Apa yang menyebabkan asam urat tinggi di dalam tubuh?

Dilihat 1,45 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hiperurisemia bisa disebabkan berbagai macam faktor:

Peningkatan produksi asam aurat oleh oksidasi xanthine, biasanya disebabkan oleh makanan kaya purin, terutama adenin dan hipoxanthine.

Penurunan ekskresi akibat obat-obatan dalam kelas antiurikosurik dan zat-zat lain termasuk salisilat, pyrazinamid, ethambutol, dan lain-lain...

Suatu makanan ketogenik merusak kemampuan ginjal untuk mengekskresi asam urat akibat kompetisi untuk transportasi antara asam urat dan keton.

Penyakit metabolik seperti sindrom Lesch-Nyhan menyebabkan sebuah defisiensi enzim HGPRT yang menyebabkan kelebihan produksi asam urat.

Sindrom tumor lisis disebabkan oleh kemoterapi - penghancuran termediasi sel-sel yang membelah secara cepat (misalnya limpoma yang kurang terdiferensiasi, leukemia) yang mengeluarkan asam urat tingkat tinggi ke dalam darah.


Perawatannya termasuk allopurinol (XO inhibitor) atau rasburicase (membuat asam urat lebih larut dengan mengubahnya menjadi alantoin). Konsumsi alkohol telah terbukti menyebabkan hiperurisemia. Asupan tinggi fruktosa juga bisa berkontribusi terhadap hiperurisemia.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang