Apakah roti panggang merupakan makanan diet yang sehat?

Dilihat 593 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1



Mempunyai bentuk tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Salah satu hal yang dilakukan seseorang yang memiliki berat badan berlebih adalah dengan melakukan program diet untuk menurunkan berat badannya. Diet merupakan kegiatan makan makanan yang sehat dengan cara diatur untuk mencapai atau menjaga berat badan yang ideal. Namun sayangnya banyak orang belum mengerti benar bagaimana cara diet yang sehat, maka tidaklah heran banyak orang yang mengalami kegagalan dalam menjalani diet karena mereka melakukan kesalahan dalam pola makan mereka. 

Pada dasarnya diet yang sehat adalah tentang mengelola pola makan, termasuk memilih jenis makanan diet sehat yang sebaiknya dikonsumsi. Diet yang sehat adalah ketika semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi. Makanan yang harus anda konsumsi adalah makanan yang mengandung gizi seimbang serta dikonsumsi dalam porsi kecil. Jadi bentuk diet sehat diwujudkan dengan perubahan perilaku konsumsi makanan dan aktivitas ke arah yang lebih sehat dibanding sebelumnya

Nah, agar berhasil dalam menjalankan program diet, maka sebaiknya anda harus tahu apa saja makanan diet sehat yang sebaiknya dikonsumsi tersebut, karena hanya dengan mengurangi porsi makan dan olahraga secara teratur, tidak cukup untuk mensukseskan program diet yang anda jalani. Bagi anda yang ingin diet pasti penasaran kan, makanan yang sehat itu apa aja sih? Yuk kita lihat uraiannya di bawah ini:


Makanan untuk Diet yang Sehat

    


Makanan yang sehat akan memberikan efek atau rasa kenyang yang cukup lama, jadi dengan begitu anda tidak harus membeli camilan yang tidak sehat dan tidak baik untuk berat badan anda apa bila anda sedang menjalankan program diet. Berikut adalah beberapa jenis (contoh) makanan sehat untuk diet:

  • Apel - Buah apel termasuk sebagai makanan yang rendah kalori, lemak, sodium, dan juga serat pangan yang baik. Sudah pasti buah apel digolongkan ke dalam jenis buah untuk diet. 
  • Sayuran Segar - Sayuran hijau hampir seluruhnya baik untuk kesehatan, salah satunya mengontrol berat badan. Di sini, Anda harus menekankan pemilihan sayur yang benar-benar segar, bebas dari pestisida, herbisida, dan bahan kimia lain yang secara geneik akan merusak keseimbangan kebaikan yang melekat pada sayuran-sayuran tersebut. 
  • Bluberry - Bluberry juga disebut-sebut sebagai buah atau makanan untuk diet yang secara umum dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Dengan konsumsi buah bluberi, Anda akan kehilangan lemak dalam tubuh anda. Disamping itu, bluberi juga mampu memecahkan glukosa darah berlebih, sehingga penyakit yang bisa timbul akibat kadar gula berlebih akan terminimalisir risikonya. Pastikan bahwa bluberi yang ingin Anda makan masih segar.
  • Ikan Salmon - Tanpa disadari hampir semua cara untuk mengatasi masalah kesehatan pasti ada kaitannya dengan ikan salmon, memang ikan yang ajaib. Sudah pasti karena kandungan asam lemak omega-3 nya yang di sini juga berguna untuk diet. Lemak tersebut adalah lemak tak jenuh yang tidak perlu anda khawatirkan. Jika ingin mengonsumsinya, pastikan untuk tidak digoreng karena dapat memudarkan khasiat yang semestinya diberikan.
  •  Jamur - Jamur dapat Anda konsumsi bersamaan dengan makanan sehat lain yang dapat mempercepat program penurunan berat badan Anda. Untuk hasil yang terbaik, Anda harus memilih jamur yang benar-benar berkualitas. Jamur Kancing khususnya. Jamur jenis ini sangat tinggi vitamin namun rendah kalori.

Yang pasti, anda harus memilih makanan yang rendah kalori. Lebih baik lagi apabila Anda bisa menghindari makanan yang manis.


Roti Panggang Makanan Diet Sehat?


Kembali ke pertanyaan di atas, apakah roti panggang merupakan makanan diet yang sehat? Roti panggang bukanlah makanan diet yang sehat. Fakta sebenarnya, roti panggang merupakan makanan diet yang sangat buruk. Roti panggang hanyalah roti dengan kadar air yang dikurangi, dan mengurangi kadar air sama sekali tidak akan menambah nutrisi apapun pada roti. Jadi mengapa anda berpikir roti panggang masuk kedalam kategori makanan diet yang sehat? Itu hanyalah roti biasa.

Entah itu roti keju, roti selai kacang, roti panggang atau roti isi apapun, disarankan agar tidak dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet. Tentunya anda penasaran dan bingung, kenapa kok malah roti tidak boleh dikonsumsi pelaku diet, ya? 

Berikut ini alasannya:

  • Rendah Nutrisi 

Nutrisi pada roti itu terlalu dibesar-besarkan. Padahal, tidak seperti makanan lain, roti terutama roti putih tidak mengandung nutrisi. Roti hanyalah sumber kalori yang cepat dan murah untuk membuat anda tetap hidup. Jauhilah roti sebagai sumber nutrisi yang pokok. 

  • Mengandung banyak Fruktosa 

Fruktosa merupakan jenis gula yang banyak terdapat dalam berbagai makanan olahan. Hampir semua jenis roti mempunyai kandungan gula fruktosa, namun roti tawar putihlah yang mempunyai kandungan fruktosa paling tinggi. Kandungan fruktosa ini mempunyai dampak buruk bagi kesehatan terutama yang berkaitan dengan ginjal dan darah. 

  • Tinggi Karbohidrat, Sedikit Serat

Kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dalam roti tawar, berpotensi mengakibatkan hiperkarbohidrat atau kelebihan karbohidrat dalam tubuh. Jika dibiarkan, maka bisa berpotensi menyebabkan gangguan fungsi kognitif otak, seperti menurunnya kecerdasan dan daya ingat, atau bahkan alzheimer. Selain itu, Roti juga tidak punya serat. Bahkan se tingkat whole wheat bread sekalipun tidak dapat mencukupi kebutuhan serat harian, apalagi roti gandum pada umumnya. kandungan serat yang sangat terbatas, akan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan.

  • Mengandung Gluten

Tepung bahan roti tawar umumnya memiliki kandungan protein jahat atau glutten yang sangat tinggi. Jenis protein ini dapat menimbulkan sakit perut hingga diare. Banyak orang yang tidak tahu apakah dirinya sensitif terhadap gluten atau tidak, karena gejalanya tidak terlihat. Bagi mereka yang memiliki penyakit celiac atau intoleransi gluten, mengonsumsi gluten dapat memicu efek samping (perut kembung, sakit perut, diare, berat badan menurun, sering merasa kelelahan). Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki penyakit celiac namun cukup sensitif terhadap makanan yang mengandung protein gluten, maka orang tersebut memiliki intoleransi gluten. Efek samping yang mungkin terjadi pada penderita intoleran gluten antara lain kurang lebih sama dengan penyakit celiac, hanya saja, tanpa adanya kerusakan pada usus kecil. 

 

Intinya, agar diet anda berhasil dengan cepat, imbangilah dengan pola makan yang baik. Mulailah dari sekarang lebih disiplin dalam memilih menu makanan diet sehat untuk anda konsumsi. Dan yang paling penting, jauhi makanan yang tidak baik untuk diet anda. Di samping itu, anda harus benar-benar berkomitmen dalam menjalankan program diet. Komitmen yang kuat akan memudahkan diet yang sedang anda jalankan. Semoga proses diet yang anda jalani segera membuahkan hasil. Good Luck!


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang