Apa yang terjadi jika kita menelan permen karet ?

Dilihat 579 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
2 Jawaban 2

Permen karet terbuat dari getah pohon; pemarin, pewarna, dan penambah rasa.  Getah pohon merupakan sesuatu yang tidak dapat dicerna - merupakan campuran dari elastomers, resin, lemak, zat pengemulsi dan lilin. Perutmu benar - benar tidak bisa menghancuran permen karet seperti yang bisa dilakukan terhadap makanan - makanan lainnya. Tapi, sistem pencernaanmu memiliki cara lain untuk menangani segala sesuatu yang kamu telan.


Pada dasarnya, kita memakan berbagai macam makan yang tidak dapat dicerna dengan sempurna. Usus kita hanya terus menggerakkan makanan - makanan tersebut sampai semua melewati usus dan keluar di sisi lain. Jadi permen karet akan keluar dari tubuhmu dan satu atau dua hari kemudian. 


Meskipun permen karet sangat lengket, tapi tetap saja tidak bisa mengalahkan kekuatan ususmu. Air liur kita akan berusaha untuk mencerna permen karet begitu kita memasukkannya ke mulut kita. Air liur tersebut mungkin dapat menembus bagian luar permen karet dan pemanis, tapi bahan dasar dari permen karet tidak dapat dicerna. Hal tersebut lalu bergantung pada otot perut kita - yang berkontraksi dan relaksasi, mirip seperti gerakan cacing tanah - untuk memaksa berbagai hal yang kita telan untuk melewati sistem pencernaan kita.


Tapi sistem pencernaan juga bisa terhambat. Menelan gumpala permen karet yang berukuran sangat besar atau menelan banyak permen karet kecil dalam waktung yang singkat dapat menyebabkan sistem pencernaan terhambat - biasanya terjadi pada anak - anak, yang memiliki saluran pencernaan dengan diameter yang lebih kecil dibanding orang dewasa - tapi hal ini jarang terjadi.

Terjawab 12 bulan lalu

Permen karet dibuat dari bahan getah, pemanis, pewarna dan perasa. Bahan getah tidak bisa dicerna dan terdiri dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan wax. Pada umumnya perut kita tidak bisa mencerna getah ini seperti makanan. Namun sistem pencernaan kita memiliki cara lain dalam menghadapi bahan lain yang kita telan. Kita mengkonsumsi banyak bahan lain yang sebenarnya tidak bisa dicerna secara sempurna. Usus akan menggerakkan bahan ini sepanjang intestin dan akhirnya keluar. Jadi biasanya getah ini akan berakhir di toilet Anda beberapa hari kemudian. Walaupun getah cenderung lengket, namun kekuatan usus kita jauh lebih besar. Air liur kita akan berusaha untuk mencerna permen karet segera setelah kita memasukannya ke dalam mulut. Air liur mungkin akan mencerna lapisan luar dan pemanisnya, namun bahan getah tetap saja tidak bisa dicerna. Bahan ini akan sampai pada perut, dan otot perut (yang berkontraksi dan rileks, seperti halnya gerakan cacing tanah) akan mendorong bahan apapun ke bagian sistem pencernaan kita selanjutnya. Tapi sistem tubuh kita masih tidak bisa mencernanya dengan sempurna. Menelan permen karet yang besar atau menelan banyak potongan kecil permen karet dalam waktu yang singkat akan mengakibatkan kebuntuan pada sistem pencernaan (umumnya pada anak-anak yang memiliki diameter saluran pencernaan yang lebih kecil daripada orang dewasa). Namun kasus ini bisa dibilang cukup langka. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang