hanya untuk memastikan tidak ada sesuatu yang terbawa dari tempat penampungan. Melihat anak kucing mengeong dengan putus asa akan membuatmu merasa sedih. Jika kamu harus memandikan kucingmu, gunakan air dengan suhu ruangan dan sampo khusus untuk kucing. 


Kucing saya gampang dimotivasi dengan menggunakan berbagai macam makanan, dan biasanya saya dengan mudah dapat memintanya menghampiri saya dengan menujukkan sekantung makanan dan melemparkan beberapa di antaranya ke lantai. Tidak lama sebelum tidur, saya akan memberikannya beberapa butir makanan kering berulang kali dan membiarkan dia mengejar dan mengunyahnya secara berurutan. Sekitar 7 - 10 butir setiap malamnya.

Saya juga menggunakan cara itu untuk membuatnya melakukan apa yang saya inginkan untuk salah satu film pendek saya, membuatnya duduk dan melompat di tempat yang saya inginkan. Memang sulit untuk melatih kucingmu, tapi kamu dapat menyuap mereka.


Pohon untuk kucing cukup murah harganya dan kucingmu akan sangat menyukainya. Pilihlah satu pohon untuk kucing yang terlihat bagus di ruang keluargamu, tapi belilah satu pohon yang akan mudah untuk digunakan oleh kucingmu. Jika kucingmu kesulitan untuk menemukan cara unutk masuk ke dalam tabung yang tergantung di bawah balkon, dia tidak akan pernah ke sana. Semakin tinggi semakin bagus. Ruangan yang kecil juga bagus. Apapun yang menjuntai akan tercabik dengan cepat. Terima saja hal ini. 

Kucingmu akan tidur hampir sepanjang hari. Mereka juga akan merasa puas berkeliaran di sekitarmu di rumah. Kalau kamu hanya punya satu kucing, sediakan waktu untuk bermain dengannya saat dia sedang sangat bersemangat, misalnya setelah makan, atau buang air. Tapi jangan sampai melukai dirimu saat kamu melakukannya. 


Ketika kamu memilih mainan kucing, ingatlah bahwa kucing suka mengejar sesuatu yang kecil dan berbulu. Sesuatu yang diikatkan ke tali merupakan salah satu mainan favoritnya. Selain itu mereka juga menyukai barang kecil yang agak berat, seperti kancing, gulungan kawat atau alumunium foil. Kucing sangat menyukai sesuatu yang kecil dan berat, tapi hanya jika digoyangkan dengan keras ke lantai. Kucingmu akan mengejarnya, berusaha untuk mencakarnya sebelum berhenti.


Saya rasa bukan hal yang penting berapa banyak mainan yang dimililki oleh kucingmu. Mungkin sekitar 5 - 10 sudah cukup untuk bertahun - tahun. Ingatlah yang lebih penting adalah kamu, bukan mainan.


Berhati- hatilah ketika kamu mengelus - elus kucingmu, terutama jika dia sedang mengantuk. Kalau kamu mengelusnya terlalu berlebihan pada satu titik dia akan terstimulasi secara berlebihan dan tiba - tiba bisa menggigit atau mencakarmu. Kalau kucingmu berusaha untuk mengunyah tanganmu, tenanglah dan jangan menarik tanganmu dengan segera. Tunggulah sampai dia berusaha untuk mengunyak, lalu bersiapkan untuk menarik tanganmu dengan cepat.


Sebagian orang, apapun alasannya, membenci kucing. Kamu tidak perlu memikirkannya. Kucing memang bukan untuk semua orang. Kamu mungkin tidak mendapatkan ras bergengsi dengan mengadopsi kucing dari tempat penampungan, tapi kamu akan mendapatkan kucing dengan kepribadian yang menyenangkan. Kepribadian adalah kuncinya. Pastikan kamu menyediakan rumah yang menyenangkan, dan kucingmu akan membalasmu dengan kasih sayang dan rasa hormat.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang