Apa yang terkandung dalam diet sehat?

Dilihat 518 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Agak rumit untuk benar-benar melihat dietmu itu sehat apa tidak, karena masih ada beberapa pertanyaan rancu yang masih perlu dipastikan. Ada beberapa pertanyaan rancu yang harus dimengerti:

  • Gluten: Intoleransi gluten non-celiac itu menjadi lebih dan lebih dikenal. Dikatakan dapat memproduksi peradangan sistemik.
  • Susu: Contohnya, beberapa penelitian studi menguhubungkan konsumsi susu yang tinggi dengan kemunculan kanker prostat yang lebih tinggi.
  • Makanan berglisemik tinggi: Kami yakin kalau karbohidrat olahan itu tidak baik, tapi tidak semua makanan mengandung glisemik tinggi tidak sehat (orang-orang Papua Nugini di dataran tinggi memakan kentang manis sebagai makanan utama mereka dan mereka sehat).
  • Lemak jenuh: Beberapa studi mengesampingkan ketidaksehatan mereka, tapi lebih banyak studi perlu diselesaikan. 

Disini, kita bisa memasukkan prinsip pencegahan dan melupakan makanan-makanan ini, tapi hal ini juga bisa menjadi kesalahan yang besar seperti lipophobia yang ada beberapa abad lalu. Jadi, cukup lupakan itu dan fokus ke beberapa prinsip yang benar-benar dasar:

  1. Makan makanan buatan rumahan yang segar. Kalau kamu tidak yakin makanan itu terbuat dari apa, mungkin saja makanan itu tidak baik untukmu.
  2. Hindari makanan "kotak" sebisamu. Makanan seperti itu adalah jenis makanan yang sangat lezat tapi mungkin tidak sehat.
  3. Hindari karbohidrat olahan.
  4. Makan lebih banyak sayuran dan lebih sedikit pati, bahkan dalam bentuk utuh.
  5. Tidak ada makanan manis. Biasakan jangan makan makanan manis, bahkan jangan pemanis seperti splenda karena kamu tidak akan dapat menghilangkan gigi manismu. Semakin sedikit kamu makan makanan manis, semakin sedikit pula makanan manis yang ingin kamu makan di kemudian hari.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang