Apa yang menyebabkan beberapa orang memar lebih mudah daripada yang lain?

Dilihat 1,6 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sebuah memar hanyalah adanya darah di bawah kulit anda, biasanya dari kerusakan dan kebocoran pembuluh darah kecil pada tubuh anda yang disebut kapiler. Kerusakan dapat berasal dari trauma eksternal, tentu saja, tetapi juga terjadi terus menerus di dalam dari penggunaan sederhana sehari-hari dan air mata dan dari pasukan yang menekan pada tempatnya di pembuluh darah dari sel-sel terbang melalui kecepatan tinggi sepanjang hari. Ketika kerusakan terjadi, proses dimana tubuh anda memperbaiki dinding kapal dan dimulai dari proses penyembuhan luka yang disebut hemostasis. Apapun yang mengacaukan proses normal hemostasis dapat mengakibatkan pendarahan, yang bisa menimbulkan sedikit memar. 


Saya akan menjelaskan hemostasis dan beberapa penyebab potensi gangguan pendarahan bawah, tapi di sini adalah garis bawah: ini bisa menjadi tidak penting, tetapi karena juga bisa menjadi sesuatu yang bisa disembuhkan dan / atau indikasi sesuatu yang serius, pastikan untuk memeriksanya. Tergantung pada ukuran memar, berapa lama ini telah terjadi, setiap baru-baru ini riwayat kesehatan atau penggunaan narkoba, dan faktor-faktor lain, dokter anda harus dapat membantu anda menyelesaikan apa yang mungkin terjadi, dan / atau merujuk anda untuk melakukan hematologi jika diperlukan. Sekarang, mengatakan bahwa, untuk hemostasis: hemostasis adalah salah satu proses ajaib yang terus menerus terjadi di seluruh tubuh, dan umumnya berlangsung dalam beberapa fase.


Pertama, pembuluh darah anda meremas refleks untuk menurunkan sedikit aliran dan memberikan sistem kesempatan untuk putaran. Kedua, sel-sel kecil yang disebut trombosit, atau platelet, mulai berkumpul bersama-sama dan membentuk apa yang kita sebut sumbatan platelet. Sumbatan ini bekerja dengan cepat dan menghentikan pendarahan awal. Kami menyebut ini hemostasis primer. Tidak mengherankan, apapun yang menghancurkan kemampuan trombosit untuk bekerja dengan baik akan melemahkan kemampuan tubuh anda untuk cepat memperbaiki sedikit pendarahan, dan gejala ini dapat termasuk pendarahan cepat. Cepat dan penyebab yang jelas dapat terlihat jika anda mengambil obat-obatan seperti asprin yang memblok poin pada kaskade ini. 


Beberapa proses yang dapat menyakitkan kemampuan trombosit anda untuk dapat dikelompokkan dalam banyak cara yang berbeda, tetapi salah satu cara untuk menganggap mereka adalah untuk menganggap mereka sebagai proses yang mengarah untuk menghasilkan terlalu sedikit trombosit, proses yang menyebabkan anda untuk menghasilkan trombosit berkualitas rendah, proses yang menyerang trombosit anda memproduksi, dan proses yang mengaktifkan trombosit anda terlalu banyak, yang berarti mereka semua terbiasa di tampat yang tidak perlu dan menjadi tidak tersedia untuk menghentikan darah anda yang sesungguhnya. Untuk beberapa contoh, proses yang merusak trombosit sehat termasuk immune trombositopenia (ITP), di bagian mana dari antibodi anda terhadap sistem kekebalan tubuh yang disebut mulai merusaknya trombosit anda. Proses produksi tidak mencukupi dapat mencakup myelodysplastic yang sindrom atau kelainan sumsum tulang belakang lainnya (karena sumsum tulang adalah tempat di mana trombosit terbentuk). 


Gangguan konsumtif yang menggunakan trombosit anda yang baik termasuk gangguan yang disebabkan induksi obat dan kekebalan tubuh termasuk intravascular coagulation yang menyebar (DIC) dan hemolitik uremik sindrom. Proses yang menyebabkan trombosit cacat termasuk kelainan genetik seperti sindrom bernard soulier. Demikian pula, gangguan vaskular (masalah dengan pembuluh darah anda sendiri) dapat juga menyebabkan aktivasi berlebihan atau tidak cukup kaskade ini. Kerusakan pembuluh darah hanya bisa berasar dari penuaan normal atau pembuluh anda, atau dari kondisi lain. Kudis (kekurangan vitamin C) bahkan dapat menyebabkan masalah ini dengan membuat anda dapat membentuk kolagen yang memberikan anda bentuk pembuluh darah dan elestisitas dan mengikat trombosit pada cedera. Singkatnya, masalah trombosit bisa genetik, induksi obat, basis kekebalan tubuh, infeksi atau kanker.

 

Anda akan perlu tes laboratorium untuk membantu mancari tahu mana yang menyebabkan masalah. Setelah hemostasis primer, sembatan trombosit menendang riam besar peristiwa yang kolektif yang disebut hemostasis sekunder. Proses ini melibatkan ton molekul, yang disebut faktor pembekuan, semua berubah satu sama lain dan akhirnya memicu steker trombosit untuk mengencangkannya menjadi gumpalan darah, atau trombus. Gumpalan ini memegang dinding bersama-sama erat sampai dinding pembuluh dapat diperbaiki dan pembekuan akan dipotong dan dibubarkan. Sekali lagi, proses ini dapat memecahkan hampir di mana saja pada grafik di atas, termasuk dari obat antikoagulan atau kelainan genetik seperti terkenal hemofilia, di mana ada kekurangan salah satu faktor pembekuan (seringnya faktor VIII). 


Jika pembekuan kaskade adalah mucked, anda juga dapat membentuk memas pada kulit anda dan bahkan dalam pendarahan pada sendi dan tulang. Akhirnya, gumpalan tersebut dicincang dan larut. Masalah di sini juga bisa dari obat atau infeksi, Tergantung pada ukuran memar, memar sedikit spontan yang timbul dapat disebut petechia (anak-anak kecil, kurang dari 3mm diameternya), purpura (antara 3mm dan 1cm diameter), dan ecchymosis (lebih besar berdiameter 1 cm. 



 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang