Berapakah kadar kolesterol yang normal dalam tubuh manusia?

Dilihat 6,01 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Siapa yang tidak suka menyantap gulai kambing? Atau sop kaki sapi?


Enak sekali, tapi kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak atau mengandung banyak kolesterol jahat di dalamnya dapat mengakibatkan penyakit stroke, jantung, dan juga darah tinggi yang akhirnya berujung pada resiko kematian.


Jika kadar kolesterol anda sudah tinggi, dokter tentu akan memberikan obat penurun kolesterol dan melarang anda untuk menyantap beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti jeroan sapi dan daging kambing.


Namun, berapakah kadar kolesterol normal yang umum dalam tubuh manusia? Jika anda pernah melakukan cek kolesterol sebelumnya, mari lihat penjelasan lebih lanjut mengenai kadar kolesterol di bawah ini!


Kolesterol dalam tubuh

Macam-Macam Kolesterol Dalam Tubuh


Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh kita, yaitu dikenal dengan nama kolesterol baik dan kolesterol jahat. 


Kolesterol baik sering dikenal dengan nama high density lipoprotein (HDL), jenis kolesterol ini dapat melindungi tubuh anda dari resiko penyakit jantung dengan menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. 


Kolesterol HDL ini mengambil kelebihan kolesterol jahat dan membawanya ke hati untuk kemudian dipecah dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Sehingga akan sangat baik bagi anda bila anda memiliki jumlah kolesterol HDL yang tinggi. 


Sedangkan kolesterol jahat atau density lipoprotein (LDL) memiliki kebalikan fungsi dari kolesterol baik. Jumlah Kolesterol LDL yang tinggi dalam tubuh akan menimbulkan terbentuknya plak yang akan menyumbat jalannya sirkulasi darah dalam tubuh. 


Hal inilah yang menyebabkan terjadinya hambatan pada aliran darah menuju otak sehingga bisa menyebabkan stroke pada seseorang. Selain itu jumlah kolesterol jahat yang tinggi menyebabkan penyakit jantung dan juga darah tinggi.


Pembuluh darah menyempit akibat kolesterol


Batasan Jumlah Kolesterol dalam Tubuh


Anda harus melakukan cek kolesterol dalam tubuh anda setidaknya 5 tahun sekali jika anda tidak mempunyai keluhan penyakit serius dan sangat sehat. Cek kolesterol sangat penting dilakukan agar anda dapat melakukan pencegahan diri dari penyakit yang berhubungan dengan kolesterol. 


Hasil yang akan anda dapatkan dari melakukan cek kolesterol adalah jumlah kolesterol total yang meliputi jumlah kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida dalam tubuh anda. 


Apa itu trigliserida? Trigliserida adalah jumlah lemak darah dalam tubuh yang dihasilkan oleh konsumsi makanan yang kita makan. 


Trigliserida meliputi kelebihan kalori, alkohol, dan gula dalam tubuh kita yang kemudian akan disimpan dalam sel lemak tubuh. Kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh juga bisa menimbulkan resiko penyakit jantung yang tinggi. 


Selain melakukan tes kolesterol untuk mengetahui jumlah kolesterol dalam darah anda. Anda juga perlu untuk mengetahui batasan kolesterol normal dalam tubuh manusia.


Mengetahui batasan kolesterol normal dalam tubuh manusia bisa menjadi alat untuk mengukur berapakah kadar kolesterol dalam tubuh anda. Batasan kolesterol sebenarnya bisa diambil dari jumlah masing-masing kolesterol dalam tubuh yang meliputi jumlah kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida.



Resiko penyakit jantung akibat kolesterol

Tetapi anda bisa menggunakan batasan normal dari jumlah kolesterol total dalam tubuh anda, karena biasanya ini yang menjadi patokan yang digunakan para dokter. 


Batasan kolesterol normal pada anak-anak dan pada orang dewasa akan berbeda, hal ini disebabkan oleh perbedaan umur dan perbedaan metabolisme tubuh antara kedua kelompok umur tersebut.


Berikut ini adalah batasan kolesterol normal pada tubuh manusia:


1. Pada Anak-anak


  • Kadar kolesterol total yang normal pada tubuh adalah kurang dari 170 mg/dl, bila mencapai 200 mg/dl atau atau lebih termasuk kategori tinggi.
  • Kadar kolesterol LDL yang normal pada tubuh adalah kurang dari 110 mg/dl, bila mencapai 130 mg/dl atau lebih termasuk kategori tinggi.
  • Kadar kolesterol HDL yang baik pada tubuh adalah 45 mg/dl atau lebih, kurang dari 40 mg/dl dinyatakan rendah.
  • Kadar trigliserida dalam darah yang baik adalah kurang dari 75 mg/dl, termasuk kategori tinggi bila mencapai 100 mg/dl atau lebih.

2. Pada Orang Dewasa


  • Kadar kolesterol total yang normal pada tubuh adalah kurang dari 200 mg/dl, bila mencapai 240 mg/dl atau lebih termasuk kategori tinggi.
  • Kadar kolesterol LDL yang normal dalam tubuh adalah kurang dari 100 mg/dl, bila mencapai 160 mg/dl atau lebih termasuk kategori tinggi.
  • Kadar kolesterol HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl, dinyatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
  • Kadar trigliserida dalam darah yang baik adalah kurang dari 150 mg/dl, bila mencapai 200 mg/dl termasuk kategori tinggi.


Olahraga adalah salah satu cara untuk menurunkan kolesterol



Cara Menurunkan Kadar Kolesterol



Jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, tentu anda harus melakukan sesuatu untuk membuatnya berada pada batas normal kembali agar anda akan terhindar dari berbagai resiko penyakit kolesterol yang bisa membahayakan diri anda. 


Terdapat beberapa cara untuk menurunkan kolesterol agar kembali kebatas normal, berikut adalah caranya:


  • Mengubah pola makan. Langkah ini harus dimulai sejak dini apalagi bagi anda yang memang memiliki kadar kolsterol yang tinggi dalam darah. Mengubah pola makan anda diawali dengan pemilihan makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Anda tidak diperkenankan untuk memakan makanan yang berminyak dan berlemak. Makanan yang sebaiknya anda konsumsi adalah makanan yang mengandung banyak serat yang berasal dari sayuran dan juga buah-buahan. Ada juga beberapa makanan dan minuman yang bisa menurunkan kolesterol secara efektif seperti bawang putih ataupun berbagai jenis jus buah yang bisa anda coba.
  • Melakukan gaya hidup sehat. Gaya hidup yang selama ini anda jalani harus diubah menjadi gaya hidup sehat diantaranya rajin melakukan olahraga, aktif bergerak, dan cukup tidur. Selain itu anda juga harus menghindari konsumsi alkohol ataupun merokok yang bisa membuat anda mendapatkan resiko penyakit jantung.
  • Menjaga berat badan. Berat badan juga ikut andil sebagai penyebab seseorang menderita penyakit kolesterol tinggi. Untuk itu cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan melalui diet. Jagalah bobot tubuh anda mendekati berat badan ideal anda yang bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan juga melakukan olahraga secara rutin.

-


Dengan mengetahui kadar kolesterol normal pada setiap individu, diharapkan anda selalu siaga dalam mengontrol jumlah kadar kolesterol dalam darah dan berhati-hati dengan apa yang anda santap. 


Jagalah kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap berada di batas normal dengan cara menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup sehat. Jangan lupa rutin melakukan olahraga untuk membentuk kebugaran dan juga membangun daya tahan tubuh yang kuat. 


Ingat, jangan memanjakan diri dengan memakan makanan berlemak dan berdaging terlalu sering. Rasanya memang enak, tapi nyawa anda menjadi taruhannya.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang