Apa yang harus kita konsumsi untuk nutrisi kulit?

Dilihat 1,75 rb • Ditanyakan sekitar 3 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pola makan dan kesehatan kulit Anda ternyata berkaitan. Jika Anda menginginkan kulit yang tampak sehat, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah mendapatkan vitamin dan nutrisi yang cukup, meliputi dibawah ini:

- Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen. Pembentukan kolagen bergantung pada asupan vitamin C. Kolagen membuat kulit Anda kencang, kenyal, dan elastis. Sayangnya, tubuh manusia tidak mampu meproduksi vitamin C sendiri, jadi Anda hanya bisa mendapatkannya dari diet sehari-hari. Makanan yang mengandung vitamin C meliputi semua buah dan sayur segar. Tapi stroberi, sayur yang memiliki daun berwarna gelap seperti bayam, dan semua buah citrus adalah sumber yang baik. 

- Asam hyaluronic

Asam hyaluronic, atau hyaluronan adalah glikosaminoglikan yang terbentuk secara alami pada tubuh manusia. Asam hyaluronic adalah komponen pada kulit, yang membuat kulit Anda kencang dan elastis. Komponen ini juga melembapkan kulit, mencegah kelembapan yang hilang, dan mempunyai properti anti-inflamasi. Meskipun tingkat asam hyaluronic cukup tinggi pada saat usia muda, kadarnya berkurang 50% begitu Anda mencapai usia 50. Hal ini berdampak pada kulit yang keriput dan lentur. Makanan yang mengandung asam hyaluronic meliputi kentang, ubi manis dan akar-akaran lainnya, serta juga berbagai produk hewani. 

- Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang paling baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E memiliki properti antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas. Vitamin ini juga meningkatkan fungsi bahan aktif pada tabir surya dan juga memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar UV (walaupun ini bukan merupakan pengganti yang sempurna bagi tabir surya yang mengandung SPF). Vitamin E juga menajaga kulit agar tetap lembap dengan cara mencegah hilangnya kadar air transepidermal dan menjaga kualitas penahan kelembapan pada kulit. Makanan yang mengandung vitamin E meliputi, minyak zaitun, bayam, almond, hazelnut, alpukat, tun, dan biji bunga matahari. 

- Vitamin A

Vitamin A juga merupakan salah satu vitamin terbaik bagi kulit. Vitamin A, atau yang dikenal sebagi retinol, mempunyai fitur anti-aging.  Vitamin A berperan dalam produksi minyak alami pada kulit, yang menjaga kelembapan dan kesehatan kulit itu sendiri. Vitamin ini juga merupakan antioksidan yang bagus dan akan melindungi kulit dari radikal bebas, yang bisa menyebabkan keriput. Jerawat bisa menjadi tanda dari kekurangan viamin A. Makanan yang mengandung vitamin A meliputi telur, mangga, melon, paprika, nrokoli, alpukat, wortel, keju dan yogurt. 

Minum 8 gelas air per hari sangat direkomendasikan untuk kesehatan, namun ini saja tidak cukup untuk memperoleh kulit yang sehat, Mengkonsumsi air bisa memberikan hasil jika kulit Anda memang sudah cukup lembap. Tapi untuk kulit kering, berminyak atau kombinasi, delapan gelas air saja tidak cukup. Jika minum 8 gelas air per hari sudah memberikan Anda kulit yang berkilau, maka pelembap dan produk kecantikan lainnya mungkin tidak akan dibutuhkan dan perusahaan kosmetik akan bangkrut dengan cepat. Mendapatkan vitamin untuk kulit dari diet Anda merupakan cara yang paling baik. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang