Apa yang menyebabkan fibromyalgia?

Dilihat 1,42 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Fibromyalgia utamanya adalah sebuah gangguan neurologi otak. Ia tujuh kali lebih besar kemungkinannya menyerang wanita daripada pria, dan ia tak mempedulikan dari negara mana anda berasal. Bagian hypothalamus dari otak bertindak seperti sebuah sekering untuk otak dan seluruh bagian tubuh. Ia seperti baterai untuk seluruh bagian tubuh. Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan Fibromyalgia dan Sindrom Kelelahan Kronis, tapi pada dasarnya stress dengan jumlah tinggi adalah yang menyebabkan hypothalamus meledakkan sekeringnya, membuat sebuah pusat masalah saraf, seperti ketidakseimbangan hormon yang meningkatkan sensitifitas sakit, kelelahan dan "kabut otak". Pada dasarnya, anda memiliki baterai yang mati yang tidak bisa terisi, sehingga itulah mengapa begitu banyak orang mengalami kelelahan yang melemahkan.


Sekering yang meledak bisa terjadi secara instan, dan anda tak bisa mengatakan kapan dan bagaimana jika hal itu terjadi. Hypothalamus telah "mematikan" sistem secara luas dan mencoba menyala kembali, untuk berusaha melindungi tubuh dan otak anda dari stress dan kerusakan. Seperti saat anda mematikan komputer anda dan melakukan restart karena menggunakan Ctrl + Alt + Del tidak berfungsi. Hanya, dengan cara ini, otak secara permanen telah berubah, seperti virus komputer yang tak bisa diperbaiki. Seseorang bisa saja hari ini baik-baik saja dan keesokan paginya merasa benar-benar berbeda, dan seluruh hidupnya telah berubah, karena otaknya tak lagi berfungsi sebagaimana biasanya. Banyak pasien Fibro/CFS bisa menunjukkan dengan tepat hari/minggu/bulan yang berubah bagi mereka.


"Pemicu" yang paling umum pasien fibromyalgia yang dilaporkan adalah:

  • Sebuah virus/penyakit atau penurunan berkepanjangn dalam sistem imun
    Penyakit Lime, Virus Epstein Bar, Mono adalah yang seringkali dikaitkan dengan penyebab Fibromyalgia dan gejala CFS
  • Sebuah kejadian traumatis mendadak
    Kebakaran rumah, situasi tertekan, serangan fisik, dll. Mirip seperti PTSD, atau gangguan Disosiasi, otak mencoba mengatasi dan mengolah syok dan tekanan tambahan, memicu hypothalamus untuk "melindungi" bagian otak lainnya dengan mematikan saklar.
  • Sebuah kecelakaan
    Kecelakaan mobil, tenggelam, jatuh yang parah, dll bisa menyebabkan hypothalamus untuk mencoba "melindungi" dengan mematikan saklar.
  • Pembedahan medis atau gigi
    Kapanpun anda melakukan pembedahan, hal itu akan memberikan tubuh anda peningkatan stress, karena pemotongan pada tubuh anda mengirimkan sinyal ke otak bahwa "kita sedang diserang!"
  • Kehamilan
    Kerena perubahan hormon secara drastis, tekanan persendian, terkurasnya vitamin dan mineral serta trauma fisik akibat proses kelahiran, kehamilan menciptakan begitu banyak stress sehingga apapun alasannya menyebabkan tubuh sang ibu tak bisa menanganinya. Fibromyalgia muncul saat kehamilan atau sesaat setelah melahirkan. Bagi banyak kaum wanita, gejala-gejala Fibromyalgia dan Kelelahan Kronis mereka diabaikan sebagaimana "perubahan hormon" atau "kelelahan ibu baru", ketika faktanya tubuh mereka tak pernah benar-benar kembali normal.
  • Tekanan tinggi gaya hidup/pekerjaan penuh stress/kegelisahan besar
    Workaholic, atau orang-orang yang tak punya cukup waktu untuk beristirahat, atau sekedar rileks. Di usia siswa sekolah, tekanan mata pelajaran, mencoba mendapat nilai bagus, ketakutan masa depan, atau bahkan terlalu banyak aktifitas bisa menyebabkan stress yang berlebih yang tidak bisa diatasi oleh tubuh. Bagi sebagian orang dewasa, hal ini berarti mereka mengalami sakit dalam bentuk yang umum seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung atau stroke.

Yang lainnya bisa mengalami Fibromyalgia dan Sindrom Kelelahan Kronis, atau penyakit-penyakit acak lainnya "terkait stress". Banyak orang mampu hidup sangat normal, enerjik dan bahagia SEBELUM kejadian penuh tekanan, dan memicu hal ini. Apapun dari berbagai hal ini bisa menyebabkan sekering hypothalamus meletus seperti bola lampu yang mati. Sekali sekering itu meletus, pada dasarnya "otak anda rusak". Tak peduli berapa usia anda, atau jenis kelamin anda. Bahkan anak-anak dan remaja pun bisa mengalami Fibro dan CFS, terutama jika mereka mengalami kecelakaan, trauma serius, atau pernah melakukan pembedahan. Menjadi muda tidak secara otomatis berarti seseorang itu sehat, meski mereka "tampak sehat".


Ini bisa terjadi pada siapapun, kapanpun, dan sekalinya itu terjadi, tak ada cara untuk mengubahnya. Anda tak bisa sekedar menyalakan kembali saklarnya untuk memperbaikinya. Hypothalamus mulai mengirimkan sinyal yang salah ke seluruh bagian tubuh serta saraf-saraf, menyebabkan fascia super sensitif, persendian dan otot sakit, sensitifitas terhadap sentuhan, dan intoleransi terhadap makanan tertentu dan perubahan cuaca, menyebabkan perubahan tiroid dan metabolisme, serta gangguan kognitif.

 Ironisnya, kotak sekering otak meletus dalam usahanya melindungi otak dan tubuh anda dari kerusakan yang lebih parah akibat stress berkepanjangan yang telah anda alami. Ini adalah alasan utama mengapa banyak pasien Fibromyalgia mengalami rasa sakit yang "memanas" dan gejala-gejala lainnya saat mereka dibawah tekanan tinggi, seperti konflik keluarga atau ketika harus mengepak barang-barang dan keluar dari rumah.


Hal-hal seperti olahraga dan banyak aktifitas fisik duniawi lainnya terlalu membuat stress bagi seseorang yang sudah merasa stress secara konstan, jadi hal-hal tersebut menyebabkan gejala panas. Tubuh sudah begitu tertekan dari apapun di kehidupan ini dan merasakan sakit selama 24/7 yang tidak bisa anda tangani lagi. "Pemanasan" itu akan memaksa anda untuk melambat dan beristirahat, meskipun saat ada yang harus anda lakukan. Inilah mengapa seorang pasien Fibro/CFS bisa merasa cukup baik-baik saja untuk bepergian dan melakukan hal-hal di satu hari (merasa "normal) dan tiba-tiba merasa kelelahan untuk beberapa hari atau minggu setelahnya, dalam masa "memanas".


Karena Fibromyalgia begitu melelahkan secara fisik, dengan cara seperti ini tubuh anda memaksa anda untuk beristirahat dan melambat, supaya ia bisa menyembuhkan dirinya sendiri dan rileks. Ini sebabnya mengapa orang-orang yang mengalami Fibro harus mengambil langkah-langkah untuk menyederhanakan hidupnya dan terbebas dari stress sebisa mungkin. Pengobatan dan Sains baru saja mengungkap hal ini, dan itu mungkin membutuhkan beberapa dekade lagi bagi mereka untuk menyetujui sebuah rencana pengobatan yang akan benar-benar menyembuhkan hypothalamus dan menyalakan kembali saklarnya.



Tolong catat bahwa ini adalah penjelasan tentang fungsi-fungsi dan respon otak yang sangat-sangat disederhanakan. Ribuan riset yang dilakukan oleh kelompok medis yang bisa menjelaskannya lebih detil lagi. Saya mencoba memberikan pemahaman saya dari penemuan penelitian mereka yang kompleks (dan rumit) menjadi istilah-istilah dan frase-frase yang umum yang bisa dengan mudah dipahami orang-orang. Saya bukan seorang dokter, tapi saya telah menghabiskan dekade terakhir ini untuk meneliti dan mempelajari diagnosa saya.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang