Apa yang perlu saya ketahui sebelum menyemir sebagian atau seluruh rambut saya dengan warna terang?

Dilihat 260 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1



Rambut sebagai mahkota wanita memang memberi karakter kuat pada wanita. Itulah sebabnya, mengganti warna rambut pun memberi sentuhan tersendiri pada penampilan serta karakter wanita. Sebelum mewarnai rambut, beberapa orang melewati proses pemutihan atau yang lebih dikenal dengan bleaching sebagai warna dasar. Proses ini dilakukan agar pewarnaan memiliki hasil yang sempurna.

Anda mungkin sudah sering mendengarkan istilah bleaching. Namun sudahkah anda mengerti proses di balik bleaching dan apakah tujuan melakukan bleaching? Mungkin sebagian besar orang sudah mengerti tujuan melakukan bleaching namun beberapa lagi masih ada yang belum.

Proses bleaching rambut memiliki kaitan erat dengan proses cara mewarnai rambut. Namun tidak setiap kali anda hendak mewarnai rambut anda harus melewati proses ini. Kembali berbicara tentang proses dan cara  mewarnai rambut, sudah tentu anda akan membutuhkan cat rambut yang tepat, sesuai dengan style pewarnaan rambut yang memang anda inginkan. Tak hanya itu, anda juga harus memastikan kondisi kesehatan rambut anda dan kebersihan rambut, namun tak perlu dicuci dahulu menggunakan shampoo, sebab akan menjadikan kutikula rambut terbuka dan warna rambut tak dapat menyerap sempurna. Walaupun kondisi kesehatan dan kebersihan rambut sudah terpenuhi, bukan berarti proses pewarnaan rambut dapat berakhir dengan hasil yang maksimal. Khususnya jika anda memilih menggunakan warna terang, itu karena warna dasar rambut orang Asia rata-rata berwarna hitam (Gelap), sehingga jika langsung diwarnai, warna rambut akan berubah, tidak sesuai ekspektasi.


Apa tujuan melakukan bleaching rambut?



Bleaching dilakukan sesuai dengan gaya pewarnaan rambut. Tidak seluruh proses dan cara mewarnai rambut terang melewati harus proses bleaching, tergantung gaya pewarnannya. Jika anda memiliki rambut gelap dan menginginkan warna lebih terang yang sama persis dengan yang ada di buku panduan warna rambut, maka anda harus melakukan bleach pada rambut anda terlebih dahulu. Rambut perempuan Asia biasanya gelap dan memiliki pigmen merah di dalamnya. Bleach bertujuan untuk menghilangkan pigmen berwarna hangat (seperti merah) dari rambut untuk membuat warna rambut yang akan diaplikasikan nantinya benar-benar seperti aslinya.

Bagi rambut yang  sudah pernah diwarnai, tidaklah disarankan untuk dilakukan bleaching karena akan membuat rambut bertambah kering  Ketika rambut sudah di-bleaching, rambut yang tumbuh baru akan bewarna seperti warna rambut aslinya. Jadi anda hanya perlu melakukannya pada bagian yang baru tumbuh tersebut. Jangan ulangi di bagian rambut yang sudah dibleaching. Karena yang terjadi, kamu hanya akan merusak rambut lebih parah lagi.

Sebenarnya jika anda tidak melakukan bleaching rambut, warna rambut anda akan lebih tahan lama karena warna rambut asli akan lebih mudah menyerap warna yang diaplikasikan. Sementara, rambut yang di-bleach akan mudah memudar warnanya dan kembali ke arah menguning karena rambut tersebut sudah tidak memiliki molekul untuk menyerap warna rambut yang dimiliki rambut dengan warna asli.


Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Bleaching Rambut

Terdapat beberapa orang yang melewati proses bleaching dengan alasan takut rambut mereka jadi rusak. Yap! Proses ini memang berisiko membuat rambut rusak.  Apapun merk yang anda gunakan, bleaching akan merusak rambut anda serta merusak kulit kepala, Jika anda memiliki kulit sensitif, kulit kepala  akan terasa  seperti terbakar. Anda harus berpikir dua kali untuk melakukan bleaching jika anda  memiliki rambut yang rusak, rapuh atau tipis. Bleaching pada rambut anda sangatlah berbeda dengan mewarnainya. Jangan lakukan di rumah. Cari penata rambut yang terlatih dan bayar untuk itu. Hasilnya akan sepadan dengan harga yang anda bayar.

Dari semua metode atau cara mewarnai rambut, bleach mempunyai potensi merusak yang paling besar, oleh sebab itu disarankan untuk dilakukan secara professional. Bleaching mengangkat kutikula luar rambut, yang memungkinkan bahan bleach untuk menembus secara maksimal, dengan memasuki batang rambut dan bereaksi dengan molekul pigmen yang stabil, kemudian memecahkan mereka ke dalam beberapa komponen yang akan membuang pigmen langsung dari rambut anda.

Bleaching juga menghancurkan asam lemak alami yang dapat melemahkan batang rambut. Ini adalah kerusakan permanen dan semakin lama anda melakukan bleaching, kondisi rambut anda akan menjadi semakin buruk. Selain itu, melakukan bleaching secara berulang-ulang kali dapat meningkatkan skala kutikula dan menyebabkan hilangnya produksi kelembapan pada rambut. Kerusakan bleaching bekerja secara kumulatif, sehingga rambut Anda akan semakin sulit untuk bertahan setiap anda melakukan sesi bleaching.

Sebelum memutuskan untuk bleaching, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu.


Jenis Rambut


Perhatikan  jenis rambut anda sebelum melakukan bleaching. Apakah rambut anda cocok jika di-bleach? Jika rambut anda cenderung mudah rusak, maka sebaiknya anda mengembalikan kesehatan rambut anda terlebih dahulu sebelum bleaching.  Anda juga dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu ke trichologist untuk memeriksa kondisi rambut Anda. Seorang trichologist juga akan memberikan perawatan pre-bleaching untuk mengetahui kondisi kulit kepala anda sebelum bleaching rambut.


Kesehatan Kulit Kepala

Perhatikan kesehatan kulit kepala kamu dulu sebelum bleaching. Kalau kamu punya masalah pada kulit kepala seperti terkelupas atau infeksi, sebaiknya sembuhkan dahulu. Ini karena bleaching dapat membuat kondisi kulit kepala bermasalah semakin parah.


Pilih salon dengan reputasi yang baik


Setiap salon pasti menawarkan layanan bleaching. Sebelum memilih salon dan ahli pewarna rambut yang tepat, sebaiknya kamu cari tahu dulu salon mana yang mempunyai kualitas bagus dan sesuaikan dangan anggaran kamu. Karena ini berhubungan dengan kondisi rambut, maka pilihlah salon yang memang bagus dalam mem-bleach rambut. Disarankan proses bleaching rambut ditangani oleh orang yang professional karena bleaching rambut berarti merusak kulit kepala dan sangat tidak diperbolehkan bahan bleach menyentuh kulit kepala Anda, terutama pada kulit kepala yang halus. Jadi lebih baik jangan dilakukan sendiri.


Lakukan uji alergi sebelum melakukan prosedur bleaching


Untuk mengetahui apakah bleaching tetap aman untuk rambut dan kulit kepala, anda dapat melakukan sedikit tes pada sebagain kecil rambut anda yang tidak banyak terlihat. Jika tidak ada masalah pada rambut dan kulit kepala, maka anda pun bebas untuk melakukan bleaching dan mewarnai rambut sesuai dengan keinginan anda.


Lakukan perawatan rambut


Rambut yang di-bleach sudah pasti memerlukan lebih banyak perhatian. Bahan kimia pada bleaching, secara langsung akan merusak lapisan rambut. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk melakukan perawatan rambut dengan produk-produk yang sesuai. Bahkan, lebih baik lagi kalau kamu melakukan treatment dengan bahan-bahan alami, lidah buaya, misalnya.


Jangan langsung keramas


Setelah melakukan bleaching, sebaiknya jangan langsung keramas. Sebab, rambut yang habis di-bleaching akan lebih rapuh dari sebelumnya. Gunakanlah conditioner untuk membersihkan rambutmu. Meski conditioner berfungsi sebagai pelembab, namun ia mampu mengangkat kotoran yang berbasis minyak pada rambut. Bilas yang bersih agar nggak jadi bakal ketombe.


Ubah kebiasaan membersihkan rambut


Sering-sering keramas dapat  menyebabkan pudarnya warna dan akan membuat  rambut anda semakin kering. Pilih sampo yang bebas kandungan sulfat dan conditioner yang dirancang untuk perawatan rambut berwarna. Atau kamu dapat keramas dengan menggunakan dry shampoo untuk menghindari bau dan minyak secara berlebih.


Selalu jaga kelembaban rambut dan lindungi rambutmu


Gunakan hair-conditioner atau masker rambut 3 hari sebelum dan setelah bleaching/highlighting rambut, dan lakukan secara rutin setiap minggunya. Ini akan membantu Anda dalam melindungi dan melembabkan rambut, membuat rambut menjadi lebih lembut, serta mencegah rambut patah selama proses bleaching dilakukan. Penggunaan conditioner dan serum untuk mendapatkan rambut yang sehat dan warna yang tahan lama.

Selama proses bleaching, peringatkan stylist anda jika kulit kepala terasa panas karena dapat menjadi tanda kulit kepala anda terbakar atau alergi. Apabila hal itu terjadi, hentikan proses bleaching. Segera konsultasi ke trichologist jika rasa panasnya tidak menghilang.

Setelah proses bleaching, periksa kulit kepala anda. Apakah anda merasa kulit kepala kasar atau berkerak? Apakah kulit kepala terlihat merah dan iritasi atau terbakar? Jika iya, maka anda mengalami luka bakar kimia karena bahan kimia pada bleach rambut sangat kuat, atau bisa jadi anda sensitif pada bahan tersebut. Konsultasikan pada trichologist professional secepatnya untuk melakukan diagnosis dan pengobatan sebelum kondisinya memburuk dan menyebabkan kerusakan permanen.

Setelah bleaching, jika anda mengalami rambut patah yang berlebihan, hal ini merupakan kondisi yang tidak wajar sehingga anda disarankan untuk berkonsultas kepada  trichologist dan memulai untuk melakukan reparative regimen secepat mungkin.


Mewarnai Rambut Sendiri

Saat mewarnai rambut tidak hanya dapat dilakukan di salon. Anda juga dapat mewarnai rambut sendiri di rumah. Dengan cara mewarnai rambut sendiri di rumah, selain dapat berhemat ratusan ribu rupiah, anda dapat melakukannya dalam suasana santai, tanpa terburu-buru. Namun, jangan asal mengikuti instruksi di dus cat rambut. Rambut berwarna indah dan berkilau hanya dapat dimiliki dengan teknik pengecatan yang benar. Cobalah untuk mempelajari teknik dan cara mewarnai rambut sendiri. Di bawah ini merupakan  tips singkat yang mungkin dapat anda jadikan referensi dalam mengaplikasikan teknik dan cara mewarnai rambut sendiri

  • Pertimbangkan Keadaan Rambut
  • Memilih Produk Pewarna Rambut yang Tepat (berkualitas)
  • Memilih Warna Cat Rambut yang Tepat
  • Keramas 24-48 Jam sebelum Menyemir Rambut
  • Menyiapkan Pelindung dari Noda Semir Rambut
  • Memilih Warna Terang untuk Rambut yang Belum Pernah Disemir
  • Pisahkan Rambut
  • Mengatur Waktu
  • Membilas Rambut
  • Mengeramasi Rambut dan Menggunakan Conditioner
  • Mengeringkan Rambut
  • Menyimpan Semir Rambut

Demikian sharing kami  terkait dunia fashion khususnya rambut. Terlepas dari semua itu, kebiasaan menjaga kebersihan rambut sejak dini sangat penting dilakukan, dikarenakan rambut sangat rentan terkena  berbagai masalah  seperti ketombe, rontok, bercabang, rambut kusam dan lain sebagainya. Kita pastinya tidak ingin hal itu terjadi kan? Oleh karena itu kita harus bisa membiasakan diri untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan rambut sejak dini.

Baca juga dua tautan berikut: Aku adalah seorang pria remaja dari Indonesia, dan rambutku mulai menjadi putih. Apa yang harus kulakukan untuk menghilangkannya? dan Mengapa beberapa karakter anime memiliki warna rambut ungu?


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang