Apa yang membuat campak begitu menular?

Dilihat 239 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya tadinya mau menjawab "kami tak tahu", karena pada tingkatan tertentu kami benar-benar tidak tahu. Tapi ada beberapa hal yang kita ketahui berkaitan dengan kemampuan penularan campak: Pada tahapan tertentu penyakitnya, virusnya bereplika hingga tingkatan yang sangat tinggi di dalam sel-sel saluran pernafasan, dan mengeluarkan jumlah virus yang sangat besar ke saluran nafas. Artinya ada virus dengan jumlah yang sangat besar yang terus menerus dihembuskan ke udara.


Virus itu cukup stabil dan tahan berada di udara. Virus tersebut tahan pada rentang kelembaban dan suhu yang cukup besar, dan bisa tetap berbahaya bahkan setelah tetesan kecil dari saluran pernafasan itu mengering dan hampir hilang. Virus itu juga bisa masuk ke inang yang baru melalui sistem pernafasan dan memulai infeksi baru dengan cara itu. Tak membutuhkan dosis yang sangat besar agar terkena infeksi. Hanya sedikit partikel saja bisa memulai siklus baru penyakitnya.


Jadi hasil akhir dari faktor-faktor ini adalah kemanapun pasien campak bepergian, virusnya akan bersaturasi dengan atomosfer di sekitarnya. Virusnya akan berbentuk partikel-partikel kecil yang tidak begitu saja keluar ke udara, sehingga bisa tetap ditahan untuk waktu yang lama, dan berkelana dengan aliran udara sekecil apapun. Virus tersebut akan tetap infeksius untuk beberapa saat selama perjalanannya, dan meski hanya sedikit partikel saja yang bertemu inang barunya, ia bisa dengan cepat menginfeksinya. Detil molekul cara kerja virus ini tidaklah, sebagaimana yang saya tahu, begitu dipahami, tapi setidaknya ada gambaran kasar dari sebuah penjelasan.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang