Apa yang menyebabkan sariawan?

Dilihat 623 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aku adalah ahli diet yang memberikan konseling nutrisi untuk orang-orang yang hidup dengan HIV/AIDS maupun kanker. Aku banyak melihat sariawan di kedua populasi ini. Sariawan dihasilkan dari jamur yang bertumbuh berlebihan yang disebut sebagai candida albican. Bidang putih jamur yang muncul di mulutmu. Sariawan itu menyakitkan dan membuatmu sulis makan. Sariawan ini bisa menyebar ke kerongkonganmu dan membuatmu semakin sulit untuk menelan atau semakin sakit. Pada mulutmu dan juga seluruh tubuhmu sudah ada banyak mikroorganisme secara alami. Semua mikroorganisme ini yang hidup dan bekerja sama ini terkadang disebut sebagai "mikrobioma," dan kami belajar lebih setiap saat tentang peran yang mereka mainkan dalam menjagamu tetap sehat dan bahagia. Mikrobioma termasuk bakteri, dan juga candida albican (yang terkadang hanya disebut "candida"). Biasanya mereka saling mengecek satu sama lain.

Bakteri menjaga candida supaya tidak bertumbuh secara berlebihan, dan sebaliknya. Sebagai tambahan, sistem imun menjaga salah satu mikroorganisme ini supaya tidak bertumbuh secara berlebihan. Beberapa penyakit seperti HIV/AIDS menekan sistem imun hingga sistem itu tidak lagi menjaga keseimbangan mikroorganisme normal supaya tetap dicek. Kalau antara bakteri atau candida mendapatkan cukup pijakan, intinya dia bisa lari kesana-kemari dan menelan semua yang disekitarnya. 

Dalam beberapa kasus, pengobatan itu sendiri menyebabkan ketidakseimbangan. Ini bisa terjadi dalam kasus HIV/AIDS, dan juga kanker. Kemoterapi, radiasi, obat, dan operasi saat ini adalah pilihan terbaik yang ada untuk mengobati kanker. Sayangnya, pengobatan ini tidak dapat membunuh tumor tanpa merusak jaringan sehat juga dalam tubuh. Mereka dapat menyebabkan gejala seperti mulut kering, muntah-muntah, dan diare, yang kemudian bisa menyebabkan atau memperburuk ketidakseimbangan mikrobioma. Ini tidak hanya terjadi dalam kasus HIV/AIDS atau kanker. Banyak penyakit yang mempengaruhi penekanan sistem imunmu, atau pengobatannya yang didesain untuk menekan sistem imun. Gangguan apapun dalam sistem imun dapat menyebabkan ketidakseimbangan flora (mikroorganisme) normal dimanapun didalam tubuh. 

Antibiotik yang mengobati infeksi bakteri juga dapat memicu sariawan dengan membunuh bakteri sehat yang biasanya menjaga candida tetap dicek. Sariawan biasanya diobati dengan obat anti-jamur, seperti Fluconazole. Pengobatan tergantung dari kondisi medismu yang lain dan gejalanya. Selagi kamu menunggu supaya sembuh, kamu dapat menjaga rasa sakit dan tetap ternutrisi dengan baik dengan cara: 

  • Pilih makanan yang lembut, lembab, dan mudah dikunyah. 
  • Coba makanan yang mengandung kalori, protein, dan nutrisi sehat – contohnya, telur urak-arik daripada jello, atau yogurt plain Yunani daripada puding. 
  • Hindari makanan kering, keras, atau garing atau makanan dengan ujung yang tajam, keras (seperti cracker, kripik, kacang, dan roti panggang).
  • Hindari makanan pedas, alkohol, dan makanan asam (seperti jeruk, tomat dan saus toma, cuka).
  • Pilih makanan yang temperaturnya sedang.
  • Melanjutkan perawatan mulut menggunakan sikat gigi yang lembut.
  • Gunakan obat untuk rasa sakit atau pembersih mulut yang mengandung topikal pembunuh-rasa sakit sebelum makan (dapatkan resep dari dokter atau rekomendasi dari farmasi).

Kalau kamu punya masalah sulit saat makan, prioritas utama biasanya menjadi mendapatkan nutrisi apapun yang dapat kamu toleransi, tanpa perlu memperhatikan apapun yang ada didalamnya atau larangan makanan lain apa yang harus kamu lakukan. Contohnya, kalau kamu disuruh membatasi tambahan gula dalam makananmu karena diabetes, tapi satu-satunya hal yang dapat kamu toleransi adalah es krim karena mulutmu sakit sakarena sariawan – kemudian makan es krim berdarah itu. Doktermu bisa menyarankanmu tentang bagaimana cara mengatur insulin atau obat diabetesmu untuk dikompensasikan sampai kamu sembuh.

Satu catatan perpisahan terakhir, sebagai sampingan: JANGAN perhatikan apapun yang dilakukan atau dikatakan tentang Candida Diet diluar sana. Kalau dietmu punya nama ("Candida Diet"), itu palsu. Mereka mungkin hanya mencoba menjualkan sesuatu padamu, jadi pikiran pertama mereka itu bukan tentang kesehatanmu.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang