Apa yang menyebabkan glukoma?

Dilihat 3,87 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Penyebab utama glukoma adalah kelebihan tekanan pada saraf optik, yang dihasilkan dari pengumpulan cairan dalam bilik depan mata. Namun, beberapa faktor lain bisa menyebabkan pengumpulanan tekanan ini. Faktor utama yang bisa menyebabkan glukoma adalah:

  • Kurangnya Drainase - Pada sudut dimana iris dan kornea bertemu, ada jaringan lembut yang saling bertautan dimana cairan dikeluarkan dari bilik depan mata. Kalau pembuka jaringan ini tidak mengeluarkan cairan dengan baik, hal ini bisa membuat pengumpulan dalam cairan dan meningkatkan tekanan mata, yang bisa menyebabkan kerusakan pada saraf optik, dan akhirnya glukoma.

  • Kelebihan Cairan - Dalam beberapa kasus, pengumpulan cairan bisa terjadi bukan sebagai hasil penghambatan jalinan trabekular atau penutupan sudut, tapi dari peningkatan produksi cairan aqueous humor. Cairan yang mengalir pada mata diproduksikan oleh tubuh siliaris. Kalau komponen mata ini memproduksi tingkat cairan yang tidak normal, saluran drainase normal bisa menjadi tidak dapat bertahan dengan volume dan tekanan mata yang meningkat itu.

  • Kerusakan pada Saraf Optik - Kekurangan nutrisi tertentu, pengurangan aliran darah, kerusakan sel saraf awal, penyakit autoimun, dan trauma bisa merusak saraf optik. Dalam kasus seperti itu, bsa menghasilkan glukoma. Sebagai tambahan, operasi sebelumnya tau penyakit lain, seperti diabetes, juga bisa menyebabkan glukoma. Uveitis, yang merupakan peradangan pada lapisan tengah mata, dispersi pigmen, dan pseudoexfoliasi semua itu bisa menyebabkan glukoma juga.

  • Genetik - Beberapa malformasi genetik bisa menghasilkan resiko yang jauh lebih besar dalam pembentukkan glukoma. Etnisnya, bisa juga dihasilkan dalam kecenderungan pada pembentukan glukoma. Individu yang memiliki resiko bsar mengalami glukoma adalah orang Afrika-Amerika yang usianya melebihi 40 tahun dan semua pria dan wanita di usia 60 tahun ke atas. Sebagai tambahan, orang keturunan Asia dan wanita bisa memiliki resiko yang lebih besar pada sudur penutupan glukoma karena kedalaman bagian anterior mata yang lebih dangkal.

Dengan memahami penyebab-penyebab ini merupakan bagian elemental dari pengobatan. Dengan mengobati sumber kondisinya, dan tidak ahnya gejalanya, kita dapat menghambat atau memberhentikan serangan dari glukoma. Penglihatan merupakan indera yang tidak tergantikan, dan kami percaya kalau semua orang harus dapat menikmati pemberian ini.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang