Apa yang membuat mobil mewah menjadi sangat mahal?

Dilihat 8,65 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mobil mewah memang memiliki harga yang fantastis dibandingkan dengan mobil biasa. Bahkan jika kita lihat daftar 10 mobil mewah di dunia yang ada saat ini, harga terendahnya saja hampir 20 milyar rupiah. Sedangkan mobil MPV seperti Avanza dapat dibeli pada kisaran harga 100-200 juta rupiah. Tentunya hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai apa sebenarnya yang menyebabkan perbedaan harga tersebut. 


Nah, di sini saya akan jelaskan apa yang menyebabkan harga mobil mewah menjadi sangat mahal. Tapi sebelumnya, mari kita lihat beberapa mobil mewah di dunia dan di Indonesia saat ini.



Mobil Mewah di Dunia


Jika kita lihat definisi dari wikipedia, mobil mewah adalah sebuah istilah pemasaran yang diperuntukkan bagi sebuah mobil yang menyediakan kemewahan. Istilah tersebut digunakan untuk memberikan kesan bahwa sebuah mobil dilengkapi dengan peralatan yang lebih berkualitas, memiliki performa yang lebih baik, dibuat dengan ketepatan yang lebih tinggi, memberikan kenyamanan yang lebih baik, menyediakan rancangan tingkat tinggi serta teknologi atau fitur-fitur modern yang inovatif yang melambangkan sebuah image, merk, status atau prestige. 


Di bawah ini adalah 3 mobil mewah di dunia dengan harga paling mahal yang dikutip dari otomaniac.com.


1. Maybach Exelero (IDR 106 Milyar)


mobil mewah


Maybach merupakan mobil mewah termahal di dunia dengan harga USD8 juta atau sekitar IDR 106 milyar. Mobil ini sebenarnya merupakan mobil yang diuat secara custom atas permintaa Fulda Tires untuk keperluan iklan ban baru mereka yang lebar. Mobil ini diproduksi pada tahun 2004 dan kemudia dibeli oleh rapper Birdman pada tahun 2011 seharnya USD 8 juta. Mobil ini memiliki kekuatan 700dk dengan mesin twin-turbo V12 dan dapat mencapai kecepatan 350 km/jam.


2. Lamborghini Veneno (IDR 60 Milyar)


mobil mewah terbagus


Lamborghini Veneno merupakan salah satu mobil mewah di dunia yang diproduksi secara sangat terbatas berdasarkan Lamborghini Aventador yang diproduksi dalam rangka perayaan ulang tahun Lamborghini yang ke 50 tahun. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 3 unit yang kemudian dijual seharga USD 4,5 juta. Mobil ini dilengkapi dengan mesin yang sangat bertenaga yang dapat mencapai kecepatan 335 km/jam.


3. Lykan Hypersport (IDR 45 Milyar)


mobil mewah termahal


Lykan Hypersport memiliki tampilan futuristik serta merupakan kombinasi sempurna dari kecepatan dan tenaga. Mobil ini diproduksi oleh W. Motor dan merupakan mobil pertama yang dirancang dan diproduksi di UEA (Uni Emirat Arab). Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 7 unit dan dapat mencapai kecepatan hingga 395 km/jam.



Mobil Mewah di Indonesia


Meskipun memiliki harga selangit, mobil mewah memiliki penggemar tersendiri yang biasanya berasal dari kalangan pengusaha dan artis. Di bawah ini adalah beberapa mobil mewah di Indonesia yang dimiliki oleh para selebriti.


1. Chevrolet Camaro


mobil mewah di Indonesia


Chevrolet Camaro dikenal sebagai sosok Bumblebee di film Transformer. Mobil ini memilik mesin V8 yang dapat menghasilkan tenaga setara dengan 455 tenaga kuda. Raffi Ahmad merupakan selebriti yang memliki salah satu mobil seharga sekitar Rp 2,2 milyar ini.


2. Porsche Cayman 


pemilik mobil mewah di Indonesia


Cayman merupakan salah satu mobil mewah garapan produsen mobil sport asal Jerman, Porsche. Mobil ini memiliki tenaga setara dengan 340 tenaga kuda dengan harga di atas Rp 1,5 milyar. Beberapa selebriti tanah air yang memiliki salah satu mobil mewah di Indonesia ini antara lain Syahrini, Deddy Corbuzier, dan Cynthiara Alona.


3. Lamborghini Gallardo


artis Indonesia yang memiliki mobil mewah


Salah satu mobil mewah yang cukup banyak digemari oleh para selebriti adalah Lamborghini Gallardo. Mobil mewah yang satu ini dapat menghasilkan tenaga setara dengan 560 tenaga kuda dan dapat mencapai kecepatan 325 km/jam. Beberapa selebriti yang memiliki mobil mewah ini antara lain Ari Pramundito, Syahrini, dan Tompi. Lamborghini Gallardo memiliki harga sekitar Rp 5,5 milyar.



Penyebab Tingginya Harga Mobil Mewah


Banyak orang yang bertanya-tanya apa sebenarnya yang membuat mobil mewah sangat istimewa sehingga harganya demikian tinggi. 


Banyak orang percaya bahwa harga mobil mewah jauh lebih mahal dibanding mobil biasa karena mobil-mobil tersebut memiliki kualitas unggul, memiliki ukuran yang lebih besar, memiliki beragam pilihan, dan terbuat dari bahan-bahan yang mahal dan lain sebagainya. Hal ini tidak sepenuhnya benar. 


Contohnya, jok mobil yang terbuat dari kulit asli, memang membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jok yang terbuat dari kain atau vynil, tapi perbedaan biaya tersebut tidak luar biasa. Hal yang sama berlaku juga untuk fitur mewah lainnya seperti heated seats, roda kemudi, atap kaca, dan sebagainya. Rahasia kecil dari industri otomotif adalah bahwa biaya dari fitur-fitur mewah pilihan itu biasanya adalah biaya tambahan. 


Konsultan dan ahli industri Jim Hall (of 2953 Analytics) mengatakan: "Para pembuat otomotif memperoleh laba yang sangat besar (dengan menjual mobil-mobil mewah), biaya tambahan yang terjadi karena penambahan material dan fitur-fitur jauh lebih kecil daripada harga yang mereka bebankan (untuk menambah  nilai jual)."


Setelah itu Jim membahas tentang paket mewah yang ditawarkan oleh truk pickup yang dapat mencapai hingga $70.000, tapi jenis kendaraan tidak memberikan perbedaan. Karena bukan berarti BMW menggunakan jok kulit dengan kualitas yang berbeda dari jenis jok kulit yang digunakan Ford untuk mobil Platinum F-150, atau bahwa interior Lexus yang mewah jauh lebih berkelas dari mobil GMC Denali yang baru (anda harus melihat interior truk ini!).


interior mobil mewah


Biaya tambahan yang timbul dari fitur-fitur mewah tersebut, semakin memperjelas mengapa produsen mobil menambahkannya ke dalam mobil-mobil kelas ekonomi. 


Sebagai contoh, Honda menawarkan interior kulit dan navigasi pada Honda Fit generasi pertama, hal ini sangat menguntungkan untuk Honda. Setiap konsumen yang membayar tambahan $3,000 untuk Honda Fit EX-L menaikkan profit Honda secara keseluruhan, karena setidaknya setengah dari nilai tersebut merupakan keuntungan bersih. 


Hal lain yang menyebabkan mobil mewah memiliki harga yang sangat tinggi adalah jumlah produksi. Alasan utama mengapa Range Rover atau Mercedes Benz SL500 memiliki harga yang tinggi adalah jumlah unit yang diproduksi terbatas. Perancangan dan pengembangan mobil menghabiskan biaya yang cukup tinggi. Para produsen mobil menghabiskan baya ratusan juta bahkan milyaran dolar dalam merancang dan mengembangkan kendaraannya dari awal sampai akhir. 

Selain biaya desain dan pengembangan mobil tersebut, ada juga biaya lainnya, seperti biaya onderdil, biaya konfigurasi pabrik, biaya pelatihan para pekerja, biaya perakitan, biaya pemeliharaan mesin robot yang mengelola berbagai bagian dari proses perakitan, dan lain sebagainya. 


Contohnya Toyota, mereka menghabiskan 2 milyar dolar untuk mengembangkan truk pickup Tundra, paling tidak jika kita juga menghitung biaya yang dikeluarkan untuk membangun pabrik di San Antonio untuk memproduksi mobil tersebut. Biaya-biaya ini harus diamortisasi untuk setiap kendaraan yang terjual. 


Itulah alasannya mengapa kendaraan yang diproduksi dalam jumlah terbatas menghabiskan biaya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan yang diproduksi masal. Contohnya, jika anda menghabiskan 1 milyar dollar untuk biaya pengembangan produksi, dan biaya tersebut dibagi secara rata pada satu model kendaraan yang terjual sebanyak 10.000 unit setahun selama 5 tahun, maka mobil tersebut harus dijual pada harga $20.000 hanya untuk menutup biaya produksinya (dengan mengabaikan nilai waktu dari uang dan ROI yang diharapkan oleh produsen mobil ). Belum lagi, anda masih harus membeli suku cadang mobil dan menyimpannya di dalam pabrik.  


Intinya, hitungan matematika dari semua ini sebenarnya mudah, jika Anda memahami kenyataan yang sebenarnya. Ada beberapa model kendaraan yang menghabiskan biaya sampai ratusan juta dollar untuk dikembangkan, tidak termasuk biaya untuk pembangunan pabrik, biaya perekrutan pekerja, dan sebagainya. 


Total biaya untuk satu kendaraan dapat mencapai 1 milyar dolar, kadang lebih. Biaya-biaya ini harus diamortisasi untuk setiap satu model kendaraan yang terjual. Jika terjual dalam jumlah yang sangat rendah (katakanlah 10,000 unit dalam satu tahun), maka nilai penjualan tersebut, sebagian besar digunakan untuk menutupi biaya pengembangan. 


Jika terjual dalam jumlah yang sangat tinggi (katakanlah, 300,000 unit setahun), biaya pengembangan yang diamortisasi untuk setiap satu kendaraan sangatlah kecil, itulah mengapa F-series truck, Toyota Camry, Honda Civic, dan model terkenal lainnya sangatlah "murah" (secara relatif). 


Jawaban singkat dari pertanyaan anda adalah mobil mewah dijual dengan harga yang sangat mahal karena mobil-mobil tersebut diproduksi dalam jumlah yang terbatas. 


Jadi pada dasarnya, mobil mewah memiliki harga yang mahal karena anda membayar untuk eksklusivitas. Semakin eksklusif mobil tersebut (model yang ditawarkan sedikit), maka akan semakin tinggi biaya yang dibebankan oleh produsen mobil untuk desain, pengembangan dan perakitan. Seseorang bersedia membayar mahal untuk sebuah mobil mewah demi ekslusifitas yang akan didapatkan. 


Sekarang setelah anda mengetahui kondisi yang sebenarnya, anda tentunya mengerti mengapa para produsen mobil mengejar jumlah/volume penjualannya. Semakin tinggi jumlah penjualan yang mereka hasilkan, maka akan semakin rendah biaya efektif untuk setiap kendaraan yang terjual.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang