Apa yang perlu aku lakukan untuk membuat kata-kataku terdengar jelas? Orang-orang bilang aku berbicara dalam mulutku. Aku punya amandel. Apakah itu menyebabkan masalah pada suaraku? Ada yang bisa bantu?

Dilihat 562 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memang benar kalau berbicara menggunakan diafragma akan membantu meningkatkan volume suaramu, tetapi itu bukan apa yang kamu tanyakan. Dan juga, hanya mengatakan seseorang untuk melakukan itu tidaklah berarti karena mereka juga biasanya tidak tahu bagaimana caranya. Aku mengajar berbicara, artikulasi, kejelasan, dll., jadi aku tahu tentang ini. Aku mengajarkan pernafasan diagrafma, tetapi aku berdiri tepat didepan mereka, mendemonstrasikan dan membantu. Jadi, aku tidak perlu khawatir tentang itu untuk sekarang ini.

Aku tidak tahu apa hubungannya dengan amandel, tetapi bagiku amandel bukan penyebab kenapa kamu tidak berbicara dengan jelas. Aku bisa saja salah, sih. Namun, amandel seharusnya bukan kondisi kronis, dan bukan hal yang berlangsung terus-menerus.

Kenapa kamu tidak dapat menyingkirkannya? 

Amandel tidaklah sehat, bahkan untuk infeksi tingkat-rendah untuk waktu yang lama. Aku bukan orang yang suka obat-obatan medis, tetapi kurasa yang ini perlu obat. Aku juga bukan orang yang suka dengan operasi, ttapi kamu tidak dapat membiarkan infeksi tersebut tetap berada dalam tubuhmu. Oke, untuk kejelasannya..

Pertama-tama, lakukan olahraga lidah dan bibir. Aku punya beberapa seri pemanasan yang dilakukan oleh murid-muridku. Kamu bisa mencarinya secara online. Apa yang perlu kamu lakukan adalah meregangkan bibirmu dan olahragakan lidahmu. Berlatihlah tongue twister (serangkaian kata-kata yang sulit diucapkan). Ada banyak hal seperti itu di online.

Ketika kamu berbicara / melakukan olahraga ini, gerakkan mulutmu sebanyak mungkin. Kamu akan terlihat lucu melakukan ini, tetapi jangan lakukan ini di tempat umum, lakukan di tempat tertutup. Kamu akan merasakan mulut, bibir, dan lidahmu meregang.

Kemudian, lakukan secepat yang kamu bisa, tetapi tidak lebih cepat dari yang kamu bisa. Dan juga, setiap kata harus sangat, sangat jelas dan mudah dipahami. Aku bisa melakukannya dengan sangat, sangat cepat. tetapi mereka masih mengerti setiap kata yang kukatakan. Hal ini dapat dipelajari, cukup perlu berlatih saja.

Alternatif antara gerakan berlebihan dan perkataan yang cepat. Pikirkan suaramu seperti tidak berasal dari mulut, tetapi lebih ke sekitar 4 inci didepan mulutmu. Dorong suaranya kedepan. Aku tidak dapat memberitahumu bagaimana melakukannya, tetapi kalau kamu punya gambaran dalam pikiranmu, kamu akan dapat melakukannya. Mungkin tidak sampai 4 inci awalnya, mungkin cukup menggerakkan suaramu ke depan mulutmu sebagai permulaan, tetapi kamu akan berkembang.

Langkah selanjutnya ini kudapatkan dari My Fair Lady, tetapi berguna. Masukkan kelereng dalam mulutmu. Maksudku, isi mulutmu dengan kelereng secukupnya. Pipimu harusnya akan terlihat menonjol. Kemudian, berbicaralah. Kamu bisa membaca buku, ataupun majalan dengan kencang, lakukan tongue twister, coba adakan percakapan, atau apapun itu. 

Kerja keras dalam mencoba membentuk kata dengan kelereng-kelereng dimulutmu itu akan memperkuat otot mulutmu dan juga mengajarinya bagaimana caranya untuk bergerak. Usahakan jangan telan kelerengnya, iya lah, tetapi tidak akan sakit kok kalau kamu menelannya. Kalau kelereng itu cukup kecil untuk ditelan dengan mudah, kelereng itu akan terlalu kecil untuk menyumbat papun, dan bentuknya juga benar-benar bulat, jadi tidak akan merobek atau menyakiti apapun dalam sistem pencernaanmu.

Sepupuku yang berumur 7 tahun sangat gembira hingga ia mau pup (BAB) kelereng itu. Ia memanggil teman-temannya untuk memberitahukan mereka. Kalau kamu melakukan semua hal ini, seharusnya hal ini akan sangat membantumu. Semoga beruntung.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang