Apa yang menyebabkan batuk berdahak hitam?

Dilihat 708 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

    

Batuk merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh untuk melindungi saluran pernapasan dari benda asing yang berbahaya dan juga sebagai petunjuk adanya penyakit pada saluran pernapasan. Batuk merupakan penyakit yang umumnya berasal dari virus. Biasanya batuk juga disertai oleh flu dan disertai dengan dahak.

Dahak mengacu pada lendir mengental yang disekresikan oleh selaput lendir saluran pernapasan. Batuk berdahak terjadi ketika paru-paru anda mengalami infeksi sehingga menghasilkan dahak lebih dari kadar normal. Batuk berdahak terasa gatal karena selaput lendir di tenggorokan maupun cabang tenggorokan dipenuhi kuman atau debu sehingga rasanya sangat gatal dan sakit. Batuk berdahak membuat dada terasa sakit dan saluran pernafasan menjadi sulit. Alasannya adalah dahak tersebut mampu menyumbat saluran nafas

Oleh karena itu, masalah batuk berdahak perlu diketahui dikarenakan batuk berdahak adalah batuk yang menyiksa. Nah, jadi apa sebenarnya penyebab batuk berdahak tersebut? Bagaimana cara menghilangkan batuk berdahak ? Dan bagaimana jika dahak tersebut berwarna hitam? Yuk, kita lihat penjelasannya lebih jauh dalam artikel ini:


Penyebab Batuk Berdahak

Berikut ini adalah penyebab batuk berdahak yang harus kita ketahui, antara lain:

  • Virus - Penyebab batuk berdahak yang paling umum adalah virus. Virus itu menyebabkan batuk disertai dengan pilek. Dahak yang mengisi tenggorokan biasanya adalah lendir yang asalnya di dalam hidung manusia. Kadang manusia tanpa sadar menghisap dan menyerap lendirnya sendiri dan lendir itu masuk ke dalam tenggorokan.
  • Infeksi - Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA akan membuat seseorang terkena batuk berdahak. Dahak pada orang yang mengalami ISPA akan diteliti untuk mengetahui seberapa parah infeksi yang ada di dalam tubuh orang tersebut. Infeksi itu dinamakan infeksi akut dikarenakan infeksi itu ada di beberapa organ tubuh misalnya saja sinus, tenggorokan, saluran pernafasan dan juga infeksi di saluran paru-paru
  • Penyakit paru-paru kronis - Yang menyebabkan batuk berdahak dan tidak kunjung sembuh adalah munculnya radang dan infeksi di paru-paru. Infeksi paru-paru yang bisa menyebabkan batuk berdahak adalah bronkitis.
  • Asam lambung Tinggi  - Tingginya asam lambung dapat memicu penyakit refluks asam. Refluks asam ini berupa naiknya asam lambung menuju ke kerongkongan dan merangsang timbulnya batuk berdahak. Refluks asam ini akan terjadi saat pagi hari dan juga malam hari.
  • Postnasal drip - Ini adalah kejadian cairan kental yang berasal dari sinus turun ke tenggorokan. Orang yang mengalaminya akan batuk berdahak atau merasa ada sesuatu yang mesti dikeluarkan dari tenggorokan. Biasanya hal tersebut terjadi setelah bangun pagi.
  • Asap rokok - Masuknya asap rokok ke saluran pernapasan dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan jaringan paru-paru. Munculnya batuk berdahak pada perokok dipicu oleh hal tersebut

                          

Meredakan batuk Berdahak

Cara menghilangkan batuk berdahak atau atau penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dibutuhkan antibiotik. Penting untuk mengkonsumsi obat-obatan dengan label dan peruntukan yang tepat untuk menangani batuk berdahak. Akan lebih baik jika obat-obatan yang ingin dikonsumsi dikonsultasikan lebih dulu kepada dokter.  Akan tetapi sebelum mengkonsumsi obat, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meringankan batuk berdahak.

  • Berkumur dengan air biasa atau air garam setidaknya 60 detik, tiga kali sehari.
  • Perbanyak istirahat dan mengkonsumsi cukup air mineral.
  • Jaga suhu tubuh agar tetap hangat. Mandi dengan air hangat dapat membantu mengencerkan dahak.
  • Hindari kontak dengan pengidap flu dan batuk lain.

Anak berusia enam tahun atau sebelum enam tahun disarankan untuk mengkonsumsi bahan alami untuk meredakan batuk, seperti lemon dan madu. Madu secara alami akan membersihkan tenggorokan dan meredakan iritasi penyebab batuk. Dengan catatan, madu hanya dapat dikonsumsi oleh anak di atas usia setahun.  Seperti konsumsi obat pada umumnya, obat batuk sebaiknya juga tidak dikonsumsi dalam jangka panjang. Umumnya batuk dapat reda setelah 2-3 minggu, sehingga sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter jika setelah masa ini batuk tetap tidak kunjung reda.


Dahak Berwarna Hitam

Berbagai jenis infeksi menghasilkan dahak berwarna berbeda. Warna dahak bisa membantu dalam mengidentifikasi sifat infeksi. Nah bagaimana dengan dahak berwarna hitam?
Dahak berwarna hitam kemungkinan dahak tercampur darah atau nanah. Pada radang tenggorokan hal ini menandakan adanya luka pada tenggorokan, sehingga darahnya dikeluarkan dan berubah menjadi hitam karena bercampur asam mulut.  Selain radang tenggorokan, dahak berwarna hitam bisa juga diakibatkan oleh:

  • Infeksi saluran nafas atas akibat bakteri maupun virus
  • Radang nafas bagian bawah akibat infeksi seperti bronkitis dan pneumonia
  • Asma
  • Kanker tenggorokan

Dahak berwarna hitam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok yang berlebihan atau  individu yang tinggal di lingkungan dengan zat partikel berat (termasuk para penambang batu bara).

Selain itu akibat peradangan, tumor atau malformasi pembuluh darah,  saat darah ditumpahkan ke dalam paru-paru, maka darah akan terakumulasi di dalam kantung-kantung kecil udara yang disebut alveoli. Disana darah akan diambil oleh sel-sel kekebalan yang disebut makrofag penghancur hemoglobin (zat besi mengangkut ion ke dalam darah). Seiring waktu, hal ini dapat menghasilkan sebuah warna gelap dan dengan demikian ketika anda batuk, lendir atau dahak mungkin tampak berwarna hitam. 

Setiap pasien yang mengalami fenomena ini (dahak hitam) harus berkonsultasi ke dokter. Pemeriksaan tenggorokan, tes laboratorium atau radiologi (rontgen) dibutuhkan untuk memastikan penyebabnya Sebuah tes yang lebih sensitif mungkin dapat di indikasikan/disusulkan (tentu saja jika gejala terjadi lebih dari satu kali) misalnya dilakukan CT scan pada dada. 




Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab batuk berdahak dan cara menghilangkan batuk berdahak secara tepat. Bagi anda yang sedang mengalami batuk berdahak,  selagi anda batuk,  tutupi mulut anda dengan masker agar batuk tidak menulari orang-orang yang sekitar anda. Dan juga sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter jika setelah beberapa lama batuk tetap tidak kunjung reda. Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah sehingga anda bisa menjalani aktivitas sehari-hari tanpa adanya hambatan.  Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.  (Baca: Mengapa seseorang terus-menerus mengeluarkan lendir setelah berhenti merokok?)


Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang