Apa pendapatmu mengenai Pancasila sebagai ideologi Indonesia?

Dilihat 3,34 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Setiap negara memiliki ideologi yang berbeda. Ideologi adalah hal yang penting yang harus dimiliki oleh setiap negara karena salah satu fungsi ideologi adalah untuk menunjukkan identitas suatu negara. 


Setiap negara memiliki pandangan yang berbeda tentang ideologi, hal itu disebabkan karena perbedaan pemahaman, sudut pandang, dan sejarah yang mendorong terciptanya ideologi suatu bangsa. Jadi tidak mengherankan jika ideologi setiap negara akan berbeda-beda satu sama lain. 


Pengertian ideologi sendiri adalah sebuah ajaran, doktrin, atau ilmu yang diyakini kebenarannya dan telah disusun secara sistematis yang berguna untuk menyelesaikan masalah yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 


Dalam sebuah ideologi tercipta sebuah konsep dasar cita-cita, tujuan, dan cara negara tersebut berdiri dan melaksanakan kehidupan bernegaranya. 



Ideologi Bagi Sebuah Negara


Setiap negara yang terbentuk dan merdeka harus mempunyai ideologinya sendiri yang bisa menunjukkan jati diri negara tersebut. Ideologi dapat menunjukkan prinsip dan juga pedoman yang akan digunakan oleh negara tersebut dalam menjalankan negaranya. Ideologi juga bisa dikatakan sebagai landasan utama atau identitas bangsa yang mereka bangun dan mereka percayai. 


Untuk itu, semua yang akan terjadi di dalam sebuah negara seperti hukum, peraturan, pemerintahan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya akan berlandaskan pada ideologi yang dianut oleh suatu negara. 


Seperti yang kita tahu banyak sekali ideologi negara di dunia seperti ideologi liberalisme, komunisme, kapitalisme, sosialisme, dan masih banyak lagi ideologi yang lainnya. 


Ideologi pancasila

Ideologi Pancasila di Indonesia


Setiap negara memiliki landasan ideologi yang mereka anut, salah satunya negara Indonesia. Indonesia memiliki ideologi yang berbeda dengan ideologi yang dianut oleh negara lain, yaitu ideologi Pancasila. 


Ideologi pancasila merupakan nilai-nilai luhur budaya dan religius bangsa Indonesia. Pancasila bagi Indonesia berkedudukan sebagai dasar negara dan juga ideologi bangsa yang memiliki kedudukan tertinggi yang menyangkut kehidupan bernegara di Indonesia. 


Ideologi Pancasila juga merupakan kumpulan dari nilai-nilai atau norma yang berdasarkan pada Pancasila. Makna pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia merupakan nilai-nilai luhur yang tercantum dalam ideologi Pancasila yang menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan negara Indonesia.


Makna Pancasila sebagai ideologi bangsa juga dirumuskan sebagai berikut: 


  1. Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan negara Indonesia.
  2. Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama dan menjadi salah satu sarana untuk mempersatukan masyarakat Indonesia. 

Selain dijadikan sebagai dasar ideologi negara, Pancasila juga berfungsi sebagai dasar negara Indonesia yang diwakili oleh 5 sila. Pancasila sebagai dasar negara memiliki kedudukan sebagai dasar falsafah bangsa (philosophische grondslag). 


Hal ini berarti makna Pancasila sebagai dasar negara dipergunakan sebagai dasar untuk mengatur sistem pemerintahan dan mengatur kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Itu artinya, anda harus mematuhi semua peraturan yang berlaku sesuai dengan Pancasila jika anda hidup di Indonesia, baik sebagai warga negara Indonesia ataupun warga negara asing. 


Bukti bahwa pancasila sebagai dasar negara terkandung dalam pembukaan UUD alinea ke IV. 


Pengamalan nilai-nilai luhur pancasila

Inti ideologi pancasila sendiri sangat fantastik dan membuat Indonesia memiliki ideologi yang berbeda dengan bangsa lain. 


Masalah terbesarnya adalah bagaimana makna Pancasila itu diajarkan pada masyarakat terutama pada generasi muda Indonesia, sehingga Pancasila bukan lagi hanya berupa poin-poin penting yang tidak bermakna yang kita baca berulang-ulang tetapi tidak membekas di hati kita. 


Menteri pendidikan melakukan tindakan serius untuk memikirkan cara tepat untuk mengajar tentang pengamalan nilai-nilai pancasila. 


Langkah yang bisa ditempuh misalnya dengan memberikan pelatihan pada guru kewarganegaraan tentang bagaimana cara mengajar nilai-nilai pancasila pada anak-anak dengan baik. Sehingga, generasi muda tidak hanya mengetahui, menghafal, dan menjawab pertanyaan mengenai pancasila tetapi mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.



Pengamalan pancasila sila ke 1

Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan menanyakan pada murid tentang beberapa situasi yang berhubungan dengan pengamalan nilai-nilai pancasila. 


Misalnya permasalahan korupsi yang tentu sangat bertentangan dengan makna pancasila.


Atau menanyakan pada murid bagaimana pendapat mereka tentang kehidupan seorang penyapu jalanan atau tukang sampah. Tanyakan pada mereka, mengapa beberapa orang hidup miskin dan beberapa orang hidup berkecukupan? Lalu, apa maksud dari keadilan sosial pada kasus ini? 


Tanyakan pendapat mereka juga tentang beberapa orang yang mengabaikan pengemis dan orang miskin di jalanan, apakah itu baik menurut pancasila? Bisakah murid mempertanyakan sifat konsumtif orang Indonesia yang mereka lihat di mall di sekitar mereka? Apakah itu sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam pancasila? 


Atau pertanyaan lainnya, seperti seberapa sukses prinsip pancasila dalam menjamin derajat pluralisme di Indonesia? Apakah sikap toleransi terhadap perbedaan masih terjalin diantara masyarakat Indonesia? 


Pertanyaan-pertanyaan seperti ini bisa membangun sikap kritis dan membentuk pemahaman terhadap nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Potret kemiskinan di Indonesia

Tentu masih banyak cara untuk mengajarkan nilai-nilai luhur pancasila sejak dini kepada anak-anak dengan mencontohkan kehidupan di sekitar kita. Jadi mereka tidak hanya menghafal 5 sila dalam pancasila namun juga harus mengetahui perwujudan nyata dari pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. 


Bisa kita bayangkan bila negara kita mampu menerapkan nilai-nilai luhur pancasila sejak dini kepada generasi muda, pasti Indonesia akan menjadi masyarakat yang damai dan sejahtera. Tetapi hal ini juga harus didukung oleh sikap kita sebagai orang tua dan juga pemimpin yang harus sesuai dengan nilai-nilai pancasila. 


Karena biasanya generasi muda akan menuruti apa yang dilakukan oleh para pendahulunya, jadi terapkan nilai pancasila pada diri kita terlebih dahulu agar bisa menjadi cerminan mereka mempelajari arti dan makna nilai-nilai pancasila.


Kita sangat berharap ideologi pancasila akan tetap terjaga mengingat perjuangan para pendiri bangsa dan para pahlawan kita terhadap bangsa ini. Bangsa Indonesia yang memiliki banyak suku, budaya, agama, dan bahasa ini bisa bersatu hingga sekarang berkat pancasila yang mendasarinya. 


Semoga kita dan generasi muda Indonesia bisa menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia bisa tercapai. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang