Apa yang harus direncanakan oleh orang ateis terhadap jenazahnya setelah dia meninggal?

Dilihat 713 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hanya ada tiga hal yang masuk akal yang dapat dilakukan oleh seorang ateis terhadap jenazahnya (atau paling tidak melakukan sebagian di antaranya sebanyak mungkin), yaitu:

  1. Menyumbangkan jezanzahnya untuk keperluan pembelajaran anatomi
  2. Menyumbangkan organ - organ tubuhnya untuk ilmu pengetahuan
  3. Menyumbangkan organ - organ tubuhnya untuk transplantasi

Saya menyebutkan mengenai ilmu pengetahuan di awal bukan karena kedua pilihan tersebut merupakan yang paling penting dan tapi karena keduanya tidak banyak diketahui dan jauh lebih rumit. Meskipun cukup culit untuk menyelesaikannya secara administratif karena hal tersebut menguntungkan untuk beberapa alasan. Kamu merasa lebih baik akan kematianmu dengan mengetahui bahwa kamu membantu kemajuan ilmu pengetahuian.


Dan memberikan kelapangan bagi keluarganya karena tidak harus mengurusi pemakaman jenazahmu - semuanya kan ditangani oleh universitas! Orang - orang tercintamu merasa lebih baik mengenai kematianmu dengan mengatahui bahwa tubuhmu dapat membantu orang lain. Kamu tidak memiliki pemakaman atau kremasi, tapi upacara peringatan. Hal ini akan membuat orang - orang yang hadir merasa lebih baik karena tidak adanya jenazah yang agak membusuk di tengah - tengah ruangan.


Sekarang bagian tersulitnya - bagaimana cara mewujudkannya?

Seperti yang kamu ketahui, urusan yang berhubungan dengan jenazah penuh dengan segala macam masalah hukum. Sekolah kesehatan selalu membutuhkan jenazah karena mereka hanya dapat menggunakannya selama satu tahun. Jadi kalau kamu menghubungan universitas lokal, mereka akan dengan senang hati memberikan informasi mengenai prosesnya dan mungkin mereka sangat memahami hal tersebut - kamu hanya perlu menemui orang yang tepat di sana.

Menyumbangkan jenazahmu untuk ilmu pengetahuan bahkan lebih sulit lagi - institusi - instituasi penelitian juga sangat membutuhkan jenazah tapi biasanya mereka sama tidak tahunya dengan  kamu mengenai proses yang harus dilakukan. Salah satu contohnya: Permohonan donor otak untuk penelitian. Isinya adalah mencari donor otak - yang menurut saya sangat menarik  dan saya menghubungi mereka dengan segera hanya untuk diarahakan ke diteruskan ke halaman registrasi donor umum. Jadi saya rasa orang yang ingin donor harus menghubungan prosesor secara langsung untuk bertanya. Salah hal yang penting dalam hal ini adalah memilih institusi yang berada dalam negara yang sama karena mengirimkan jenazah ataupun organ tubuh ke negara lain sangat rumit


Saya rasa sekarang saatnya untuk mengatakan mengenai ide yang sudah saya pikirkan selama beberapa waktu. Saya ingin membuat situs semacam wikipedia untuk bertukar informasi mengenai program semacam ini. Pada dasarnya ini merupakan situs dimana informasinya dibuat berdasarkan wilayah mengenai bagaimana cara mendaftar untuk menyumbangkan organ tubuh, bagaimana menyumbangkan jenazahmu ke universitas, atau percoban untuk organ tertentu.


Kalau kamu tertarik dengan ini ini, kamu bisa vote jawaban saa, komen atau kirim pesan ke saya atau behkan lebih dari itu sehingga kamu bisa mengkontribusikan ilmu yang kamu ketahui. Saya rasa saya dalam posisi yang sangat baik untuk melakukan hal ini karena saya adalah seorang pembuat web dan pengusaha dan kakak saya sudah menjadi koordinator sumbangan organ tubuh selama bertahun - tahun. Semoga kamu beruntung dalam menemukan jawaban mengenai apa yang harus kamu lakukan dengan jenazahmu setelah kamu meninggal nanti.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang