Apa yang menyebabkan meningitis B?

Dilihat 6,07 rb • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Meningitis serotipe B merupakan salah satu penyebab meningitis meningokokus yang seringkali mendiami tenggorokan tanpa menyebabkan penyakit apapun, serogroup antara lain:A, B, C, E-29, H, I, K, L, W-135, X, Y, Z, dan Z’ (29E). Hanya enam di antaranya (A, B, C, W-135, X, Y) yang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Bakteri lainnya juga dapat menyebabkan bakteri meningitis, yang paling sering terlihat adalah Streptococcus pneumoniae alias Pneumococcus dan Hemophilus influenzae. 


Dari sejarah penemuan bakteri: baru di tahun 1674, Antoni van Leeuwenhoek menggunakan mikroskop temuannya dan untuk pertama kalinya mendeskripsikan sebuah organisme yang sekarang kita sebut bakteri. DI tahun 1876, seorang dokter Jerman yang bernama Robert Koch untuk pertama kalinya membuktikan bahwa bakteri dapat menyebabkan penyakit. Di tahun 1905, dia menerima penghargaan nobel untuk temuannya


Di bab 28: sejarah dari bakteri meningitis, Thomas Wilis di tahun 1661 menjelaskan mengenai wabah meningitis, tapi teknik untuk mengambil cairan cerebrospinal melalui pungsi lumbar baru ditermukan di tahun 1891 oleh Heinirch Quincke, baru saat itulah bakteri yang menyebabkan meningitis dapat diidentifikasi. Publikasi WHO mengenai meningitis  meningokokus menyatakan bahwa penyakit ini terjadi pertama kali pada tahun 1805 di Genewa - di situ juga dinyatakan bahwa penyebab dari meningitis baru ditemukan di tahun 1887.


Meningitis sudah ada selama ribuan tahun, tapi baru pada abad ke 16 perkembangan medis selama 14 abad dibuat tidak berdaya dengan - yang kita kenal sebagai sebuah kekeliruan - pengobatan yunani : doktrin empat humor yang dikerjakan oleh dokter dari Mesir, Yunani, Romawi, dan Arab.Tidak ada yang menyebabkan bakteri meningitis. Bakteri meningitis tercipta seiring dengan perkembangan jaman.


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang