Apa yang harus dilakukan dengan asam urat?

Dilihat 529 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

1. Mengobati nyerinya: Langkah yang paling penting adalah mengobati asam urat akut dengan obat anti inflamasi, untuk meminimalisir kerusakan ke jaringan lunak di tubuh dan membantu pasien untuk menghadapi nyeri tak tertahan. Ini dilakukan dengan colchicine, yang biasanya mengontrol nyeri sendi selama 12 sampai 48 jam. Efek samping dari terapi colchicine adalah diare, yang bisa berujung di gangguan elektrolit, dan penekanan sumsum tulang. Di pasien dengan gangguan fungsi ginjal dokter harus dengan hati-hati memonitor toksisitas sebagaimana di beberapa kasus malfungsi ginjal penurunan sistem pernafasan dan efek cardiotoksik yang bisa berujung ke kematian. Di sisi lain colchocine di pasien yang cocok bisa sangat efektif dan dengan hebat membuang rasa nyeri melalui penekanan inflamasi secara spesifik ddi respon terhadap kristal asam urat.Colchocine dipakai di leukosit dan infiltrasi inflammatory di leukosit, yang bisa berujung di penyakit kinin dan nyeri, dihambat. Colchocine bisa juga dipakai untuk mencegahnyeri kembali saat asam urat kambuh. Tetapi, colchicine puny batas. Tidak menurunkan tingat asam urat dan tidak mencegah progres ke kronis.


2. Menurunkan tingkat asam urat: Ini dicapai paling efektif dengan allopurinol (nama merek: Zyloprim, Lopurin) yang menghambat sintesis asam urat dan menghambat pembentukan purin di tubuh. Ini semua berujung ke penurunan serum asam urat dan dosis bisa ditirtrasi dengan tes darah yang akan disuruh oleh dokter. Tingkatnya harusnya tetap di sekitar 4.5 mg/dl (atau 0.26 mmol/l) atau lebih rendah.

Pendekatan lain untuk menurunkan tingkat asam urat adalah meningkatkan eliminasi asam urat dengan cara urin, ini disebut “terapi uricosuric”. Dua obay yang bisa digunakan untuk tujuan ini : probenecid (nama merek: benemid dan benuryl) dan sulfinpyrazone (nama merek: anturan). Salisilat seperti ASA atau obat anti bengkak nonsteroid (NSAID) berlawanan dengan efek uricosuric ini dan harus dihindarkan saat pengobatan diberikan. Dokter tahu pengobatan yang paling baik digunakan di kasusmu dan bisa juga menjelaskan efek samping allopurinol dan efek samping obat lainnya.


3. Kontrol pembengkakan: Di beberapa hari atau minggu pertama pembengkakan sendi dan inflamasi di jaringan terefek menyebabkan nyeri yang sangat sakit dan ketidaknyamanan. Di sinilah kapan anti bengkak seperti NSAID bisa dipakai. Tetapi, sebagaimana NSAID tereliminasi melalui ginjal dan bisa dalam jangka panjang menyebabkan nephropathy (kerusakan ginjal), ini butuh didiskusikan dengan dokter. Fungsi ginjal bisa ditaksir dengan mengukur tingkat kreatinin dan BUN dan juga elektrolit. Jika ada keraguan berdasarkan tes, koleksi urin 24 jam bisa dilakukan untuk memastikan kreatinin, yang bisa menggambarkan bagaimana ginjal berfungsi. Setiap dua tahun tes kreatinin bisa dilakukan lagi untuk mengetahui fungsi ginjal. Indomethacin (nama merek: Indocid) khususnya efektif di artritis asam urat akut, tapi naproxen (nama merek: Naprosyn atau Rhodiaprox) juga berguna. Obat penghambat COX-2 (nama merek: Celebrex) juga berguna. Perhatikan efek samping di pengobatan penghambat COX-2 sebagaimana satu dari obat ini (VIOXX) ditarik dari pasaran di Oktober 2004.


4. Tingkatan asupan cairan: Sebagaimana asam urat tidak begitu larut, disarankan untuk minum lebih dari 3 l per hari, khususnya pasien yang juga ada batu ginjal (batu asam urat atau batu kalsium oksalat). Alkalisasi di urin juga mebantu dan dokter mungkin menyarankan pasien untuk mengonsumsi 500mg acetazolamide di waktu tidur untuk membuat urin alkalin saat tidur, yang meningkatkan kelarutan untuk asam urat di urin dan mencegah batu ginjal.


5. Pengukuran lain: Untuk membantu dengan trophi besar seperti di daerah sikut, pembedah mungkin bisa mengangkat ini secara pembedahan, jika menurunkan asam urat di darah tidak sukses. Juga pasien dengan batu ginjal besar di tengah ginjal (disebut “renal pelvis”) bisa diobati dengan litotripsi extra-corporal shock wave, di mana gelombang suara ultra menyebabkan resonansi dan batu ginjal besar pecah menjadi partikel seperti pasir yang bisa dipindahkan ke urin.


6. Mengontrol nyeri: Pengobatan rumahan untuk mengontrol nyeri adalah pack es dan “quark pack”. Itu hanya gejala sampai efek colchicine masuk. Pengobatan fisioterapi digunakan untuk membuat sendi di kaki bisa bergerak. Akupuntur bisa berguna untuk mengontrol nyeri. Obat anti bengkak digunakan hanya saat fase akut saja.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang