Bagaimana cara mendesain kamar sempit agar tampak seperti kamar hotel mewah?

Dilihat 762 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kamar tidur minimalis merupakan pilihan terbaik untuk kita yang memiliki kahan rumah terbatas di perkotaan, namun menginginkan kamar dengan desain yang baik. Untuk mendapatkan desain kamar tidur unik di rumah yang ukurannya kecil tentu saja membutuhkan kreativitas dan seni tersendiri. 


Menata kamar tidur dengan imajinasi sendiri tanpa bantuan ahli interior tentu akan lebih membanggakan. Dan untuk mendapatkan desain kamar tidur sempit yang baik, tentu saja kita harus mengetahui trik dan tips yang dibutuhkan agar kamar kita terasa lebih nyaman dan kita akan lebih betah di rumah.


Tidak hanya nyaman, bahkan kita juga bisa membuat kamar-kamar sempit di rumah kita terasa mewah dan elegan seperti kamar di hotel berbintang. Hal ini tentu membutuhkan gaya penataan ruangan dan pemilihan furniture yang tepat, tidak harus mewah dan mahal. 


Berikut ini, mari kita simak cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengakali kamar tidur kita!


desain kamar hotel



Desain Kamar Tidur dengan Luas Ruangan Terbatas



1. Desain Kamar Tidur Sempit


Membuat desain kamar tidur sempit bisa dilakukan sendiri dengan gaya atau tata ruang yang anda sukai.


Hal-hal yang perlu kita perhatikan antara lain:


  • Jangan tambahkan banyak warna karena akan menjadikan kamar lebih sempit, gunakan warna yang sepadan sesuai dengan keinginan.
  • Keluarkan bingkai foto yang berlebihan, manik-manik dekorasi, barang-barang yang tidak diperlukan, dan setidaknya semua permukaan harus dibersihkan layaknya di sebuah kamar hotel.
  • Gunakan furniture yang simpel, yang tidak membutuhkan ruang yang besar.
  • Pencahayaan yang baik merupakan aspek penting untuk desain kamar tidur sempit karena akan membuat kamar tidur lebih menyenangkan dan terang. Hindari sisi gelap di setiap sudut ruangan, perlu adanya pencahayaan disetiap sudut ruangan agar ruangan tampak lebih luas. 

kamar hotel yang bagus


Tata ruang yang simpel pada kamar tidur yang sempit adalah alasan sebenarnya dari banyaknya peminat desain ini. Anda akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dengan menata interior sesuai dengan selera anda. 

Tak ada seorangpun pencinta interior dan desain yang menginginkan desain ruangnya menjadi sangat umum, tentu semua menginginkan desain kamar istimewa yang anti-mainstream.



2. Desain Kamar Tidur Unik.


Kamar tidur adalah ruangan utama yang paling pribadi yang dijadikan tempat istirahat bagi penghuninya, untuk itu kamar tidur harus memiliki desain yang nyaman sehingga anda betah untuk menempatinya. 


Anda juga bisa membuat kamar tidur yang unik sesuai dengan kreativitas, keinginan, dan keuangan anda sendiri, bisa menggunakan konsep kamar tradisional atau modern.

 

esain kamar unik


Tips untuk mendapatkan desain kamar tidur yang unik antara lain:


  • Penataan furniture. Dalam memilih perabotan, sebaiknya pilih yang tidak memakan tempat sehingga ruangan tidak akan panas.
  • Dinding bisa dijadikan tempat untuk menempelkan perabotan, bisa berfungsi sebagai rak untuk menyimpan barang-barang anda yang disusun dengan rapi. Anda bisa membuat floating shelft sendiri dengan papan yang tebal atau kerangka besi yang dirakit.
  • Memanfaatkan ruang kosong seperti di bawah tempat tidur, ruangan tersebut bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang anda.
  • Manfaatkan sudut kamar untuk meletakkan meja kecil untuk belajar atau kursi sehingga tampak manis untuk dilihat.

model kamar tidur bagus




Kamar Tidur yang Murah, Minimalis, Mewah


Sekarang dengan kamar minimalis dan dana terbatas yang kita miliki, kita ingin mendapatkan desain kamar tidur unik yang tampak seperti kamar hotel berbintang.

Hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil, dan cukup mudah untuk diwujudkan dengan sedikit kreativitas, mata yang jeli, serta ketekunan.


Ketika anda berkata, "Ingin punya kamar mewah seperti di hotel-hotel berbintang", hotel mana yang anda maksud? Sebagai seorang traveler dan banyak mencicipi hotel di kota-kota besar di Indonesia, saya berani mengatakan bahwa sebenarnya kebanyakan hotel-hotel itu memiliki desain dan furniture yang biasa saja. Tentu saja kecuali kamar hotel suite belasan juta rupiah per malam, dan tentu kita membutuhkan kamar yang luas untuk mengikuti desainnya.


Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan agar kamar kita memiliki 'aura' kamar hotel mewah?


  • Perabotan minimalis dan berwarna kayu. Kebanyakan kamar hotel menggunakan perabotan seperti meja kerja yang biasanya jadi satu dengan lemari pakaian dan berwarna kayu lembut (seperti krem atau coklat muda). Kedua aspek tersebut memberikan kesan tenang, elegan, profesional, namun tepat guna.
  • Meja kecil di sebelah tempat tidur. Meja ini tidak harus besar, tapi setidaknya cukup untuk meletakkan lampu baca atau lampu tidur, handphone anda, serta pernak-pernak kecil seperti headset atau semacamnya. Akan lebih baik lagi jika meja ini memiliki rongga di tengahnya untuk meletakkan barang lainnya seperti tas.
  • Wallpaper di salah satu bagian dinding. Jika menginginkan kesan gembira namun hangat, tidak ada salahnya untuk menempelkan wallpaper di satu bagian dinding kamar, jangan seluruhnya atau anda akan merasa semakin sesak di kamar sempit anda. Hotel yang saya ketahui berhasil menerapkan desain ini adalah MaxOne Hotel dan fave Hotel.
  • Sofa kecil di sudut ruangan. Saya menemukan sofa ini di salah satu hotel besar di Surabaya. Meskipun hotel tersebut menggunakan sofa yang cukup besar, tidak ada salahnya anda menambahkan sofa yang skalanya sesuai dengan kamar tidur anda.
  • Lampu yang sedikit temaram. Hal satu ini mungkin subyektif, tapi saya lebih menyukai kamar hotel yang tidak terlalu terang, tapi juga tidak gelap dan suram. Karena memasang lampu kuning di atap akan memakan biaya mahal, kita bisa mengakalinya dengan menggunakan lampu tidur yang berwarna kuning.

Sebagai tambahan, anda mungkin bisa memasang lampu-lampu tumbler di dinding kamar anda untuk menambahkan kesan ceria dan gemerlap. Selain itu, anda juga bisa menambahkan peredam agar kamar kedap suara.


Mungkin sekarang yang menjadi masalah adalah soal harga. Tapi jujur saja, saat ini mudah bagi kita untuk mendapatkan barang murah dengan kualitas baik, bukan? 

Benda-benda seperti sofa dan meja kecil dapat anda beli di online shop seperti Lazada dan Tokopedia, atau bahkan anda bisa mencarinya sendiri di Instagram. Kita bisa saling membandingkan harga dan memilih tempat yang menawarkan harga terendah.






Demikianlah info dan pendapat saya mengenai cara untuk mendesain kamar tidur di rumah perkotaan yang sempit. Semoga saja uraian di atas dapat memberikan anda ide dan inspirasi!


Bagi anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk menata kamar tidur sendiri, solusi terbaik adalah menyewa jasa ahli interior yang biayanya terjangkau dan sesuai dengan kocek anda. 


Sekarang banyak jasa interior yang menawarkan paket-paket dengan beragam harga, disesuaikan dengan dengan dana yang anda miliki. Namun harap diingat, harga tidak akan membohongi hasil, tidak ada yang menjamin bahwa anda akan mendapatkan desain yang anda inginkan dengan harga murah.

Semoga bermanfaat!



Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang