Apa yang harus diketahui tentang sejarah Indonesia?

Dilihat 443 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Peristiwa-peristiwa penting yang dialmi oleh bangsa Indonesia pada masa lampau atau kurun waktu yang telah dilaluinya itu dinamakan sejarah. Sejarah bangsa Indonesia mempunyai rentang waktu yang cukup panjang secara garis besar sejarah Indonesia melewati masa kerajaan, masa penjajahan, masa Sebelum kemerdekaan, dan masa sesudah kemerdekaan. Sedemikian panjangnya sehingga dibagi dengan periode-periode atau masa-masa sejarah yang telah dialami oleh bangsa Indonesia. 

Mengapa kita harus tahu tentang sejarah bangsa Indonesia? Sebagai bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsa Indonesia itu sendiri karena kita akan menengok kebelakang berbagai peristiwa penting yang dialami bangsa Indonesia.


Periode Masa Kerajaan Di Indonesia

Kerajaan Hindu Budha

Sejarah bangsa Indonesia dimulai dengan berbagai kerajaan di Indonesia yang pertama adalah kerajaan Tarumanegara yang menguasai Jawa barat dan kerajaan Kutai dipesisir sungai Mahakam Kalimantan yang menganut agama Hindu. Pada abad ke 5 agama Budha mulai berdatangan, dari mulai kerajaan terbesar seperti Sriwijaya di palembang dan kerajaan-kerajaan kecil mulai bermunculan. 


candi borobudur

Gambar 1. Candi Borobudur


Kerajaan Hindu Budha mempengaruhi peradaban pada waktu itu yaitu dengan banyaknya situs-situs yang ditemukan diberbagai daerah diantaranya yang terkenal candi Borobudur, Prambanan, Pawon, Muara Takus, Kalasan, Sewu, mendut, Gedongsongo, Dieng, dan masih banyak lagi.


candi prambanan

Gambar 2.Candi Prambanan


Bukti peninggalan sejarah pada masa kerajaan antara lain :

  1. Pada zaman dahulu kala, peradaban Indonesia sangat dipengaruhi oleh peradaban Indian. Jika kita hitung kerajaan Salakanagara di abad pertama, mereka mempengaruhi kita selama 1400 tahun.
  2. Letusan gunung Toba, Krakatau purba, gunung Tambora sangat mempengaruhi peradaban dunia. Letusan gunung Krakatau pada tahun1883 sempat menggegerkan dunia karena dampak dari letusan itu seluruh dunia terasa gelap selama bertahun-tahun dan matahari enggan muncul selama beberapa bulan.
  3. Saat itu masih suram sejak ketika peradaban Indonesia dimulai , terutama ketika Gunung Padang Megalitic Situs Ditemukan . Sayang sekali bahwa kita belum tahu siapa yang membangun situs spektakuler tersebut. 
  4. Sejarawan mengatakan bahwa candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga dari Syailendra Clan. Namun, ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa Gunung Merapi meletus pada 224 AD - 247 AD dan menghanguskan Candi Borobudur? (Pustaka Raja Parwa). 
  5. Raja Sriwijaya Palembang, Prabu Balaputradewa adalah putra Raja Samarattungga (Syailendra clan) Mataram. Dia dikudeta oleh saudaranya iparnya, Rakai Pikatan (Sanjaya clan). Dia gagal dan melarikan diri ke Swarnabhumi (Pulau Sumatera).
  6. Jatuhnya Mataram Kuno ( Medang kamulan ) disebut sebagai Mahapralaya, ketika Raja Teguh Darmawangsa dibunuh oleh Raja Wura - Wuri (kelompok Sriwijaya). Pangeran Airlangga (keponakan perempuannya/menantu selamat bersama dua istrinya (anak-anak perempuannya raja) dan pindah ke Jawa Timur, dan menetapkan raja baru, Medang Kahuripan dan kemudian berubah menjadi kerajaan Kadiri. 

Kerajaan Islam

Pada abad 7 dan 8 para pedagang dari Timur Tengah mulai berdatangan mereka datang untuk berdagang sambil menyiarkan agama Islam sehingga banyak yang tertarik dengan agama tersebut  kemudian pada abad 11 Islam mulai tersiar di pulau jawa yaitu dengan ditemukannya makam Islam pada tahun 1082 di lereng dekat Gersik.


sejarah kerajaan samudra pasai

           Gambar 3.Kerajaan Samudra Pasai


Kemudian kerajaan-kerajaan Islam mulai muncul diantaranya adalah kerajaan Islam yang pertama  pada abad 13 Samudra Pasai raja yang pertama masuk Islam yaitu Sultan Malik Al saleh. Kerajaan Samudra Pasai terletak di Aceh Utara Lekaseumawe.


peninggalan kerajaan Demak

Gambar 4.Kerajaan Demak


Abad 15 munculnya kerajaan  Islam di Demak ini merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau jawa pendirinya Raden Patah. penyiaran agama Islam oleh wali Sango dibilang berhasil hal ini terbukti dengan banyaknya kerajaan-kerajaan lain yang memeluk islam di jawa Timur,yaitu Gresik,Tuban, dan Jepara.

Periode Masa Penjajahan

Awal mula sejarah bangsa Indonesia mencatat tentang masa penjajahan yaitu pada abad 15 bangsa Eropa yang pertama muncul adalah Portugis atau Portugal yang datang di Malaka mereka  mengirim Alfonso de Albuquerque untuk memimpin armadanya guna menyusuri daerah penghasil rempah-rempah mereka datang karena tertarik dengan hasil rempah-rempah yang ada didaerah itu dengan nahkoda-nahkodanya mereka singgah di Madura, Bali, Lombok, Banda, dan Maluku Utara hingga Ternate. Portugis berhasil menjalin hubungan dengan penduduk dan raja-raja setempat diantaranya raja Ternate dan mendirikan benteng di Pikaoli, Negeri Hitu Lama dan Mamala di pulau Ambon. Hal ini berlangsung lama karena Portugis menggunakan sistem Monopoli dan sekaligus juga mereka menyebarkan agama Kristen. 


 kedatangan bangsa eropa ke Indonesia

                        Gambar 5. Bangsa Eropa mulai berdatangan


Ternyata kedatangan Portugis banyak merugikan kerajaan dan penduduk setempat sihingga kerajaan melakukan perlawanan dan berhasil angkat kaki dari pulau Ternate dengan melakukan penyerangan yang dipimpin oleh Sultan Babullah pada tahun (1570-1575). Demikian juga perlawanan dengan rakyat Maluku dan daerah-daerah lain. Seperti perlawanan Fatahillah dari Demak di Sunda kelapa dan berhasil memukul mundur Portugis dan mengambil alih Sunda kelapa setelah itu nama Sunda kelapa diubah oleh Fatahillah menjadi Jayakarta.


sejarah Portugis di Indonesia

          Gambar 6.Portugis mulai berkuasa di Indonesia


Perlawanan Maluku dengan Portugis dijadikan kesempatan bagi Belanda untuk menyerahkan benteng pertahanan Portugis di Ambon sehingga Belanda berhasil menguasai maluku sepenuhnya. kedudukan Belanda di Maluku semakin kuat dengan berdirinya VOC. Belanda berhasil mengusir pesaing-pesaingnya Portugis, Spanyol dan Inggris. VOC dapat mengendalikan cengkeh dan rempah-rempah yang lainnya, dengan berbagai cara yang digunakan Belanda untuk mengelabuhi bangsa Indonesia. Belanda mulai mengepakkan sayapnya ke daerah-daerah lain dan Belanda selalu unggul karena peralatan perangnya terbilang lengkap sedangkan bangsa Indonesia pada waktu itu tidak memilikinya.

Sejarah nama Indonesia mulai digunakan pada abad 18 pertama kali kata Indonesia muncul di dunia, diperkenalkan oleh Logan dengan ditulisnya yang dicetak pada halaman 258 dan diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Dalam tilisan-tulisan ilmiahnya nama Indonesia lambat laun dikenal para ilmuwan bidang etnologi dan geografi. Sedangkan orang pribumi yang menggunakan istilah Indonesia adalah Suwardi Suryadiningrat (Ki Hajar Dewantara) ketika dibuang ke Belanda ia mendirikan pers dengan nama Indonesische Persbureau. 


gedung VOC di Batavia

Gambar 7. Gedung VOC di Batavia


Pada abad 17 dan 18 Hindia Belanda dikuasai langsung oleh pemerintahan Belanda dengan perusahaan Hindia Timur Belanda (Bahasa Belanda: Verenigde Oostindische Compagnie atau VOC) sebagai monopoli terhadap perdagangan dan aktivitas kolonial di wilayah tersebut oleh parlemen Belanda pada tahun 1602 markasnya pusat ada di Batavia atau sekarang Jakarta. Tujuan VOC yang utamanya adalah memonopili perdagangan rempah-remapah di nusantara. Hal ini dilakukan dengan kekerasan dan ancaman pada rakyat Indonesia  Pada tahun 1799  VOC dibubarkan karena Belanda kalah dari Perancis. Tapi Belanda masih berkuasa di Indonesia pada masa pimpinan Gubernur Deandels masyarakat Indonesia dipaksa untuk kerja paksa atau yang terkenal dengan kerja rodi membuat jalan dari Anyer sampai panarukan. Masa pemerintahan Deandels tidak lama kemudian diganti dengan Johannes Van De Bosch dengan mnerapkan sitem tanam paksa yang hasilnya harus diserahkan seluruhnya pada pemerintah Hiandia Belanda. Sistem yang diterapkan Belanda di Indonesia yaitu politik adu domba yang bertujuan untuk memecah belah rakyat Indonesia.


Periode Masa sebelum kemerdekaan

Dengan berbagai perlawanan rakyat Indonesia mulai bergerak untuk mengusir Belanda dari bumi pertiwi ini, dari pergerakan-pergerakan yang dibentuk untuk melawan Belanda. Para pemuda Indonesia bersatu mengadakan pertemuan-pertemuan rahasia untuk membahas kemerdekaan. Terbentuknya Sumpah Pemuda Pada Tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia. Cita-cita akan ada "Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia" kepeutusan ini juga akan menjadi asas Perkumpulan Kebangsaan Indonesia agar disiarkan disurat kabar dan diadakan rapat perkumpulan-perkumpulan. Rumusan Kongres Sumpah pemuda di tulis oleh Moehammad yamin pada secarik kertas. Dengan adanya Sumpah Pemuda sebagai jembatan untuk bersatu melawan penjajahan Belanda yang kejam. Sejarah nama Indonesia mulai digunakan oleh masyarakat Indonesia secara luas pada saat Sumpah pemuda dan lagu Indonesia Raya dinyanyikan pertama kali.


sumpah pemuda

Gambar 8. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928


Setelah Belanda menyerah tanpa syarat melalui perjanjian Kalijati pada tanggal 8 maret 1942. Jepang mulai berkuasa, kedatangan Jepang ke Indonesia tidak jauh beda dengan Belanda yaitu ingin mengusai hasil kekayaan alam yang ada di Indonesia perlakuan Jepang pada rakyat Indonesia bahkan lebih kejam. Hal ini membuat Indonesia semakin sengsara perlawanan demi perlawanan terus dilakukan untuk mengusir penjajah. Para pemimpin ditangkap dan dibuang, sehingga mereka melakukan pertemuan-rahasia. Pemerintahan Jepang di Indonesia berakhir setelah Jepang kalah dan bertekuk lutut dari sekutu pada perang Dunia II kota di Jepang Hirosima dan Nagasaki di bom oleh sekutu.

Mendengar  kekalahan Jepang maka rakyat Indonesia tidak melewatkan kesempatan ini dibentukklah BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia) atau Dekuritsu Junbi Cosakai yang diketuai oleh Radjiman Widyodiningrat. nama BPUPKI berganti menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang diketuai oleh Soekarno, Hatta.

 tokoh sumpah pemuda

Gambar 9.Tokoh-Tokoh Sumpah Pemuda


Para pemuda mendesak agar segera dilakukan kemerdekaan secepatnya tapi golongan tua menyarankan agar tidak terburu-buru peristiwa ini terkenal dengan peristiwa Rengesdengklok. Para pemuda seperti Chaerul Soleh, Sukarni, dan Wikana berdiskusi dengan Ibrahim dini hari pada tanggal 16 Agustus 1945 bersama dengan Shodanco Singgih seorang anggota PETA mereka membawa Soekarno dan Hatta ke Rangesdengklok tujuannya adalah agar Soekarno, Hatta tidak dipengaruhi oleh Jepang dan segera mengumumkan kemedekaan Indonesia. maka disusunlah teks proklamasi kemerdekaan di rumah Laksaman  Tadashi Maeda jl Imam Bonjol no 1. 


pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno

Gambar 10. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Pada tanggal 17 Agustus 1945  teks proklamasi ini diketik oleh Sayuti Melik pada pagi hari di rumah Soekarno Jl Pegangsaan Timur 56 Jakarta dan pada jam 10.00 Teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Soekarno dan Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Fatmawati dikibarkan. Tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengambil keputusan untuk menetapkan UUD 1945 sebagai dasar negara Indonesia dan terbentuklah pemerintahan Negara Kesatuan Indonesia yang berbentuk Republik (NKRI) yang kedaulatan di tangan rakyat dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Masa Periode Setelah Kemerdekaan

Perjuangan bangsa indonesia belum berakhir setelah melakukan proklamasi kemerdekaan tentara sekutu datang berdalih ingin melucuti senjata Jepang tapi dibalik itu ingin menguasai Indonesia kembali. Perlawanan demi perlawanan terus dilakukan di setiap daerah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Jendral yang terkenal yaitu Panglima Soedirman terkenal dengan perjuangannya yang tak kenal lelah walaupun dengan keadaan sakit, Ia tetap bergerilya dari tempat yang satu ke tempat yang lain guna mempertahankan Republik Indonesia Beliau rela keluar masuk hutan. Kemudian pada tanggal 7 Mei 1949 dengan perjanjian Roem Royen Belanda sepakat mengakhiri permusuhan dengan Indonesia dengan begitu Indonesia terbebas dari penjajahan Belanda dan Indonesia mulai bisa menata kembali kehidupannya dengan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan diberbagai bidang dan hal ini dilakukan sampai sekarang. Merdeka!

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang